5 jenis Merk Waterproofing untuk Kolam Renang, Berikut Info Harga

Dalam pembuatan atau pembangunan kolam renang, ada satu hal yang sangat dikhawatirkan oleh pemilik maupun kontraktornya yaitu kebocoran. Oleh sebab itu, pentingnya dalam memilih jenis waterproofing berkualitas.

Beberapa Pilihan Merk Waterproofing untuk Kolam Renang

Berikut beberapa rekomendasi merk waterproofing kolam renang.

1. SikaTop-107 Plus

SikaTop-107 plus ialah produk yang diluncurkan oleh salah satu perusahaan ternama yaitu Sika Indonesia bergerak bidang kimia, pengembangan dan produksi sistem hingga produk untuk penyegelan, peredaman, penguatan, pengikat serta perlindungan di sektor bangunan dan industri.

SikaTop-107 plus merupakan pelapis kedap air yang memiliki dua komponen polymer mortar dengan fungsi pelapis anti bocor atau waterproofing dengan menggunakan bahan dasar semen resin yang sudah dimodifikasi. Produk ini memiliki harga berkisar Rp.120.000 – Rp.150.000 untuk kemasan 4 kg.

Kegunaan dari SikaTop-107 plus adalah sebagai pelapis anti bocor untuk internal ataupun eksternal. Dapat menambal keretakan pada mortar, bata hingga beton. Produk ini memiliki kelebihan dalam penggunaannya cukup mudah serta tidak menyusut dan mudah retak. Cocok untuk kolam renang.

2. Aquaguard

Aquaguard ialah merek yang diproduksi PT. Adi Cakra Utama Mulia sebuah perusahaan sudah tiga dasawarsa tepatnya sejak tahun 1980-an. Aquaguard merupakan bahan pelapis anti bocor/waterproof dengan memiliki dua komponen yaitu, berbentuk bubuk serta cairan.

Komponen bubuk dengan bahan dasar semen sedangkan cairan berbahan polimer sintetis. Kegunaan dari merek ini ialah, melindungi terhadap kebocoran serta rembesan disebabkan oleh tekanan air, memperbaiki retak rambut.

Selain itu juga melindungi batok dari masuknya gas CO2 mengakibatkan korosi. Diatas lapisan Aquaguard yang telah kering, bisa dilapisi lagi dengan finishing lainnya seperti plesteran, aquaproof cat hingga dipasang keramik. Untuk kemasan 2,5kg memiliki harga Rp.112.000.

3. Bondall Aquatite

Aquatite merupakan salah satu produk unggulan dari perusahaan yang sudah berdiri sejak 26 tahun silam atau lebih tepatnya pada tahun 1994 yaitu PT.Bondall Kumala Jaya. Aquatite adalah lapisan anti bocor/waterproofing dengan penggunaan sistem membran elastis serta menggunakan bahan acrylic.

Aquatite memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap penetrasi bahan kimia dan tekanan air serta dapat melindungi dari berbagai jenis seperti lumut hingga jamur. Produk ramah lingkungan, cocok digunakan untuk kebutuhan internal ataupun eksternal pada ketebalan air tertentu.

Keunggulan Aquatite ialah elastisitas sangat tinggi hingga 200%, tahan terhadap bahan kimia, paintable, ramah lingkungan, daya sebar mencangkup 1 kg untuk 2m2, hingga daya tahan sampai 15 tahun. Untuk kemasan tersedia mulai dari 1 kg sampai 20 kg dengan harga Rp.135.000 – Rp. 2.500.000.

4. Hydrostop

Hydrostop sebuah produk waterproofing diluncurkan oleh salah satu perusahaan kimia yaitu PT. Inter Aneka Lestari Kimia yang berdiri pada tahun 1985. Waterproofing skimcoat jenis ini merupakan berbahan acian kedap air dengan bisa digunakan di internal maupun eksternal.

Hydrostop dalam keadaan basah akan membentuk polycrystalline yang tumbuh untuk mengisi pori-pori atau sebuah retakan dengan tujuan memadatkan, menyumbat, sehingga menghentikan rembesan terjadi.

Keunggulan dari produk ini yaitu anti lembab, menahan air dari segala sisi hingga self healing. Waterproofing skimcoat hydrostop dapat digunakan pada basement area, penampung air beton, serta kolam renang. Untuk kemasan 2 kg memiliki harga berkisar Rp. 21.000.

5. Lemkra DS-105

Lemkra ialah perekat tipis yang didesain “Heavy Duty Product” sangat baik untuk penggunaan keramik, granit, batu alam, lapisan waterproofing dengan basis semen (cement base) serta campuran silicon/latex bahan kimia berkualitas bagus dari Jerman.

Produk Lemkra menggunakan teknologi  hasil pengembangan  oleh perusahaan asal Jerman (Germany technology) yang berdiri sejak 1996.

Lemkra berfungsi sebagai perekat, kedap air, memperbaiki retakan, bahan aditif adukan semen dan masih banyak lagi. Setelah melalui tes pengujian cukup panjang, produk ini mampu bertahan selama kurang lebih 40 tahun. Untuk kemasan dengan berat 30 kg memiliki harga berkisar Rp.370.000.

Itulah tadi beberapa rekomendasi jenis merk waterproofing untuk kolam renang. Ada baiknya untuk mengetahui kebutuhannya terlebih dahulu atau bertanya dengan ahlinya agar terhindar dari pembelian serta pemakaian produk dengan fungsi yang salah.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!