Sistim Instalasi Kolam Renang Skimmer, Skema Sirkulasi Pemipaan,

Instalasi kolam renang skimmer? Kolam renang skimmer dapat diartikan sebagai jenis kolam renang yang cocok untuk digunakan pada lahan yang sempit atau kecil. Pada dasarnya, Kolam renang skimmer ini mempunyai keunggulan dan kelemahan.

Jika Anda berencana untuk membuat kolam renang dalam waktu dekat ini, maka sebaiknya Anda mencari tahu dulu apa kelebihan dan kelemahan jenis kolam renang yang akan dibuat.

Sistim Instalasi Kolam Renang Skimmer, Skema Sirkulasi Pemipaan, dan Harga Skimmer Box

Apa Itu Kolam Renang Skimmer dan keunggulannya

Sebaiknya pahami terlebih dahulu ” apa itu kolam renang skimmer “? . Kolam renang skimmer adalah kolam renang yg tidak mengunakan balancing tank dalam proses sirkulasinya. Jadi karena tidak menggunakan balancing tank, kita sebut ini sebagai kelebihan / keunggulan dari sisi cost.

Adapun balancing tank ini sendiri merupakan bagian   pada kolam renang yang berfungsi untuk menyeimbangkan volume air pada kolam renang.

Balancing tank ini juga dipakai pada kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi overflow yang mana ketika terjadi hujan, maka air kolam yang meluap tersebut akan tertampung di dalam balancing tank.

Tujuan dari balancing tank ini memang diperuntukkan untuk menjaga  volume air agar tidak terbuang percuma.  Namun, karena balancing tank ini tak digunakan pada kolam renang skimmer maka,  Anda tidak memerlukan tambahan space sehingga bisa menghemat lahan di sekitar kolam.

Baca juga artikelnya : Perbedaan kolam renang overflow dan skimmer

Keunggulan lain dari kolam renang skimmer ialah Anda tidak membutuhkan lagi vacuum port ( vacum inlet ) yang biasanya terdapat di dinding kolam. Umumnya Kolam renang skimmer ini juga tidak menimbulkan suara berisik atau gemericik yang biasa dihasilkan dari tumpahan air di sekitar kolam.

Bagi Anda yang menyukai ketenangan dan kesunyian, jenis kolam renang ini sangat cocok untuk Anda. Selain itu, jenis kolam renang skimmer juga bisa digunakan sebagai kolam renang indoor dan juga outdoor.

Dibalik keunggulannya tersebut, kolam renang skimmer juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut dapat Anda lihat saat proses pembuatan kolam renang di tempat terbuka yang mana kotoran atau debu di dalam kolam renang dapat terlihat dengan jelas karena akan mengambang pada permukaan air.

Oh iya, Untuk konsultasi tentang kolam rennag ini, Bisa hubungi kontraktor kolam renang jakarta.

Hal tersebut terjadi karena sirkulasi hanya mampu mengandalkan daya hisap dari port skimmer box. Tak hanya itu, posisi level air pada kolam skimmer tidak boleh berada di bagian bawah boxnya karena ketika skimmer box tidak terisi dengan air maka pompa sirkulasi hanya akan menghisap angin.

Jika hal tersebut terjadi maka bisa terjadi kerusakan pada pompa. Kemudian, untuk menghindari terjadinya kekosongan air pada bagian port hisap skimmer box, maka Anda harus rutin melakukan penambahan air. Untuk menghindari hal tersebut Kita bisa memasang tambahan vacum inlet.

 

Instalasi Kolam Renang Skimmer

  1. Memilih Skimmer Box yang Baik

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli skimmer box, maka Anda wajib mencari tahu terlebih dahulu tentang skimmer box ini. Jangan sampai Anda asal-asalan dalam membeli skimmer box karena tidak semua skimmer box dapat berjalan dengan baik.

Nah, untuk memudahkan Anda,  berikut ini kami berikan beberapa tips saat membeli skimmer box.

  • Pilihlah skimmer box yang berukuran agak besar dan jangan terlalu kecil.
  • Pilihlah skimmeer box yang mempunyai 2 output. Output 1 memiliki fungsi yang mengarah ke pompa sedangkan output 2 berfungsi sebagai stabilizer yang tersambung ke maindrain bagian bawah dan bisa juga tersambung ke dinding kolam. Adapun fungsi dari stabilizer pada skimmer box ini yaitu sebagai penyeimbang level air dan juga sebagai pelindung pada mesin kolam yang bisa rusak karena banyaknya angin yang masuk.
  • Gambar Instalasi Kolam Renang Skimmertentang instalasi kolam renang skimmer yang benar, maka Anda bisa melihat gambar berikut ini.

2. Gambar Instalasi kolam renang skimmer yang benar

Untuk memudahkan Anda dalam mengetahui gambaran tentang instalasi kolam renang skimmer yang benar, maka Anda bisa melihat gambar berikut ini.

 

sistem instalasi kolam renang skimmer

 

 

3. Tahapan Pekerjaan Sparing Pipa Instalasi Skimmer

Berikut ini merupakan tahapan-tahapan yang perlu Anda ikuti untuk melakukan sparing pipa instalasi skimmer.

  • Anda harus menggali kolam renang terlebih dahulu.
  • Berikanlah jarak sekitar 30 cm dari konstruksi untuk menanam pipa kolam renang keliling.
  • Pastikan bata sudah terpasang pada semua area.
  • Lakukanlah pembesian kolam renang sebanyak 1 lapis atau 2 lapis. Pada dasarnya, tahap ini bisa dilakukan kapan saja. Yang terpenting ialah pembesian dilakukan sebelum pengecoran atau begisting.
  • Siapkanlah pipa Sparing 2″, ini bertujuan agar acessories inlet dan vacuum bisa masuk, selanjutnya, diluar sparing bisa Anda shock ke 1,5″ jika pompa yang Anda pakai kebutuhan pipanya memang 1,5″
  • Jangan lupa mengukur finishing Top Bibir kolam renang kemudian berikan
  • Pasanglah pipa Inlet yang diambil dari ukuran toping atas 40 cm. Pada umumnya, kolam renang pribadi hanya menggunakan 3-4 Inlet.
  • Pasanglah skimmer box dan pastikan skimmer box sudah mengikuti level toping, selanjutnya jangan lupa untuk menyambungkan saluran pipanya.
  • Pasanglah pipa Maindrain_1 – di dasar kolam renang lalu sambungkan pipa skimmer box yang ke 2 untuk stabillizer.
  • Pipa Maindrain_2 Langsung dijalurkan ke arah ruang mesin.
  • Pastikan pekerjaan pipa dichek list terlebih dahulu sebelum ada yang ketinggalan.
  • Setelah semua tahap pengerjaan pada poin-poin di atas telah selesai, maka langkah selanjutnya ialah pengecor

whatsaap kolam bali

Apa Itu Skimmer Box

Jenis-jenis Skimmer Box Kolam Renang

Berikut ini merupakan beberapa jenis skimmer box yang sering digunakan pada kolam renang.

  • Skim Hayward – Hayward memiliki beberapa macam yaitu type, 1070, type 1096, type 1092 dan type 3400.
  • Skim Astral – Hanya terdiri dari satu macam model skim.
  • Skim Emaux – hanya memiliki satu macam type saja
  • Skim Boost – memeiliki dua buat type yaitu type kecil untuk kolam spa, jacuzzi dan type besar untuk kolam renang.

Fungsi Skimmer Box

Fungsi utama dari skimmer box ini adalah sebagai penyeimbang elevasi air pada kolam renang skimmer. Kemudian, skimmer box juga berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan selang vacuum pada saat pembersihan atau perawatan air kolam renang. Skimmer box juga berguna untuk titik hisap pompa untuk menghisap air.

Cara Kerja Skimmer Box

Adapun cara kerja dari skimmer box ini yaitu dengan menghisap semua kotoran yang mengapung di air yang kemudian diteruskan menuju keranjang pada skimmer box. Output dari skimmer box akan menuju IN pompa kolam renang –  diteruskan kelubang IN Filter – Proses penyaringan lalu dikeluarkan kembali lewat Lubang Out Return Filter – Menjadi air bersih dan Menuju Kolam Renang.

Contoh Pemasangan Skimmer Box

Berikut merupakan gambar contoh pemasangan skimmer box sebelum pengecoran.

 

 

cara pemasangan skimmer

Harga Skimmer Box

Harga yang dibandrol untuk sebuah skimmer box adalah mulai Rp. 800.000 hingga Rp. 2.500.000. Harga tersebut ditentukan oleh ukuran skimmer box yang Anda gunakan. Anda juga bisa mengecek harga skimmer box dengan menggunakan aplikasi online shopping di handphone Anda masing-masing. Berbagai pilihan harga murah biasanya akan lebih mudah didapatkan di online shop saat ini.

 

Skema Sirkulasi Air Kolam Renang Skimmer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dibutuhan jarak 30 cm dari kontruksi untuk penempatan jalur pipa instalasi kolam renang, Sebelum semua pipa disambungkan dan dijalurkan menuju ruang mesin, ada baiknya untuk membuat lantai kerja untuk proses instalasi pipa dengan adukan setebal 10 cm.

Ketebalan tersebut juga bisa Anda menentukan ketebalannya jika sudah tidak ada penurunan tanah lagi pada bagian bawah pipa. Selanjutnya, sambungkanlah semua pipa ke arah ruang mesin.

  1. Gambar Sirkulasi Skimmer Box

SKIMMER BOX dengan stabiliser(Skimmer box yang dilengkapi dengan pipa stabilizer)

 

diagram pemipaan kolam renang skimmer

(Diagram sistem sirkulasi skimmer)

Cara Perawatan Kolam Renang Skimmer Supaya Bekerja Maksimal

Fungsi Alat-alat Pada Kolam Renang Skimmer

  • Inlet Fitting

Inlet fitting berada pada skema output pada kolam renang, berfungsi untuk menyedot air pada sirkulasi.

  • Maindrain (input)

Maindrain pada skema input berfungsi untuk menyedot air pada area kolam. Maindrain juga bisa dijadikan alat pembuangan air kolam yang terletak pada lantai kolam yang biasanya berada pada sudut kolam bagian bawah.

  • Skimmer Box (input)

Skimmer box berfungsi untuk menyedot air sebagai sirkulasi dan bisa juga untuk pembuangan air pada area kolam.

  • Ball Valve (input & output)

Ball valve bertujuan untuk mengatur arus sirkulasi air seperti menutup atau membuka arus aliran air.

  • Pompa (input & output)

Pompa kolam renang sangat berperan dalam mengalirkan air dari penampungan untuk dikembalikan ke area kolam.

  • Filter

Filter berfungsi untuk menjaga kebersihan kolam renang. Filterisasi air menggunakan media pasir yang berada di dalam tabung, sehingga kotoran besar maupun kecil dapat tetampung di filter tersebut.

Jenis-jenis Obat Kolam Renang yang Sering Digunakan

  • Kaporit 60% berfungsi sebagai penjernih air dan membunuh kuman.
  • Granular 90% berfungsi sebagai penjernih, membunuh kuman dan biasanya untuk perawatan berkala
  • Tablet 90% berfungsi sebagai pengikat chlorine supaya tidak mudah drop saat hujan
  • Trussi berfungsi sebagai anti lumut
  • PAC berfungsi sebagai pengikat molekul kotoran supaya mudah mengendap
  • Soda Ash berfungsi untuk menaikkan PH air kolam renang
  • Tawas berfungsi untuk menurunkan PH dan Chl dalam air

 

Bagaimana Perawatan Kolam Renang Skimmer?

Langkah pertama untuk merawat kolam renang skimmer ialah ialah dengan melakukan vacuum kotoran. Sebelumnya, jangan lupa  mematikan mesin kolam terlebih dahulu kemudian, setelah itu silahkan memposisikan handle filter ke arah filter. Selanjutnya, turn off pipa maindrain lalu turn on pipa pembuangan, begitu pula pada pipa skimmer.

Setelah selesai melakukan vacuum, silahkan matikan mesin sirkulasi. Kemudian, posisikanlah handle filter ke arah mencuci filter atau ke arah backwash.

Setelah kolam renang telah terlihat bersih dan jernih, maka Anda sudah bisa mematikan kolam renang kemudian memposisikan handle filter tersebut untuk melakukan bilas filter atau rinse. Setelah semua proses selesai, hidupkanlah kembali mesin kolam renang Anda. Langkah selanjutnya ialah dengan melakukan proses sirkulasi normal.

Matikan mesin kolam renang skimmer Anda kemudian posisikanlah handle filter ke arah filter. Setelah itu, turn on pipa maindrain lalu turn off kan pula pipa pembuangan. Selanjutnya, hidupkanlah kembali mesin kolam renang Anda setiap 3 hari dengan durasi waktu 3 jam.

  1. Cara Menggunakan Vacuum Cleaner Kolam Renang
  • Ujung vacuum hose terhubung ke vacuum head dan ujung satunya terhubung ke lubang vacuum.
  • Ulurkan vacuum hose ke dalam air kolam sambil di tenggelamkan kurang lebih 30cm sampai selang terisi air.
  • Setelah selang terisi air maka ujung vacuum hose satunya lagi disambungkan ke lubang vacuum. Kemudian, vacuum sudah siap dioperasikan.
  • Berikutnya, setelah selesai vacuum, sikatlah dinding dan lantai dengan pool brush.
  • Setelah Pool Brush selesai pakailah leaf skimmer untuk mengambil kotoran besar.
  • Setelah itu lakukanlah test PH dan Chlorine dengan Test KIT.
  1. Cara Menggunakan Tes KIT
  • Masukkanlah tabung Kimia atau tabung reaksi bawaan test KIT yang berwana bening kurang lebih pada kedalaman 30 cm sampai 40 cm.
  • Teteskan sebanyak 5 tetes Refill Oto Chlorine ke dalam tabung yang tertera CHL yang berwarna kuning dan tutuplah dengan warna kuning pula.
  • Teteskan sebanyak 5 tetes Refill Penol Red ke dalam tabung yang bertuliskan PH dan tutup warna merah.
  • Kocoklah hingga 5 kocokan dan coba perhatikan warna yang tertera di Tabung Kaca tersebut.
  • Apabila PH melebihi warna tabung aslinya maka perlu dilakukan pengurangan PH dengan HCL atau dengan tawas sesuai takaran dan sebaliknya apabila nilainya rendah maka tambahkann obat ASH secukupnya.
  • Apabila CHL melebihi warna tabung tersebut artinya CHLORINE sangat tinggi, Anda bisa menguranginya dengan HCL atau tawas dengan takaran secukupnya. Sebaliknya apabila lebih rendah artinya CHLORINE kurang dan perlu penambahan kaporite 60% atau granular 90% sesuai kebiasaan air saat kondisi sebelumnya.
  1. Berapa Lama Menambahkan Obat Kolam Renang?

Rutinlah memberi obat kolam renang setiap 3 hari sekali setelah vacuum. Untuk kapasitas 25m3 – 50m3 air kolam renang gunakan obat beriku: Granular 3 genggam, tablet 2 biji, dan trussi 1 genggam. Nyalakan mesin setiap hari minimal 4 jam maksimal 8 jam.

  1. Agar Tetap Bersih, Filter Kolam Wajib di Backwash
  • Matikan Mesin
  • Pipa skimmer – ON
  • Pipa Maindrain – OFF
  • Pipa pembuangan – ON Multy Port Valve ( MPV Filter ) Posisi – backwash
  • Nyalakan mesin Lihat tabung glass kaca sampai jernih.
  • Matikan Mesin
  1. Bagaimana Cara Rinse Bilas Filter Agar Bersih?
  • Matikan Mesin
  • Pipa Skimmer – ON
  • Pipa Maindrain – OFF
  • Pipa pembuangan – ON
  • Multy Port Valve ( MPV Filter ) Posisi – Rinse Nyalakan mesinLihat tabung glass kaca sampai jernih.
  • Matikan Mesin.
  1. Posisi Normal Kolam Renang Sistem Skimmer
  • Matikan Mesin
  • Pipa Skimmer – ON
  • Pipa Maindrain – ON
  • Pipa pembuangan – OF
  • Multy Port Valve ( MPV Filter ) Posisi – FILTER
  • Nyalakan mesin.
  • Sirkulasi Normal.
  • Proses perawatan pada kolam renang skimmer pun s

Nah itulah Sistim Instalasi Kolam Renang Skimmer, Skema Sirkulasi Pemipaan. Jika Anda ingin membuat kolam renang skimmer dan yang lainnya, namun Anda ingin mendapatkan hasil pembuatan kolam renang yang berkualitas dan tahan lama, sebaiknya Anda menggunakan jasa pembuatan kolam renang.

 

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!