fbpx

Cara Menghitung Inlet Kolam Renang, jumlah dan harga

Cara Menghitung Inlet Kolam Renang – Berkaitan dengan bagaimana cara menjaga kebersihan kolam renang, sistem sirkulasi air selalu menjadi kunci utamanya. Memastikan sistem sirkulasi air bekerja dengan optimal dapat dilakukan dengan pengecekan yang konstan. Setiap kebutuhan perawatannya harus dipikirkan secara matang dan juga berorientasi pada kinerja sistem. Seperti contohnya mengakomodir kebutuhan inlet fitting kolam renang yang memerlukan kejelian dan ketelitian yang tinggi.

jumlah inlet kolam renang
jumlah inlet kolam renang

Adapun mechanical system yang berkaitan erat dengan sistem sirkulasi kolam renang adalah fitting. Semakin baik instalasinya maka kolam renang anda juga akan semakin baik dan berkualitas. Perlu dipahami bahwa ada beberapa jenis sistem fitting kolam renang yang paling sering dipakai. Salah satunya adalah sistem pemipaan jalur inlet atau inlet fitting.

Inlet Kolam Renang

Sebelum berlanjut membahas inlet fitting, sebaiknya Anda memahami tentang beberapa macam sistem pemipaan kolam renang yang paling sering digunakan di Indonesia. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa macam sistem pemipaan :

  • Pemipaan Jalur Inlet

Jenis pemipaan inlet atau inlet fitting ini mensyaratkan air bersih hasil filtrasi untuk masuk ke dalam kolam renang melalui Nozzel Inlet. Dengan demikian inlet fitting berperan besar dalam sistem pemipaan jenis ini.

  • Pemipaan Jalur Vacuum

Pada jenis pemipaan jalur vacuum ini, pipa dirancang dan diarahkan untuk menyedot kotoran pada permukaan keramik yang ada di dasar kolam renang.

  • Pemipaan Jalur Maindrain

Pemipaan jalur maindrain ini membuat air dari bagian bawah atau lantai kolam yang kemudian dihisap menuju pompa kolam renang.

  • Pemipaan Jalur Overflow

Pemipaan pada jalur overflow ini secara sengaja membuat air dari Gutter mengalir dan turun ke arah Balancing Tank.

Sebenarnya masih banyak jalur pemipaan lainnya, akan tetapi kami akan membahas khusus jalur pipa paling efektif dan paling banyak digunakan, yaitu jalur inlet. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah fungsi, tips penempatan, cara menghitung kebutuhan inlet dan juga harga dari inlet fitting.

Fungsi Inlet Kolam Renang dan Macamnya

Pada dasarnya, kunci dari kebersihan air kolam terletak pada sistem sirkulasi airnya. Semakin baik instalasi dari sistem sirkulasi airnya maka juga akan semakin terjaga kualitas airnya. Untuk menunjang kinerja sistem sirkulasi dibutuhkan setidaknya satu sparepart mungil namun berperan sangat penting. Sparepart yang dimaksud adalah inlet fitting.

Fungsi dari inlet sendiri adalah sebagai lubang untuk mengalirkan air bersih ke dalam kolam yang telah melewati pompa dan sebelumnya telah disaring oleh filter. Beberapa inlet fitting yang sudah populer di pasaran saat ini di antaranya adalah merek hayward, astral dan juga waterco. Anda dapat memilih satu diantaranya untuk dipilih sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Keberadaan inlet fitting memiliki peran yang cukup vital dan tentunya sangat penting  dalam menjaga agar air kolam renang tetap bersih dan juga tidak tercemar. Jika pemasangannya salah dan bermasalah maka siap-siap saja Anda akan direpotkan dengan pemberian kaporit berkali-kali. Air kolam akan hijau, bau dan juga berlumut.

Pemasangan inlet fitting harus memperhatikan lokasi peletakannya termasuk juga jumlah titiknya. Jarak pemasangan ideal fitting untuk kolam renang yang cukup besar adalah kurang lebih 6 m dan titik pemasangannya berjarak 30 cm dari permukaan air.

Sebagai tambahan untuk meningkatkan kinerja sirkulasi air, sebaiknya pemasangan return inlet fitting dibuat menjadi 2 titik ; atas dan juga bawah. Tujuannya ialah agar sirkulasi kolam renang bisa menghasilkan air yang bersih menyeluruh. Sirkulasi air juga tidak hanya terjadi pada bagian atas saja namun juga pada dasar kolam menjadi bersih.

Penempatan Serta Cara Menghitung Inlet Kolam

Penempatan inlet fitting dalam hal ini return inlet yang berperan mengembalikan air bersih kembali ke kolam renang yang semestinya dilakukan dengan benar. Return inlet seharusnya diarahkan menuju ke saluran filter.

Apabila kolam renang Anda berbentuk persegi panjang, maka return inlet fitting dan juga skimmer harus ditempatkan pada sisi yang berlawanan. Jika return inlet/water inlet di kiri, maka water outlet harus berada di sisi kanan.

Tetapi jika kolam renang Anda berbentuk oval, maka posisikan inlet dan outlet dengan cara memasangkannya membentuk bidang segitiga. Sebaiknya untuk kolam renang model bulat disarankan untuk menggunakan dua return inlet supaya sirkulasi airnya menjadi sempurna. Untuk menghitung kebutuhan inlet fitting kolam renang, diperlukan beberapa elemen perhitungan, yaitu kapasitas pompa dan inlet-nya.

Suatu contoh ada satu pertanyaan tentang berapa titik nozzel inlet yang diperlukan pada satu kolam renang. Jawabannya adalah kapasitas satu set nozzel inlet biasanya berkisar antara 5 – 7 m3/jam, dan jika kapasitas pompa yang dimiliki sebesar 10 m3/jam, maka diperlukan dua set nozzel inlet dalam satu kolam renang tersebut.

Harga Inlet Fitting Merek Hayward

Setelah mengetahui tentang jenis fitting, fungsi dan cara penempatan inlet serta cara menghitung inlet dengan tepat, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui tentang berapa harga dari inlet fitting.

Untuk harga inlet hayward biasanya dibanderol dengan harga sekitar $ 11.00 atau setara dengan Rp. 165.000,- sementara untuk inlet merek astral dibanderol dengan harga $ 7 atau sekitar Rp. 105.000,- untuk setiap produknya.

Demikianlah ulasan mengenai inlet fitting, fungsi, cara penempatan dan menghitungnya serta harga dari inlet. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin membangung kolam renang. Klik kolambali untuk informasi kolam renang terbaik Anda dan keluarga.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !