Tips Berenang | Cara Mengambang di Air, Mengapung dengan Sempurna Tanpa Pelampung

Nyatanya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berenang dengan mengambang sempurna tanpa menggunakan pelampung. Hal ini memang terdengar menarik bagi perenang pemula terutama jika belum mahir melakukannya. Berikut langkah-langkahnya:

Tahap Persiapan

Anda harus benar-benar menyiapkan diri dan mental sebelum berlatih untuk mengapung sempurna tanpa adanya alat bantuan. Jadi banyaklah berendam di kolam renang agar membiasakan diri berada di dalam air. Sebaiknya jangan memilih kolam renang dangkal demi menantang keberanian.

Alangkah lebih baik untuk meminta bantuan orang lain yang sudah ahli semisal pelatih renang demi menjaga keamanan selama Anda berlatih mengapung sempurna. Cara ini memang bisa dilakukan secara sendirian namun mengingat bahwa berenang cukup berbahaya maka mintalah dampingan.

Jangan ragu untuk sesekali menggunakan alat bantu berupa pelampung. Hal ini menjadi salah satu cara agar membiasakan tubuh mengapung pada permukaan air. Pasanglah dengan benar pada lengan dan badan bagian tengah.

Memposisikan Letak Kepala

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting untuk diperhatikan selama berenang karena rawan mengalami cedera. Pertama-tama posisikan telinga agar tidak takut kemasukan air dimana letak keduanya memang  harus tenggelam bukan di atas permukaan.

Angkatlah dagu untuk sedikit ke atas sampai keluar dari dalam air dengan tujuan untuk membuat berat tubuh lebih ringan pada saat berenang dengan mengapung. Kemudian posisikan kepala agar air berada di tengah-tengah pipi demi menjaga keseimbangan selama di kolam renang.

Jagalah keseimbangan dengan menjaga posisi kepala agar tidak banyak bergeah. Jadi tahanlah beberapa saat hingga tubuh juga tetap diam. Hal ini pun dimaksudkan untuk menghindari ketidakstabilan selama mengapung.

Memposisikan Letak Tubuh

Setelah kepala sudah berada di posisi yang nyaman, Anda bisa memposisikan letak tubuh. Caranya yakni aturlah lengan dengan menekuknya layaknya gerakan sit up. Doronglah badan sedikit ke atas sampai mendapat kenyamanan untuk mengapung.

Lengkungkan pinggang cenderung ke atas untuk mendapatkan posisi tubuh ke arah depan. Angkatlah sedikit dada dan bagian perut sampai keluar ke permukaan air. Berikutnya aturlah letak kaki untuk cenderung ke bawah agar tidak membuat mudah tenggelam.

Terakhir yakni lepaskan semua badan khususnya posisi telapak kaki. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari beberapa cedera olahraga yang sering terjadi lantaran berat anggota gerak bawah akan lebih berat daripada tubuh bagian atas.

Tips Mengapung Sempurna dalam Waktu Lama

Bagi Anda yang sudah berhasil mempraktikkan ketiga cara diatas, maka ada beberapa tips untuk melakukannya agar mengapung sempurna bisa dilakukan dalam waktu lama. Hal paling penting yakni jangan panik selama berenang dengan gaya ini lantaran akan menimbulkan  banyak gerakan.

Banyaknya gerakan yang Anda buat selama mengapung, maka hanya akan membuat cepat tenggelam. Selanjutnya usahakan untuk merentangkan kaki dan tangan seperti layaknya sedang tidur terlentang di kasur. Tetap jaga posisi khususnya pandangan selalu menghadap atas.

Bagi Anda yang menggunakan sepatu untuk berenang, maka tetaplah mengenakannya lantaran hal ini justru membantu mengapung. Gunakanlah alat bantu seperti botol kosong sebagai barang untuk didekap di atas dada karena mampu memudahkan proses berenang di permukaan air.

Tips Agar Tidak Mudah Tenggelam Saat Berenang

Mengapung secara sempurna ketika berenang memang harus dilatih terlebih dahulu. Hal ini mengharuskan Anda untuk memperhatikan keamanan agar tidak beresiko tenggelam dan menghindar hal-hal kurang diinginkan.

Anda perlu memastikan jika kolam renang yang Anda gunakan telah dilengkapi petugas keselamatan. Tentu hal ini akan memberikan rasa aman meskipun nantinya sedang mengalami hal-hal tidak diinginkan.

Jika perlu jangan ragu untuk menggunakan alat bantu terlebih dahulu selama berlatih berenang. Hal ini sangat disarankan bagi pemula demi meminimalkan resiko tenggelam lantaran belum menguasai teknik secara baik.

Berenang dengan cara mengapung memang terdengar cukup unik bagi sebagian orang sehingga mereka tertarik untuk mencobanya. Anda pun perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari tahap persiapan hingga mengatur posisi kepala dan badan agar tetap seimbang selama di dalam air.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!