fbpx

Rekomendasi Jasa Pembuatan Kolam Renang di Makassar

 

Memiliki pool pribadi di rumah merupakan impian bagi sebagain orang bukan? Tempat tersebut dapat dijadikan sebagai sarana olahraga sekaligus rekreasi. Pada Laman kali ini, Admin akan membahas tentang rekomendasi jasa pembuatan kolam renang di Makassar untuk Anda sekalian.

Kontraktor kolam renang dimkasar
Kontraktor kolam renang dimkasar

Perlengkapan yang Digunakan oleh Jasa Pembuat Kolam Renang di Makasar

Agar proses pembuatan kolam renang menjadi lebih praktis dan cepat, tentunya dibutuhkan seorang ahli dalam bidangnya. Maka dari itu, saat ini telah banyak tersedia jasa pembuatan pool handal yang dapat Anda pakai.

Dalam proses pembuatan kolam renang, jasa tersebut biasa menggunakan berbagai perlengkapan sebagai berikut :

  1. Peralatan Cor dan Konstruksi Struktur Dasar Kolam

Sebelum mulai membangun kolam, langkah awal yang dilakukan ialah membuat konstruksi dasarnya terlebih dahulu. Proses ini diawali dengan analisis kondisi dan letak tanahnya. Setelah itu, baru dapat dilakukan pengecoran untuk membuat struktur pool yang pas.

Biasanya perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat struktur kolam ialah alat cor, semen, serta beton. Ditambahkan pula konstruksi baja pada bagian dinding pool agar kokoh dan tidak mudah runtuh. Agar hasil maksimal, Anda bisa konsultasi langsung dengan kontraktor kolam renang Jakarta.

  1. Konstruksi Penutup Lantai dan Dinding Kolam

Setelah struktur dasar kolam selesai, langkah berikutnya yakni membuat penutup lantai dan dinding pool. Perlengkapan yang dibutuhkan jasa antara lain lapisan tahan air pada bagian dalam serta material penutup berupa semen halus, keramik, atau batuan alam.

Ketika memasang keramik atau batuan alam pada lantai serta dinding kolam, pastikan material-material tersebut dalam keadaan lembab. Tujuannya adalah agar air tidak mudah meresap dan membuat bahan berjamur. Pastikan juga seluruh pola terpasang tanpa ada sisa semen menempel.

  1. Cat Coating Kolam

Agar lebih awet dan tahan lama, biasanya jasa pembuatan kolam akan menambahkan cat coating pada bagian lantai serta dinding pool. Pelapisan ini dapat mencegah terjadinya jamur serta lumut menempel pada keramik atau tembok.

Biasanya coating akan dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali sebagai perawatan untuk menjaga lantai dan dinding kolam. Hal ini pasti dilakukan, terlebih jika melakukan pembuatan kolam renang Jakarta.

  1. Peralatan Pompa Filtrasi Kolam

Setelah lantai dan dinding kering, selanjutnya akan dilakukan pemasangan alat pompa filtrasi pool. Perlengkapan ini berfungsi sebagai media sirkulasi air agar kolam tetap terjaga kebersihan serta kejernihannya.

Biasanya dibutuhkan pula tambahan lain seperti bahan-bahan kimia penjernih kolam untuk menjalankan sistem filtrasi air nantinya. Salah satu contoh chemical tersebut ialah kaporit.

  1. Alat Penyedot Air dan Kotoran Kolam

Selain alat filtrasi, dibutuhkan pula alat penyedot air dari bak penampungan menuju wadah penyaringan. Perlu juga adanya pipa-pipa serta selang yang berfungsi mengalirkan sirkulasi kolam.

Dibutuhkan juga perlengkapan seperti alat penyedot kotoran yang biasa ditempatkan di bagian lantai. Fungsinya adalah untuk menyerap kotoran atau endapan pada bagian dasar kolam. Dengan banyaknya anggaran, tidak heran jika banyak orang mencari jasa kolam renang Jakarta murah.

  1. Surface Skimmer Kolam

Skimmer merupakan perlengkapan wajib yang harus ada untuk kolam renang outdoor. Fungsinya ialah untuk menyerap debu dan kotoran di permukaan seperti dedaunan. Dengan alat ini pool akan terlihat lebih bersih serta enak dipandang. Biasanya jasa akan meletakkan skimmer ini di atas permukaan pool.

  1. Tangki Pengisian air Kolam

Perlengkapan ini dibutuhkan sebagai penampung sumber air dalam kolam. Isi dari tangki tersebut dialirkan menuju pool menggunakan pipa-pipa atau selang dengan melewati sistem filtrasi terlebih dahulu.

Biasanya tangki ini akan dipasang di luar pool. Apabila Anda tidak memiliki biaya lebih untuk memiliki tempat penyimpanan sendiri, saat ini terdapat pilihan jasa khusus yang melayani pengisian dan penggantian air kolam.

  1. Perlengkapan Listrik dan Penerangan Kolam

Setelah semua peralatan di atas berhasil dipasang, jasa akan memulai langkah selanjutnya yakni membuat instalasi listrik dan penerangan kolam. Dibutuhkan beberapa perlengkapan seperti kabel-kabel serta lampu yang diletakkan pada bagian dasar atau dinding pool.

Selain sebagai sumber penerangan, pemasangan listrik juga dibutuhkan sebagai daya yang menghidupkan pompa pengisian, alat filtrasi, dan penyedot kotoran. Pemasangan ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan berbahaya seperti konslet atau tersetrum.

  1. Heater Kolam

Perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk pembuatan kolam renang lainnya adalah heater. Alat ini dipasang untuk menjaga suhu air pool agar tetap stabil. Terlebih saat malam hari dimana udara cenderung lebih dingin.

Heater juga dibutuhkan apabila menginginkan kolam renang khusus air hangat seperti jacuzi. Terdapat 2 jenis penghangat pool berdasarkan sumber dayanya, yakni propane dan listrik. Itu semua sudah disediakan oleh kontraktor kolam renang Jakarta.

Perbedaan Jasa dengan Tukang Rumahan

Tentunya terdapat perbedaan antara hasil kolam renang yang dikerjakan oleh jasa dan tukang rumah. Berikut penjabarannya:

  1. Jasa Pembuatan Kolam Renang Lebih Handal dalam Membuat Struktur Dasar

Sebelum melakukan proses pengecoran, jasa pembuatan kolam renang Jakarta dan Makassar terlebih dahulu melakukan pengecekan dan analisis kondisi tanah. Mereka paham bahwa setiap lokasi memiliki keadaan berbeda sehingga membutuhkan sistem konstruksi khusus yang disesuaikan.

Tukang rumahan biasanya tidak akan melakukan hal ini. Mereka tidak memahami bahwa dalam membangun konstruksi kolam renang diperlukan metode dan analisis khusus terlebih dahulu agar struktur dasarnya kokoh serta tahan lama.

  1. Jasa Pembuatan Kolam Renang Lebih Handal dalam Membuat Desain yang Cocok

Biasanya jasa pembuatan kolam renang di Makassar memiliki arsitek khusus yang mendesain swimming pool. Rancangan tersebut dibuat dengan mempertimbangkan material, lokasi, ukuran halaman, tipe rumah, hingga selera kliennya. Akhirnya hasilnya pun menjadi lebih estetis.

Sedangkan tukang rumahan biasanya tidak terlalu paham akan cara mendesain kolam yang sesuai. Rancangan pool dibuat secara default tanpa mempertimbangkan faktor-faktor bersifat custom. Akhirnya hasil proyek mungkin menjadi kurang pas dengan tipe atau model hunian Anda.

  1. Jasa Pembuatan Kolam Renang Lebih Handal dalam Memasang Peralatan dan Instalasi Listrik

Pemasangan listrik pada rumah dan kolam renang tentunya berbeda. Terlebih instalasi di pool sangat rawan terkena air. Jika dilakukan oleh orang yang bukan ahli di bidangnya tentunya dapat menimbulkan bahaya. Walaupun banyak bermunculan jasa kolam renang Jakarta murah.

Oleh karena itu, lebih baik jika instalasi listrik dipasang oleh jasa khusus pembuatan kolam renang. Mereka sudah sangat paham dan berpengalaman dalam bidang tersebut dibandingkan tukang rumahan biasa.

  1. Jasa Pembuatan Kolam Renang Lebih Cepat dalam Menyelesaikan Proyek

Jasa pembuatan kolam renang juga akan menyelesaikan proyek dengan durasi lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan mereka telah cukup hafal dan terampil dalam mengerjakan tiap tahapannya. Tidak perlu adanya banyak revisi atau tambahan lain yang dilakukan diluar jadwal.

Sedangkan tukang rumahan tidak memiliki spesialisasi khusus untuk membuat kolam renang. Mereka biasa mengerjakan proyek konstruksi berupa bangunan umum saja. Sehingga ketika mengerjakan pool akan membutuhkan waktu lebih banyak serta lama.

Tipe-Tipe Rumah yang Cocok Menggunakan Desain Kolam dengan Jasa Kontraktor Makassar

Terdapat beberapa tipe-tipe rumah yang cocok ketika menggunakan desain kolam tertentu. Berikut model-model tersebut.

  1. Tipe Rumah Minimalis dengan Desain Kolam Rectangular Pool

Apabila Anda memiliki rumah dengan tipe minimalis, desain kolam yang cocok adalah rectangular pool. Rancangan ini akan membuat hunian tampak lebih simpel sesuai dengan konsepnya serta nampak futuristic.

Bentuk persegi panjang yang simetris juga cocok dengan konsep minimalis. Biasanya kolam renang dengan desain ini memiliki lantai dan dinding terbuat dari keramik-kermaik simpel nan cantik.

  1. Tipe Rumah Tropical dengan Desain Kolam Natural

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan tipe tropical sangat cocok dengan desain kolam natural. Rancangan tersebut biasanya diletakkan dibagian halaman belakang hunian. Pada bagian samping pool biasa ditambahkan tanaman seperti pohon palem untuk menambah kesan alami.

Batuan alam biasanya dipilih sebagai bahan dasar untuk lantai dan dinding kolam. Batu andesit atau coral sangat cocok untuk desain ini.

  1. Tipe Rumah Mansion dengan Desain Kolam Garden Side Pool

Tipe rumah mansion yang besar dan luas sangat cocok memiliki desain kolam renang garden side pool. Batu marmer cream biasa menjadi bahan utama lantai dasar rancangan ini. Sebagai pelengkap pada bagian sampingnya biasa dibuat taman dengan bunga-bunga yang indah.

Kolam renang pada tipe rumah mansion seringkali dilengkapi dengan adanya pool house. Fungsinya yakni sebagai tempat berganti pakaian atau bersantai setelah berenang. Anda mungkin juga dapat melakukan pesta barbeque di taman samping tersebut.

  1. Tipe Rumah Elegan dengan Desain Kolam Spool

Desain kolam spool merupakan singkatan dari spa dan pool. Biasanya terdapat pemisahan area berenang serta jacuzi hangat pada rancangan ini. Tipe rumah elegan sangat cocok dengan model ini. Anda dapat berelaksasi sekaligus berolahraga melalui sarana tersebut.

Biasanya terdapat fasilitas pendukung spa seperti kursi atau tempat tidur untuk relaksasi disamping kolam renang.

  1. Tipe Rumah Villa Dengan dengan Desain Kolam Infinity Pool

Apabila Anda memiliki rumah dengan tipe villa yang luas, sangat cocok memiliki desain kolam infinity pool. Terlebih jika lokasi hunian terletak di tepi tebing atau perbukitan dengan pemandangan indah.

Ilusi infinity atau konsep tak terbatas sangat cocok dibuat agar kolam terlihat lebih menyatu dengan pemandangan. Selain berenang, Anda dapat menikmati nikmatnya floating breakfast disini.

  1. Tipe Rumah Apartemen dengan Desain Kolam Rooftop Pool

Rumah tipe apartemen biasa memiliki lahan yang relatif cukup sempit. Model kolam renang ini sangat cocok untuk dibuat di tempat dengan kondisi tersebut. Rooftop pool biasa dibangun pada lantai paling atas.

Konsep kolam renang rooftop membuat pool terlihat lebih luas karena berada di tempat terbuka yang tidak dibatasi oleh dinding. Kesan modern minimalis juga ditambahkan melalui penggunaan material kaca sebagai dindingnya.

  1. Tipe Rumah Klasik dengan Desain Kolam Circular Pool

Apabila Anda memiliki tipe rumah klasik, circular pool adalah desain paling cocok untuk kolam renangnya. Bentuk melengkung sangat cocok dengan gaya hunian retro yang kerap kali didominasi oleh ornamen kayu.

Biasanya pada bagian halaman sekeliling kolam dibuat susunan lantai kayu yang cantik. Sedangkan lantai dan dindingnya terbuat dari bahan keramik biru. Anda juga dapat menambahkan kesan klasik lainnya dengan memasang bangku-bangku berpayung di sisi pool untuk bersantai.

Para pembaca setia, itulah beberapa info tentang rekomendasi jasa kontraktor pembuatan kolam renang di Makassar untuk Anda sekalian. Semoga berbagai macam penjabaran di atas dapat membantu dalam menentukan desain atau keperluan pool yang pas.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !