Cara menaikkan dan menurunkan PH Air Kolam Renang supaya Ideal

Cara menaikkan dan menurunkan PH air kolam renang agar tetap stabil! Berbicara mengenai standar mutu air kolam renang merupakan hal yang wajib di perhatikan. Untuk itu seringkali kita harus menaikkan atau menurunkan PH air kolam renang cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan alat pengukur PH air. Yuk Simak Artikelnya!

Ini Dia Standar Mutu Air Kolam Renang Yang Perlu Di Perhatikan

Penentuan standar mutu air kolam renang yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat kamu bisa merasakan keuntungannya. Untuk itu maka penting bagi kamu skarang ini supaya melakukan pengukuran dengan tepat pada PH air kolam renang yang dibutuhkan.

Menentukan standar mutu air kolam renang tentunya menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk di pertimbangkan dengan baik. Adanya penentuan yang dilakukan pada PH dari air kolam renang yang baik akan membuat kamu nantinya merasakan berbagai macam keuntungannya.

Dimana setiap orang yang berenang pada kolam renang yang dibuat akan bisa tetap mendapatkan kesehatan yang sesuai dengan standar yang di tetapkan kemenkes.

Untuk itulah maka memang penting bagi kamu supaya kemudian mencoba melakukan pengukuran yang tepat pada PH dari air kolam renang tentunya. Sehingga kemudian kamu akan merasakan kenyamanan dan kesehatan yang tetap terjaga dari adanya air kolam renang yang terjaga dengan baik kadar PH yang dimiliki.

Didalam pembahasan kali ini tentunya kamu akan diberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa peran pentingnya pengukuran PH air kolam renang.

Dengan adanya informasi yang disampaikan tentu kemudian kamu akan mendapatkan pengetahuan yang tepat mengenai beberapa peranan penting standar mutu air kolam renang yang baik. Dengan begitu maka kemudian kamu akan terus menjaga agar PH dari air kolam renang bisa tetap stabil dan bisa digunakan oleh setiap orang dengan baik.

Untuk itulah maka simak penjelasan dibawah ini mengenai beberapa hal yang penting dipahami dalam penentuan PH dari air kolam renang tentunya. Untuk itulah maka menjadi sebuah hal yang penting bagi kamu untuk selanjutnya memperhatikan dengan baik dan benar mengenai informasi pentingnya PH dari air kolam renang.

Air kolam renang juga menjadi sebuah hal yang penting untuk dijaga dan dilakukan perawatan yang baik dan maksimal agar mutu yang dimiliki tetaplah stabil. Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya ada banyak kandungan zat yang ada didalam air kolam renang dan penting untuk dilakukan perawatan dengan baik.

Kandungan PH yang ideal pada air kolam renang sendiri tentunya dapat dilakukan dengan adanya tes kadar PH yang balance.

Dan biasanya itu dilakukan oleh para perencana kolam renang yang sudah professional untuk mendapatkan PH yang terbaik tentunya. Adanya kandungan PH dari air kolam renang yang terjaga kestabilannya akan membuat kesehatan pada para pengguna kolam renang bisa tetap terjaga dengan baik.

PH sendiri adalah tingkat keasamaan yang ada didalam kandungan air termasuk juga dalam kaitannya dengan air kolam renang yang digunakan tentunya. Berbicara tentang hal tersebut tentunya standar mutu dari air kolam renang sendiri pada dasarnya berada pada interval 0-14. Tentunya air kolam renang dapat dikatakan masam atau asam apabila PH yang dimiliki berada dibawah PH 7 dan itu menjadi sebuah hal yang perlu di perhatikan.

Sedangkan sebaliknya, bahwa PH yang berada diatas 7 akan termasuk dalam kategori basa yang pada dasarnya menjadi sebuah hal yang tidak kalah penting di perhatikan pula. Dan jika berbicara mengenai standar mutu dari air kolam renang sendiri maka tentunya yang dikatakan netral adalah yang berada pada indikatoramntara PH 7,4 dan PH 7,8.

Standar Mutu Air Kolam Renang
Standar Mutu Air Kolam Renang

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya PH air kolam renang yang dikatakan sesuai dengan standar mutu yang telah di tetapkan atau bisa dikatakan stabil adalah dengan PH 7,4 – 7,8. Dimana pada dasarnya dalam kadar indikator PH tersebut tentunya masih bisa dikatakan aman untuk digunakan oleh manusia untuk berenang didalamnya.

Dan pastinya dengan adanya kadar PH PH 7,4 – 7,8. yang ideal akan membuat kamu bisa mendapatkan keamanan dan terbebas dari iritasi baik pada mata ataupun kulit. Dengan begitu maka kamu akan bisa mendapatkan kenyaman dalam melakukan kegiatan olahraga berenang pada kolam renang yang tetap terjaga kadar PH yang dimiliki tentunya.

standar mutu air kolam renang

Pada dasarnya kadar keasaman atau basa dari PH pada air kolam renang sendiri tidaklah semudah itu untuk dilakukan tentunya. Dimana pada dasarnya untuk dapat mengukur seberapa besar kadar PH dari air kolam renang sendiri di perlukan alat pengukuran yang tepat.

Nantinya dengan adanya pengukuran yang tepat akan membuat kamu bisa merasakan kualitas air kolam renang yang benar benar berkualitas.

Nah, dengan begitu maka menjadi sebuah hal yang tidak kalah penting bagi kamu sekarang ini untuk juga mengetahui alat untuk mengukur kadar PH pada air kolam renang yang tersedia. Sehingga kemudian kamu akan merasakan adanya pemahaman yang benar benar tepat mengenai kadar dari PH pada air kolam renang tentunya.

Ini Dia Yang Terjadi Jika PH Air Kolam Renang Terlalu Tinggi

Adanya PH air kolam renang yang terlalu tinggi tentunya akan menyebabkan terjadinya beberapa akibat yang di timbulkan. Beberapa akibat yang di timbulkan karena adanya PH pada air kolam renang yang terlalu tinggi diantaranya adalah:

  • Kaporit yang ada didalam kolam renang sendiri nantinya akan bekerja dengan tidak efisien atau bisa dikatakan lebih lambat.
  • Adanya kadar PH dalam air kolam renang yang terlalu tinggi tentunya akan membentuk noda yang dapat memudarkan warna yang ada didalam dinding kolam.
  • Adanya kadar PH yang terlalu tinggi juga akan menimbulkan air kolam akan berubah menjadi lebih keruh berawan.
  • Jika PH air kolam renang yang terlalu tinggi terus di biarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan rusaknya filter.
  • Bagi orang yang berenang nantinya akan menyebabkan munculnya iritasi pada mata.

Berikut Adalah Alat Pengukur PH Air Kolam Renang

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya alat tes PH meter dan juga chlorine pada kolam renang sendiri menjadi sebuah hal yang penting untuk diketahui. Karena dengan menggunakan alat tersebut maka kemudian kamu akan bisa mengecek kadar PH yang ada didalam air kolam renang tentunya.

Adanya alat yang tepat digunakan tentunya akan memudahkanmu melakukan pengukuran Ph dan juga chlorine yang ada pada air. Dan pastinya tingkat keakuratan dari PH air kolam renang sendiri akan bisa didapatkan dengan baik dan juga maksimal tentunya.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya alat yang biasanya digunakan untuk mengetes dan mengukur PH dari air kolam renang adalah test kit. Dimana pada dasarnya test kit sendiri adalah sebuah alat sederhana yang pastinya digunakan untuk dapat mengukur adanya tingkatan PH pada air kolam renang.

Dimana pada dasarnya bentuk dari test kit sendiri adalah dua buah tabung dan juga dua buah botol kecil berisi cairan yang biasanya disebut sebagai oto phenol.

Alat Pengukur PH Air Kolam Renang

Dan pada dasarnya dua botol kecil yang berisi cairan tersebut dikemas dengan sebuah kotak yang tersusun dengan rapi tentunya. Jika kamu bisa melakukan pengukuran dari PH air kolam renang menggunakan test kit sendiri maka kemudian akan didapatkan keuntungan nantinya.

Cara untuk dapat melakukan pengukuran pada kadar PH air kolam renang sendiri adalah dengan terlebih dahulu masukkan tabung test kit pada kolam renang. Masukkanlah tabung tersebut pada kolam renang dengan kedalaman hingga mencapai lengan dan isilah hingga batas garis tertera pada tabung tentunya.

Kamu bisa meneteskan sebanyak 5 tetes cairan phenol red dan campurkan dengan orthotolidine pada tabung yang sudah tersedia tentunya. Nah, saat sudah meneteskannya maka kemudian tutuplah tabung tersebut lalu kocoklah sebentar dan lihat perubahan warna yang terjadi nantinya.

Nah, setelah itu kamu hanya perlu untuk mencocokkan perubahan warna yang terjadi sesuai dengan yang ada pada indikator tentunya. Jika kamu menemukan kadar PH pada tabung menunjukkan kadar yang normal dan warnanya sama dengan tabung test kit maka kemudian akan didapatkan hasilnya. Dimana dapat dipastikan bahwa pada dasarnya kadar PH yang ada didalam air kolam renang sendiri menunjukkan hasil yang normal.

Cara Menaikkan PH Air Kolam Renang Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Mudah

Tentunya PH air kolam renang yang terlalu rendah nantinya akan mengakibatkan beberapa akibat yang merugikan bagi para penggunanya. Salah satu kerugian akibat terlalu rendahnya PH dari air kolam renang adalah air yang ada digunakan untuk berenang nantinya akan jauh lebih asam.

cara-menaikkan-ph-air-kolam-renang

Selain itu tentunya salah satu akibat dari adanya kandungan PH dari air kolam renang yang terlalu rendah adalah dapat menghilangkan kandungan klorin dalam waktu yang sangat cepat. Dengan begitu maka kemudian kamu akan merasakan kerugian tersendiri dari adanya PH dari air kolam renang yang terlalu asam tentunya.

Nah, selain itu tentunya adanya beberapa akibat lain yang di timbulkan dari PH yang ada didalam kolam renang yang terlalu rendah adalah menyebabkan iritasi pada mata. Pada dasarnya iritasi yang terjadi pada mata akan menimbulkan berbagai macam dampak yang mungkin saja akan merugikan bagi orang yang mengalaminya.

Selain itu tentunya kamu akan mendapatkan material logam yang ada didalam kolam renang atau yang dekat dengan percikan air kolam renang akan mengalami pengaratan. Dan pastinya akan cepat terjadinya noda pada dinding kolam renang diakibatkan karena PH yang ada didalamnya terlalu rendah atau bersifat asam.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat menaikkan PH air kolam renang yang tersedia saat ini tentunya. Tentunya hal pertama yang harus dilakukan untuk dapat menaikkan kadar PH didalam kolam renang adalah dengan menggunakan soda ash.

Pada dasarnya agar PH kolam renang menjadi stabi, maka kamu perlu menambahkan soda ash sesuai dengan takaran yang telah di tetapkan. Takaran chemical untuk kolam renang salah satunya di pengaruhi oleh ukuran kolam renang. Tak bisa dipungkiri bahwa semakin luas ukuran kolam renang, maka kebutuhan akan soda asl juga semakin tinggi.

Takaran  Soda Ash ( yang berfungsi untuk menaikkan pH ) : Tuangkan 1 kg Soda Ash pada 100 M(Seratus Kubik) air, maka akan menaikkan pH 0,2.

Tentunya dengan adanya pemberian soda ash yang sesuai dengan takaran maka kemudian kamu akan mendapatkan keuntungan tersendiri dari hal tersebut. Dimana nantinya kamu akan mendapatkan keuntungan berupa stabilnya kadar PH pada air kolam renang dan akan baik bagi kesehatan orang yang berenang didalamnya.

Nah, perlu diketahui bahwa adanya pengaturan kadar pemberian soda ash pada air kolam renang sendiri tentunya harus dilakukan sesuai dengan takaran. Dalam hal ini kamu perlu memberikannya dengan baik dan tidak terlalu berlebihan karena akan ada akibat yang di timbulkan.

Nantinya air kolam renang akan berubah menjadi basa dan kemudian kamu akan merasakan akibat dari hal tersebut tentunya. Sangat penting bagi kamu untuk tidak memberikan soda ash lebih dari 2 lbs pada 10 ribu gallons air dalam sekali perawatan tentunya.

Cara Menurunkan PH Air Kolam Yang Mudah Untuk Kamu Terapkan

Tentunya seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa adanya PH air kolam renang yang terlalu tinggi akan mengakibatkan berbagai macam resiko. Dengan begitu maka menjadi sebuah hal yang penting bagi kamu sekarang ini supaya melakukan cara yang tepat untuk menurunkan kadar PH pada air kolam renang.

cara-menurunkan-ph-air-kolam-renang

Cara yang dapat dilakukan untuk bisa menurunkan kadar PH yang ada didalam air kolam renang sendiri sangatlah mudah untuk di terapkan saat ini tentunya. Dan dengan begitu akan didapatkan hasil yang akurat berupa stabilnya PH pada air kolam renang yang tersedia dan kemudian akan membuatmu merasakan keuntungannya.

Dalam hal ini tentunya kamu bisa menurunkan kadar PH pada air kolam renang sendiri adalah dengan menggunakan bahan kimia yang khusus. Dimana pada dasarnya bahan kimia yang dibutuhkan untuk dapat menurunkan kadar PH pada air kolam renang adalah HCL.

Dengan pemberian bahan sodium bisulfate yang diberikan dengan kadar yang cukup akan membuat kamu bisa merasakan keuntungannya. Dimana nantinya kamu akan bisa merasakan adanya PH air kolam renang yang tetap stabil dan dapat digunakan dengan maksimal.

Takaran HCL ( berfungsi menurunkan pH ) : Tambahkan 1 liter HCL pada 100 M3 (Seratus Kubik) air, sehingga akan terjadi penurunah pH 0,2.

Jika kamu menggunakan bahan kimia yang satu ini maka kemudian maka akan ada beberapa hal yang perlu untuk di perhatikan. Dimana pada dasarnya kamu perlu untuk menghindari penuangan bahan kimia satu ini pada bahan yang terbuat dari logam. Hindari pula pemasangan bahan kimia tersebut pada dinding kolam renang agar tidak ada noda yang melekat pada bagian tersebut tentunya.

Sudah paham kan! Cara menaikkan dan menurunkan PH air kolam renang agar tetap stabil! mengenai standar mutu air kolam renang dan cara menaikkan atau menurunkan PH air kolam renang. Semoga dengan adanya informasi yang disampaikan diatas kamu mendapatkan pemahaman yang lebih tepat dalam menggunakan  alat pengukur PH air.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!