Ukuran Standar Lintasan Kolam Renang Nasional Dan Internasional

Renang adalah salah satu olahraga populer yang sering diikutsertakan dalam perlombaan nasional hingga dunia. Dalam pelaksanaannya terdapat standar lintasan kolam renang untuk media kompetisinya. Pastinya sudah atas persetujuan FINA (Federation International de Natation Amateur).

Standar Kolam Renang Nasional Dan Internasional

Setiap induk olahraga tentu mempunyai organisasi masing-masing. Sedangkan secara dalam negeri sendiri ada Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Berikut beberapa ukuran lintasan kolam renang dalam perlombaan nasional dan Internasional.

1. Standar Ukuran Kolam Untuk Kompetisi Nasional

  • Ukuran panjang kolam ini 50 meter
  • Sedangkan lebar kolam renang 25 meter
  • Untuk kedalaman sendiri minimal 2 meter
  • Kemudian lebar tiap lintasannya 2,5 meter
  • Pada perlombaan ini berjumlah 8 lintasan
  • Ukuran temperatur air sekitar 25 C – 28 C

2. Standar Ukuran Kolam Untuk Kompetisi Internasional

  • Panjang ukuran kolam ini yaitu 50 meter
  • Untuk lebar kolam renang sendiri 25 meter
  • Jarak lebar tiap lintasannya 2,5 meter
  • Total lintasan kolam renang kompetisi 8 buah
  • Ukuran temperatur air sekitar 25 – 28 derajat C

Untuk kedalaman standar internasional ini minimal sekitar 1,35 m. Mulai dari 1,0 m jalur pertama, sampai minimum 6 m bila penghitungannya dimulai dari batas dinding kolam serta balok lintasan start. Pencahayaan yang digunakan sebesar 1500 lumen.

Perlu diketahui, untuk ukuran panjang, jumlah, luas dan lebar jalur pada perlombaan renang sekaligus suhunya, akan diatur sama dengan pada tingkat nasional. Bertujuan agar masing-masing peserta dapat menyesuaikan diri.

3. Jumlah Lintasan Kolam Renang Berdasarkan Tingkat Kompetisi

Dalam perlombaan, kolam renang dibagi menjadi tiga jenis, A, B dan C. Tipe A digunakan kejuaraan Asia Tenggara, Asia hingga tingkat dunia. Sedangkan B sebagai tanda kompetisi klub, provinsi sampai nasional. Simbol C untuk kabupaten atau kota.

Setelah mengetahui tipe-tipe di atas, lintasan yang akan digunakan dalam perlombaan yaitu A memasang 10 jalur, B dan C memakai 8 jalur renang di dalamnya. Sebagai pemanasan, pemasangannya berbeda-beda. Mulai dari 25 m hingga 50 m.

4. Jumlah Lintasan Kolam Renang Menurut Ukuran

Setiap perlombaan renang ukuran yang digunakan tentu berbeda-beda dilihat dari pesertanya. Lebar, kedalaman sampai panjangnya akan ditentukan pada jalur masing-masing. Maka dari itu, terdapat beberapa perbedaan jumlah.

Sesuai tipe, standar kolam renang mempunyai panjang, kedalaman dan lebar beragam. Jenis A 50m x 3m x 26 m lintasan terpasang 10 balok, tipe B 50 m x 1,35-2 m x 21 m ada 8 jalur. Sedang C, ukuran 50 m x 1,35 m x 21 m 8 sejumlah buah.

5. Marka Dan Tali Lintasan Kolam Renang

Marka ialah suatu batas tiap lintasan renang, yang mana harus diperhatikan oleh peserta lomba. Tujuannya agar tidak terjadi tabrakan antar perenang pada jalur telah ditentukan.sehingga kompetisi berjalan lancar.

Dalam pemasangannya gunakan warna gelap agar kontras dengan air. Berbahan permanen dengan lebar 20-30 m, panjangnya tergantung kolamnya, ukuran 50 m memakai marka 46 m, sedangkan 25 m menggunakan 21 m. Untuk tali harus berbahan anti karat, nantinya diikat pada dinding.

6. Papan Landasan Lintasan Renang

Fungsi utama dari papan landasan ini yaitu tempat melakukan start tiap peserta yang akan masuk ke dalam kolam. Ukurannya juga harus disesuaikan dengan standar yang ada, seperti luas 50 cm x 50 cm, tinggi dari permukaan 50 – 70 cm. Kemudian antar sudutnya maksimal 10 derajat.

Untuk kejuaraan dengan tipe A dan B, standarnya sesuai dengan FINA (Federation International de Natation Amateur), federasi olahraga renang berskala internasional. Bertujuan agar tak ada pihak yang merasa rugi serta berusaha adil terhadap tiap peserta. Itu adalah tujuan utamanya.

Khusus untuk jenis lomba renang bergaya punggung, tiap papan di landasan harus terdapat tongkat atau batang pegangan mengarah pada dasar lantai ketika start. Ukurannya mulai dari 30 cm – 60 cm di atas permukaan air. Kolam renang yang demikian hanya digunakan untuk kompetisi.

Demikian tadi beberapa ulasan singkat mengenai ukuran standar lintasan kolam renang nasional dan internasional. Selain itu juga ada jumlah lintasan hingga marka serta tali penanda saat kompetisi berlangsung. Supaya menambah wawasan dalam olahraga tersebut.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!