fbpx

Ruang Mesin Kolam Renang dan Balancing Tank

Ruang Mesin Kolam Renang dan Balancing Tank – Ruang mesin kolam renang merupakan ruangan khusus yang diperuntukan untuk menempatkan mesin sirkulasi kolam renang. Bentuk dan penempatan dari ruang mesin sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi lahan kolam renang dan umumnya ruang mesin memiliki bentuk persegi empat.

Konstruksi ruang mesin kolam renang sebaiknya dibuat dengan kualitas tinggi dan tidak jauh berbeda dengan konstruksi kolam renang. Karena ruangan ini harus selalu dalam kondisi yang kering dan tidak boleh ada air masuk. Proses pembuatannya hampir sama seperti pembuatan konstruksi pada kolam renang.

Ruang Mesin Kolam Renang dan Balancing Tank
Ruang Mesin Kolam Renang dan Balancing Tank

Ruang Mesin Kolam Renang dan Balancing Tank

Ruang mesin kolam renang dibuat di dalam tanah, dinding dan juga lantai dibuat dari beton serta dilakukan waterproofing agar tidak ada kebocoran air dari dalam tanah. Idealnya sebuah ruang mesin kolam renang harus selalu dalam kondisi yang tertutup karena untuk menghindari air masuk dari bagian atas.

Penempatan ruang mesin kolam renang dan juga ruang balancing tank kolam renang yang ideal. Sebaiknya ditutup dengan penutup ruang mesin yang dibuat tidak permanen untuk mempermudah akses keluar masuk perawat kolam renang.

Tutup ruang mesin biasanya menggunakan bahan yang kuat namun ringan dan juga anti korosi. Misalnya bahan dari fiber dan stainless steel.

Ukuran dari mesin kolam renang ini tidak memiliki standar khusus yang mengatur tentang luas ruang mesin kolam renang. Tetapi besar kecilnya ukuran ruang mesin sangat tergantung pada luas kolam renang. Selain itu, ukuran ruang mesin juga berdampak pada kapasitas pompa sirkulasi kolam renang yang dipergunakan. Minimal lahan yang diperuntukan untuk membuat ruang mesin kolam adalah satu meter persegi.

Bagaimana Cara Meletakkan Mesin Kolam Renang?

Penempatan ruang mesin kolam renang disarankan tidak jauh dari lokasi kolam renang. Hal ini bertujuan agar pompa dapat mensirkulasi air kolam renang secara maksimal. Untuk idealnya penempatan ruang mesin dari kolam renang berjarak satu sampai tiga meter.

Jika Anda menginginkan jarak ruang mesin lebih jauh dari jarak ideal. Anda sebaiknya mempertimbangkan lagi ukuran pompa yang akan digunakan sebagai alat bantu sirkulasi.

Ukuran Ruang mesin kolam renang

Kedalaman ruang mesin kolam renang minimal 1,7 m agar handle multi valve bisa dioperasionalkan secara optimal, tidak mentok kebagian atas ruang mesin. Dengan kedalaman minimal 1,5 m akan memudahkan untuk melakukan maintenance. Ruang mesin sebaiknya juga dilengkapi dengan tangga agar mempermudah akses bagi perawat kolam renang. Misalnya kolam renang ukuran 3 x 6 ruang mesin bisa di buat dengan ukuran 1,5 m x 1,5 m kedalaman 1,7

Jika tidak ada tangga di dalam ruang mesin, maka perawat kolam renang yang akan masuk ke ruang mesin kolam renang sering kali mengijak tabung filter atau pipa instalasi sebagai medianya. Jika dilakukan terus menerus menginjak pipa instalasi.

Maka hal ini akan sangat beresiko karena dapat menyebabkan keretakan. Jika hal tersebut terus dibiarkan tentunya lambat laun akan berdampak terhadap operasional kolam renang Anda.

Seperti halnya pada ruang mesin kolam renang, balancing tank membutuhkan penutup pada bagian atasnya. Dan penutup tesrsebut sebaiknya tidak dipasang permanen. Ruang balancing tank juga perlu dilakukan pembersihan kotoran dan pengurasan air secara berkala. Jadi harus ada akses untuk masuk ke dalam balancing tank.

Balancing tank kolam renang adalah bak penampungan dari limpahan air kolam renang sebelum masuk ke filter untuk di sirkulasikan kembali ke dalam kolam. Dalam pembuatan balancing tank kolam renang umumnya memiliki dimensi yang lebih kecil daripada kolam renang itu sendiri.

Kebutuhan pembuatan balancing tank kolam renang sifatnya sangat wajib semua kolam yang memiliki system sirkulasi overflow.

Sama seperti mesin kolam renang, tidak ada ukuran yang baku dalam pembuatan balancing tank untuk kolam renang. Tetapi idealnya balancing tank harus dibangun menggunakan beton sebagai bagian terpenting dari konstruksi kolam renang Anda.

Cara Membuat Balancing Tank

  • Kedalaman balancing tank harus setingkat dengan permukaan kedalaman kolam. Balancing tank dilarang diletakkan di atas permukaan kolam renang karena jika balancing tank yang berada di atas permukaan kolam renang. Membuat beban kerja mesin pompa kolam renang menjadi lebih berat.
  • Sparing yang menghubungkan antara gutter dan balancing tank harus menggunakan pipa 3 inci untuk kolam renang standar. Bisa menggunakan ukuran yang lebih besar jika diaplikasikan pada kolam renang jenis Olympic. Hal ini untuk mencegah tersumbatnya aliran ke balancing.
  • Jarak pembuatan balancing tank tidak boleh terlalu jauh dari kolam renang karena jarak akan mempengaruhi daya hisap mesin pompa. Dan juga mempengaruhi kecepatan over flow air menjadi berkurang.
  • Lebar balancing  tank harus sesuai dengan volume dari air kolam renang untuk mencegah kekurangan air atau kekeringan saat over flow mulai dijalankan.
  • Sesuaikan ukuran balancing tank karena syarat pembuatan balancing tank. Selain mampu meluberkan air kolam renang. Balancing juga wajib untuk menampung luberan air pada waktu mesin dalam keadaan tidak beroprasi. Bagi perawat kolam renang, balancing tank bisa menjadi indikator bila chek valve sedang  rusak ataupun terdapat kebocoran.
  • Pasangkan kramik pada balancing tank karena balancing tank juga perlu ditutup dengan keramik agar dapat mengurangi resiko kebocoran.
  • Yang terakhir adalah perawatan balancing tank dengan melakukan pembersihan balancing tank secara berkala.

Demikianlah ulasan mengenai balancing tank dan ruang mesin kolam renang. Klik kolambali untuk pembuatan dan perawatan kolam renang terbaik versi anda dan keluarga. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuat kolam renang yang aman dan juga nyaman untuk digunakan.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !