Wajib digosok, Begini Cara Membersihkan Noda dan Kerak yang Membandel pada Kolam Renang

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan noda dan kerak pada dinding ataupun dasar kolam renang. Tentunya hal ini cukup mengganggu pada saat dilihatnya lantaran memberikan kesan kotor atau bahkan kurang estetik. Berikut ulasannya:

Penyebab Noda dan Kerak pada Dinding dan Dasar Kolam Renang

Sistem sirkulasi air yang buruk menjadi penyebab utama dari timbulnya noda dan kerak. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak orang akan memperhatikan betul mengenai instalasi perpipaan dari aliran kolam renang. Misalnya saja terletak pada komponen filter dimana harus dibersihkan secara rutin.

Keadaan ini juga biasanya disebabkan oleh penggunaan kaporit dan kaporit terlalu rendah sehingga membuat kerak dan lumut tetap saja timbul. Selanjutnya juga dikarenakan adanya kotoran yang mengendap sehingga membuat bahan organik akan tumbuh secara lebih leluasa di dasar kolam.

Adanya noda dan kerak pada dinding dan dasar kolam renang juga sering disebabkan karena pemberian bahan kimia ke dalamnya tidak dilakukan secara rutin. Perawatan pun juga dilaksanakan seadanya saja tanpa memperhatikan bahwa setiap komponen instalasi memiliki cara berbeda-beda.

Cara Membersihkan Noda dan Kerak pada Dinding dan Dasar Kolam Renang

Kolam renang tentu menjadi tempat yang sangat ideal bagi pertumbuhan segala jenis mikroorganisme sehingga menimbulkan adanya noda dan kerak pada dinding dan dasar permukaan. Nyatanya ada beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk membersihkan dan mencegahnya datang kembali.

1. Menggunakan Garam untuk Membersihkan Lumut

Lumut menjadi salah satu penyebab yang menimbulkan adanya noda pada kolam renang. Hal ini akan diperparah apabila perawatan dilakukan secara kurang maksimal dan tidak rutin. Terutama jika beberapa area jarang dibersihkan seperti pada tangga atau dekat dengan sistem filternya.

Anda bisa menggunakan garam untuk kemudian mengocoknya. Caranya yakni dengan memasukkan 2 sendok ke dalam 2 liter air kemudian direbus sampai mendidih. Selanjutya siramkan larutan tersebut pada dasar dan dinding kolam renang yang banyak mengandung lumut dan baru digosok sampai bersih

2. Menggunakan Asam Cuka untuk Menghilangkan Kerak

Kerak memang seringkali muncul pada dinding dan permukaan dasar kolam renang. Umumnya berasal dari kotoran yang tidak kunjung dibersihkan. Tentu kondisi seperti ini membuat tampilannya menjadi kurang estetik bahkan sangat mengganggu penampilan. Kini Anda bisa memanfaatkan asam cuka.

Caranya yakni dengan mencampurkan larutan asam cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya siramkan pada dinding yang memiliki kerak membandel. Gosok menggunakan sikat khusus sampai bersih. Anda bisa menggunakannya tanpa mencampurkannya lagi jika noda sulit hilang.

3. Memanfaatkan Air Perasan Lemon untuk Menghilangkan Noda Karat

Noda karat seperti ini akan muncul dengan warna kekuningan atau kecoklatan yang umumnya dekat dengan komponen logam. Biasanya tampilan seperti ini bisa mudah dijumpai di area sekitar tangga kolam renang sehingga sangat terlihat mengganggu bahkan terkesan menjijikkan.

Anda bisa memanfaatkan air perasan lemon untuk menghilangkannya. Pasalnya kandungan asam tinggi memang mampu membersihkan noda karat pada dinding dan dasar kolam renang. Caranya pun sama yakni campurkan dengan air serta garam lalu siramkan pada area tertentu sebelum digosok.

4. Menggunakan Sitrun untuk Menghilangkan Noda dan Kerak

Bahan ini tentu sudah sering Anda gunakan pada saat membersihkan kamar mandi. Cara ini pun juga bisa dilakukan ketika ingin menghilangkan noda dan kerak membandel di kolam renang. Umumnya kondisi seperti ini disebabkan lantaran tumbuhnya bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Anda bisa membeli sitrun ini di tempat peralatan kebersihan atau bahkan di toko kue dan bahan makanan. Sikatlah terlebih dahulu pada area yang memiliki noda dan kerak. Selanjutnya basahi dengan air dan lumuri menggunakan bahan ini untuk ditunggu beberapa saat sebelum menyiramnya kembali.

Noda dan kerak yang membandel pada kolam renang memang sangat mengganggu bagi siapa saja pemiliknya. Anda bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk menghilangkannya demi menjaga kebersihan dan keindahannya agar tetap nyaman dipandang mata.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!