Cara Menghitung Kapasitas Pompa Kolam Renang dan Sand Filter

Membangun sebuah konstruksi tidak lepas dari mempertimbangkan banyak hal. Baik dari sisi kekuatan, desain dan sebagainya. Termasuk segala kemungkinan dalam membangun swimming pool. Berikut cara menghitung pompa kolam renang  dan sand filter, Turn Over, Ukuran Pipa & Volume Air.

Cara Menghitung Ukuran Pompa Kolam Renang dan Sand Filter, Turn Over, Ukuran Pipa & Volume Air

Dalam proses merancang sistem kerja kolam renang, perlu memperhitungkan beberapa aspek secara matang dan tepat. Tujuannya agar tercapai sirkulasi pool water yang efisien dan mampu menyesuaikan kebutuhan. Seperti diketahui bahwa swimming pool dilengkapi dengan pompa air.

Tercapainya efisiensi dimaksudkan untuk memperoleh sistem sirkulasi air kolam yang bekerja secara maksimal. Kemudian hal tersebut akan berpengaruh terhadap tingkat kejernihan air kolam sesuai harapan tanpa harus terlalu bergantung pada penggunaan bahan kimia atau obat kolam renang.

Pompa kolam renang dapat dikatakan sebagai jantung yang berfungsi sebagai alat pendorong maupun penghisap air kolam menuju filter. Terdapat tiga parameter perhitungan terkait penggunaan water pump tersebut seperti kubikasi, jarak swimming pool dengan pompa dan luas ruangan untuk menempatkannya.

  1. Cara Menghitung Volume Air Kolam

Proses memperhitungkan kapasitas pompa bergantung pada pengukuran volume air yang terdapat pada kolam renang. Menurut kolambali.com, aspek tersebut perlu diperhatikan karena dapat menentukan berapa besar daya pompa nantinya digunakan.

Pemilik kolam renang dapat memperhitungkan volume air kolam dengan menggunakan rumus menghitung volume bangun ruang yang biasa disebut balok. Proses perhitungan seperti ini lebih cocok untuk swimming pool dengan desain persegi panjang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Ketahui ukuran panjang kolam renang: Misalnya 11 meter.
  • Ketahui ukuran lebar kolam renang: Misalnya 5 meter.
  • Ketahui ukuran tinggi kolam renang dari lantai dasar hingga bagian permukaan: Misalnya setinggi 1.5 meter.
  • Perhitungannya menjadi sebagai berikut : 11 x 5 x 1.5 = 82.5 meter kubik
  • Ketika volume kolam renang sudah diketahui: catat terlebih dahulu karena akan digunakan untuk aspek perhitungan lainnya.
Menghitung volume air kolam renang
Menghitung volume air kolam renang
  1. Menghitung Jarak Kolam Renang dengan Pompa

Letak kolam renang dengan jarak ruang pompa, baik dekat maupun jauh dapat mempengaruhi tingkat aliran air kolam dalam jangka waktu tertentu. Apabila diperoleh jaraknya lebih dari 15 meter maka dapat memilih pompa dengan kapasitas lebih atau daya lebih tinggi agar daya dorong dan hisap lebih maksimal. Hal semacam ini juga dilakukan oleh pihak kolambali.com.

Pemilik kolam dapat menambah daya sekitar 0.5 HP dari ukuran normal yang sebelumnya digunakan. Kondisi tersebut mengingatkan bahwa jika pengguna memilih pompa terlalu kecil maka hasil penyaringan kurang maksimal dan air kolam mudah kotor. Selain itu durasi perputaran air menjadi semakin lama.

  1. Memperhitungkan Kondisi Ruang Pemasangan Pompa

Kondisi ruang pompa menjaga efektivitas dalam pemeliharaan maupun penggunaannya. Maka pemilik kolam renang sebaiknya menyediakan tempat bagi mesin tersebut agar terpasang secara optimal. Setelah dipenuhi maka dapat dilakukan perhitungan sebagai berikut:

  • Berdasarkan perhitungan sebelumnya volume air kolam sebesar 82.5 meter kubik.
  • Kekuatan pompa disarankan 0.75 tenaga kuda.
  • Ukuran flow rate 16 meter kubik per jam.
  • Asumsi di atas menjelaskan bahwa pompa berukuran 0.75 tenaga kuda dapat mengalirkan sebanyak 16 meter kubik air.
  • Waktu sirkulasi dapat dihitung menjadi 82.5 : 16 = 5.15 jam. Masih terlalu lama untuk satu kali pengaliran air.
  • Dapat dilakukan penambahan daya sebesar 2HP dengan tingkat alir sebesar 30 meter kubik.
  • Maka perhitungan dapat dilakukan kembali dengan cara yang sama. 82.5 : 30 = 2.75 jam. Lebih cepat 2 jam 40 menit dari perhitungan sebelumnya.
  1. Cara Menghitung Tingkat Turnover Pompa Kolam Renang

Turn Over rate adalah waktu sirkulasi yang dibutuhkan oleh volume air kolam renang  yang  melewati filter dan pompa  sebanyak 1x setiap harinya. Menghitung kapasitas daya pompa dapat dilakukan apabila sudah terpenuhi beberapa data penting seperti volume air kolam, jumlah galon, lama sirkulasi air kolam dan sebagainya. Pada perhitungan awal diketahui jumlah kubikasi kolam renang adalah 82.5 meter kubik.

mengitung ukuran pompa kolam renang
mengitung ukuran pompa kolam renang

Menurut kolambali.com, estimasi waktu sirkulasi ditetapkan selama 6 jam per hari. Apabila lebih dari itu maka akan semakin baik dan jernih airnya serta lebih murah dalam pemasangan. Selanjutnya pemilik kolam renang dapat menghitung kapasitas daya pompa sebagai berikut:

  • Estimasi sirkulasi air per harinya selama 6 jam.
  • Maka per jamnya dapat dihitung 82.5 : 6 = 13.8 meter kubik.
  • 13.8 meter kubik per jam sama dengan 13.800 liter dibagi tiap 60 menit. Sehingga diperoleh 230 liter per menit.
  • Mengetahui standar ukuran 1 galon untuk standar Amerika sebanyak 3.8 liter. Berarti perhitungannya adalah 230 liter per menit : 3.8 liter galon = 60.52 galon tiap menitnya.
  • 1 galon untuk standar Inggris sebanyak 4.5 liter. Sehingga 230 liter per menit : 4.5 liter = 51.11 galon tiap menitnya.

Catatan: Berapa Turn Over Ideal yg Ideal?

  • Turn Over yang ideal untuk kolam renang umum / Hotel : 4-6 jam / hari
  • Turn Over yang ideal untuk kolam renang Pribadi / Villa  : 2-4 jam / hari
  • Semakin kecil Turn over rate yang anda inginkan berarti kapasitas Pompa dan Sandfilter akan menjadi besar. Cukup paham?
  1. Cara Menghitung Ukuran Filter Pompa

Ukuran filter yang sesuai bergantung pada panjang dan lebar kolam. Dalam menjaga kejernihan air, pemilik dapat terus menyalakan pompa seharian penuh agar sirkulasi pool water dapat diketahui kualitasnya. Sistem penyaring memiliki berbagai tingkat aliran air per menit.

Menghitung ukuran filter berguna dalam menjaga tekanan di dalam tangki agar tetap terkendali. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam hal ini adalah sebagai berikut:

  • Pada perhitungan sebelumnya diperoleh kapasitas pompa sebesar 13.8 meter kubik per jam.
  • Standar flow rate yang ditetapkan sebesar 40 m³/h/m2.
  • 8 m³/h : 40 m³/h/m2 = 0.34 m2 .
  • D kuadrat = akar 0.34 m2 .
  • D = 0.89 meter
  • Diameter penyaring = 0.89 meter = 89 cm.
  • Nilai tingkat sirkulasi apabila semakin kecil maka semakin baik penyaringannya. Tapi lebih mahal harganya sebab diameter tangki filter dibutuhkan yang lebih besar.
  1. Perhitungan Keseimbangan Volume Tanki Pendatar / Surge Tank

Surge tank merupakan tabung penyimpanan air yang dimanfaatkan sebagai penyeimbang tekanan pada sistem sirkulasi air sehingga meminimalisir agar tidak berlebih. Volume surge tank tidak dapat dihitung secara pasti karena dipengaruhi oleh luapan air akibat banyaknya perenang yang masuk ke kolam.

Sebagai perkiraan didasarkan pada setengah persentase beban semua perenang. Ditetapkan tiap satu orang dihitung sebanyak 80 liter air yang meluap. Namun tolak ukur lain ditentukan melalui standar pabrik pembuat filter dengan laju backwash sebesar 30 m/h/m2 selama selang waktu 7 menit.

  1. Ukuran pipa yang di gunakan untuk kolam renang

Umumnya pipa yang ada di pasaran adalah dengan ukuran 1 dim, 2, 3 dan 4 dim. Ukuran dan besar pipa mewakili kapasitas aliran airnya. dim ( diameter lobang  pipa) di wakili dengan satuan Inchi.

  • Pipa 1 dim memiliki flow rate maksimal 10 m3/jam
  • Pipa 1,5 dim memiliki flow rate 15 m3/jam. Umumnya pompa 1 HP menggunakan ukuran pipa 1 hingga 1,5 dim.
  • Pipa 2 dim keatas biasanya di gunakan untuk pompa 2 HP atau lebih besar

Beberapa Tips dalam Memilih Pompa Kolam Renang ala Kolambali.com

Ada banyak sekali pompa kolam renang dengan berbagai tipe dijual di pasaran. Masing-masing mengedepankan keunggulan dan karakternya. Namun penggunaan mesin tersebut perlu disesuaikan dengan kondisi kolam renang yang dimiliki. Maka dalam memilihnya perlu beberapa pertimbangan.

  1. Pilih Pompa Berdasarkan Ukuran Kolam Renang

Memilih pompa kolam renang perlu memikirkan terlebih dahulu apakah memenuhi kesesuaian dengan ukuran kolam renang. Langkah awal adalah menghitung volume air kolam dengan mengalikan ukuran panjang, lebar dan tinggi swimming pool. Setelah diketahui maka dapat ditentukan kapasitas pompanya.

Kapasitas pompa kolam yang terlampau kecil namun harus menangani volume air berjumlah besar, dapat menyebabkan peningkatan suhu secara signifikan serta berpengaruh pada kinerjanya. Alhasil belum lama digunakan mesin tersebut justru mengalami kerusakan dan perlu mengganti pompa baru.

  1. Gunakan Pompa Kolam Renang Bukan Pompa Air Biasa

Kesalahan besar jika kontraktor kolam justru menggunakan pompa air biasa dari pada pompa kolam renang. Sebab dari rancangan dan kegunaannya saja sudah berbeda. Perbedaannya terletak pada penggunaan strainer basket. Berfungsi menyaring ulang filtrate kotoran setelah lolos dari skimmer.

Pompa kolam renang memiliki strainer basket tersebut pada saluran masuknya. Apabila tekanan air mencapai 5 psi sementara kapasitas pompa sebesar 40 psi. Maka dalam kondisi normal akan menghasilkan output tekanan sebesar 45 psi. Hal ini menandakan bahwa mesin dalam keadaan baik.

  1. Mengetahui Seberapa Besar Kekuatan Pompa Kolam Renang

Head dapat menjadi tolak ukur kekuatan pompa. Sifatnya bertolak belakang dengan tekanan maupun flow rate pool water. Tapi dari segi intensitas kekuatan memiliki kesamaan. Head dapat dikenali dari kekuatan dorongannya sedangkan pressure diketahui lewat daya tekanannya.

Semakin banyak hambatan yang dilewati air maka menyebabkan kecepatan alirannya semakin menurun. Sebagai contoh perkiraan, sebuah pipa L berukuran 1.5 dim dapat menurunkan daya pompa hingga mencapai 3.8 psi. Sedangkan pipa T berukuran sama mengurangi kekuatan pompa sebesar 5.68 psi.

  1. Menyesuaikan Jenis Pompa dengan Luas Ruangan

Ketika memilih pompa kolam renang, halaman yang tersisa di sekitarnya dapat dijadikan pertimbangan. Kolam dalam ruangan memiliki sisa tempat terbatas sehingga mesin pompa digunakan berukuran kecil. Namun untuk kolam renang di luar ruangan, cocok apabila menggunakan ukuran pompa lebih besar.

Tersedia ruangan lebih besar maka menjadi tempat yang cocok untuk pemasangan pompa kolam renang  dengan menyesuaikan kebutuhan penggunaan. Apabila memerlukan penambahan kapasitas pompa, ruang tersisa menjadi cukup untuk menampung mesin tersebut.

  1. Memilih Berdasarkan Konsumsi Daya Listrik

Dalam upaya memilih pompa kolam perlu memperhatikan spesifikasinya agar tidak mengonsumsi daya listrik secara berlebihan. Swimming pool rumahan dengan ukuran tidak terlalu besar dapat memilih pompa dengan daya listrik rendah, biasanya sekitar 750 watt saja.

Pemilik dapat menghindari penggunaan pompa kolam berdaya listrik terlalu tinggi karena berakibat pada proses filtrasi air kolam menjadi tidak maksimal. Selain itu, karakteristik pompa konsumsi daya besar dapat menimbulkan kerusakan terhadap sistem penyaringan pool water.

  1. Mempertimbangkan Tingkat Resistansi Air Kolam

Langkah berikut ini merupakan upaya mempertimbangkan seberapa besar hambatan air dalam mempengaruhi tingkat perputaran. Semakin tinggi kecepatan pool water mengaliri pompa maka semakin besar resistansinya. Dalam hal ini filter setidaknya mampu mensirkulasikan air kolam selama 6 jam lebih.

Akibat kecepatan air yang bergerak melalui pipa semakin kencang maka besarnya hambatan harus dapat dikendalikan. Sebab hal ini berdampak pada kinerja pompa menjadi lebih pelan. Pada umumnya setelan pompa kolam berkecepatan rendah tidak akan memenuhi aliran minimal yang diperlukan sistem saring.

  1. Mengetahui Besaran Flow Rate

Bersumber dari kolambali.com, mengetahui seberapa besar tingkat aliran dari pompa kolam renang termasuk hal utama untuk diperhatikan. Sebab aspek tersebut dapat memberikan dampak keefektifan  serta berapa lama waktu yang dibutuhkan mesin pompa untuk mensirkulasikan volume air kolam.

Demikianlah pembahasan terkait cara menghitung Pompa dan Sand Filter Kolam Renang,Turn Over, Ukuran Pipa & Volume Air. Dengan memperhatikan berbagai aspek pengukuran, Hal tersebut dilakukan agar pemilik dapat menentukan mesin pompa yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat!!

 

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!