6 Nutrisi dan Makanan Khusus untuk Perenang

Para ahli kesehatan bahkan dokter sepakat bahwa nutrisi dan makanan khusus untuk perenang harus dijaga agar tubuh selalu berstamina. Bagi yang gemar melakukan olahraga satu ini, untuk mendapatkan kekuatan dan energi yang memadai, Anda harus rutin mengkonsumsi asupan gizi yang cukup.

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Perenang

Seperti para atlet lainnya, perenang juga membutuhkan gizi seimbang untuk aktivitas sehari-hari ataupun saat berkompetisi. Tubuh harus selalu dijaga agar berfungsi dengan baik. Ada beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi seorang perenang. Simak selengkapnya berikut ini:

1. Pasta

Sebelum melakukan olahraga renang, beberapa orang biasanya lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan terlebih dahulu. Umumnya mereka akan memakan yang mengandung karbohidrat. Namun beberapa ahli kesehatan ternyata menyarankan untuk berhati-hati dalam hal ini.

Memang tidak ada larangan untuk makan sebelum berenang. Tetapi, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit. Bagi perenang, gizi ini memang dibutuhkan, namun hanya porsi kecil. Makanan berat yang bagus dikonsumsi adalah pasta.

2. Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu menu makanan ringan yang bisa menjadi pilihan untuk perenang. Dengan mengkonsumsinya, Anda akan mendapatkan sumber zat potasium yang sangat baik bagi aktivitas berenang.

Tidak hanya itu, buah pisang juga bisa menjadi sumber gula alami yang baik untuk menambah energi pada tubuh saat berenang. Kalium yang terdapat di dalam pisang, dapat membantu mencegah kelelahan pada sendi, otot, dan tulang.

3. Telur

Jika Anda menggeluti bidang olahraga ini, pasti mengetahui bahwa perenang akan dianjurkan memakan telur sebelum berenang atau mengikuti kompetisi pertandingan. Tahu kenapa? Ini karena telur mengandung protein paling tinggi dari makanan yang lainnya.

Telur Mengandung asam amino yang sangat bermanfaat bagi otot dan persendian. Sehingga bisa membantu Anda menambah kekuatan dan stamina saat berenang di dalam air. Biasanya perenang lebih disarankan mengkonsumsi telur yang direbus.

4. Ikan

Mengkonsumsi ikan-ikanan sangat bagus bagi perenang karena juga mengandung protein yang tinggi di dalamnya. Selain itu, makanan satu ini juga mudah dicerna dan cepat diserap oleh tubuh. Maka sangat direkomendasikan bagi perenang.

Kandungan lain yang terdapat pada ikan adalah asam lemak omega 3. Hal ini bisa membantu Anda mengurangi kolesterol. Tubuh Anda juga akan mempunyai fleksibilitas dari arteri dan vena yang berguna memperkuat otot jantung.

5. Buah Pir

Makanan khusus untuk perenang selanjutnya adalah Pir. Buah ini mengandung kadar antioksidan tinggi dan vitamin C yang bisa menangkal radikal bebas. Kandungan ini juga akan melindungi sel tubuh dari resiko kerusakan.

Selain itu, Pir juga mengandung antioksidan yaitu zat glutathione yang berfungsi mengatur tekanan darah agar stabil. Perenang biasanya rawan terkena penyakit encok yang menyerang tulang, dengan mengkonsumsi buah ini hal tersebut bisa diminimalisir.

6. Buah Semangka

Buah Semangka termasuk buah yang rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi bisa membantu Anda mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari. Makanan ini sangat dianjurkan untuk karena memiliki 92% kandungan air yang dapat mencegah dehidrasi.

Tidak hanya itu, buah Semangka dapat mengatasi nyeri otot karena mengandung senyawa asam amino citrulline. Zat ini membuat oto dan persendian Anda lebih rileks dan meredakan ketegangan. Maka dari itu, banyak perenang yang mengkonsumsinya sebelum melakukan pertandingan.

Nutrisi yang Dibutuhkan Perenang

Nutrisi yang dibutuhkan perenang, pertama adalah karbohidrat. Nutrisi ini paling efisien untuk menambah stamina tubuh selama berenang. Namun dalam hal ini Anda juga harus menghindari beberapa makanan berat yang kurang baik jika dikonsumsi, yaitu nasi putih atau roti.

Kemudian protein juga diperlukan untuk menyehatkan dan memelihara jaringan otot serta persendian. Nutrisi ini mampu menjaga kerja enzim dan hormon pada tubuh. Mengkonsumsi protein disarankan sekitar 25% sampai 30% dari total kalori yang dikonsumsi sehari.

Nutrisi selanjutnya adalah cairan. Air merupakan hal paling penting untuk menjaga tubuh tidak kehilangan mineral dan menghindari dehidrasi. Berenang akan membuat Anda terhidrasi dengan cepat, oleh karena itu disarankan mengkonsumsi air sekitar 2,5 sampai 3,5 liter per-hari.

Itulah pembahasan singkat tentang makanan dan nutrisi khusus untuk perenang. Olahraga berenang tentu sangat baik bagi tubuh. Namun Anda juga jangan sampai lupa mencukupi gizi secara seimbang agar kesehatan tetap terjaga.

 

Satu pemikiran pada “6 Nutrisi dan Makanan Khusus untuk Perenang”

  1. Sangat bermanfaat Nitrisi yang sudah di paparkan di sini..menjadikan saya lebih bersemangat menyampaikan kepada atlet saya…TERIMAKASIH INFORMASI NYA.???

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!