14 Langkah Mengganti, Memasang, Lampu dan Trafo Kolam Renang Yang Benar

Sebagian orang dengan hobi berenang memiliki kolam pribadi di rumah. Meskipun begitu terkadang masih awam tentang cara perawatannya. Misalnya bingung saat bohlam penerangan bawah air aus dan harus diganti.  Tidak perlu menguras airnya, berikut 14 langkah mengganti, memasang, lampu dan trafo kolam renang yang benar.

Mengapa Perlu Memasang/Mengganti Lampu Kolam?

Selain menjadi tempat olahraga air dan memanjakan diri, kolam renang juga memiliki peran untuk menunjang eksterior rumah. Anda perlu memasang penerangan di sekitarnya supaya tampak lebih bagus sekaligus aman.

Jika area kolam renang gelap terlebih saat malam hari maka dapat berpotensi membahayakan anak-anak maupun orang dewasa yang tidak bisa berenang. Oleh karena itu, memasang lampu sebagai pencahayaan cukup penting untuk meningkatkan sisi keamanan.

Langkah-Langkah Mengganti, Memasang, Lampu dan Trafo Kolam Renang yang Benar

Menambah penerangan di area kolam mampu menciptakan suasana lebih hidup serta meningkatkan keamanan. Namun, karena berada di dalam air ada trik sendiri untuk melakukannya sebagaimana dalam 14 langkah mengganti, memasang, lampu dan trafo kolam renang yang benar di bawah ini.

1. Matikan Aliran Listrik Kolam

Umumnya kolam renang memiliki kotak sekringnya tersendiri. Oleh karena itu sebelum memasang atau mengganti lampu dan trafo Anda bisa mematikan seluruh daya aliran listrik penerangannya terlebih dahulu supaya lebih aman.

2. Pastikan Aliran Listrik Telah Putus

Pastikan dengan mencoba untuk menyalakan lampu kolam. Namun, cara ini kurang akurat mengingat jika ada konslet tertentu penerangan otomatis juga mati meskipun sebenarnya aliran listriknya masih terhubung.

Anda bisa menggunakan pompa sebagai indikator jika hanya terdapat satu lampu pada kolam tersebut. Matikan listrik kemudian coba nyalakan pompanya. Jika tetap mati berarti alirannya sudah benar-benar terputus.

3. Lepaskan Sekrup

Biasanya wadah lampu kolam renang menggunakan sekrup plus. Berdasarkan kebiasaan tersebut maka Anda juga harus menyiapkan tipe obeng yang sama untuk melepaskan sekrup di bagian atas wadahnya.

4. Lepaskan Wadah Lampu dari Dudukannya

Selain obeng plus Anda juga harus menyiapkan tipe minus. Alat ini berguna untuk mencongkel tempat pemasangan lampu dari kotak dudukannya. Awali prosesnya dengan melonggarkan bibir logam di bagian bawah wadah tersebut.

5. Keluarkan Wadah Lampu dari Kolam

Kabel penghubung dudukan dan wadah lampu umumnya memiliki panjang yang cukup bagi Anda untuk bisa menariknya keluar dari air ke permukaan. Setelah itu letakkan di pinggir kolam.

6. Lepaskan Lensa dari Wadah

Sebelum melonggarkannya, pada kolam renang lama terdapat sekrup yang harus Anda lepaskan terlebih dahulu. Sedangkan untuk model baru longgarkan bibirnya baru kemudian keluarkan lensa dari wadah.

Mengingat lensa penutup lampu rentan pecah sebaiknya gunakan handuk untuk melapisi area tempat Anda meletakkannya. Ini berguna meminimalisir terjadinya kerusakan.

7. Ganti Bohlam

Setelah melepas lensa dari wadahnya Anda bisa mengganti bohlam lama dengan yang baru. Pastikan untuk memasangnya dengan benar jangan sampai longgar.

8.Pastikan Lampu Menyala

Cobalah memastikannya dengan menghidupkan listrik sebentar. Hanya satu atau dua detik saja sudah cukup untuk mengecek apakah bohlam lampu yang baru tersebut sudah bisa menyala secara baik.

9. Matikan Listrik

Supaya aman hal ini perlu Anda lakukan sebelum memasang lensa dan merakit lampu ke dalam wadahnya kembali seperti sedia kala.

10. Pasang lensa

Rakit wadah lampu termasuk memasang lensanya kembali.

11. Pasang Sekrup

Jangan sampai ada satu sekrup pun yang tertinggal. Pasang semuanya lalu kencangkan seluruh bibir wadah lampu.

12. Periksa Kebocoran

Cobalah beberapa menit memasukkan wadah tersebut ke dalam air. Saat proses inilah Anda dapat memeriksa kebocoran sebelum memasangnya kembali pada dudukan lampu.

13. Masukkan Lampu ke Dudukan

Setelah melakukannya, Anda bisa memasang sekrup di bagian atas dudukan.

14. Hidupkan Lampu

Nyalakan listrik untuk memastikan bahwa lampu sudah terpasang dengan benar dan mampu bekerja.

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan saat Memasang Lampu Kolam

Sebaiknya pilih komponen serta penataan sesuai standar supaya  mendapatkan hasil penerangan maksimal. Terlebih perlu perawatan intensif untuk membuatnya lebih awet. Oleh karena itu simak hal-hal yang harus Anda perhatikan saat memasang atau mengganti lampu kolam di bawah ini.

1. Kabel Harus Sesuai

Mayoritas pemilik kolam enggan memasang penerangan underwater sendiri karena khawatir akan resiko listrik. Padahal jika pemasangannya sesuai standar maka pasti aman seperti instalasi lampu tidak menghabiskan lebih dari 12 volt dan kabelnya harus sesuai dengan angka watt LED.

Selain itu berikan sealant pada kabel yang masuk lampu hingga tertutup rapat supaya kemungkinan air untuk masuk kecil. Memastikannya terpasang dengan baik dapat meminimalisir terjadinya korsleting listrik.

2. Lokasi dan Posisi Pemasangannya

Ini perlu Anda perhatikan untuk mempermudah perawatan lanjutan lampu kolam. Sebaiknya pasang penerangan pada dindingnya sekitar 30 sampai 40 cm dari permukaan air sehingga tidak terlalu sulit diakses saat melakukan maintenance.

Selain menempelkannya pada dinding Anda juga bisa menanamnya di bawah keramik kolam renang. Posisi tersebut cukup tersembunyi sehingga tampak lebih rapi serta agar kabel tidak mudah geser maupun tersenggol ketika ada yang berenang.

3. Arah Pencahayaan

Jangan mengarahkan sorot cahaya lampu ke dalam rumah. Atur pencahayaannya ke luar seperti mengarah pada tembok atau area eksterior terbuka. Bukan hanya menyilaukan, sorotan ke dalam justru mengurangi estetika tampilan kolam dan taman di sekelilingnya.

Supaya tampilannya lebih bervariasi Anda bisa menambahkan lighting transformer. Hanya menggunakan remote controller warna pencahayaan di dalam kolam bisa berganti warna sesuai keinginan.

Demikian ulasan mengenai 14 langkah mengganti, memasang, lampu dan trafo kolam renang yang benar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!