Kolam Renang Kontainer, Desain dan Kisaran Harga

Bagi Anda yang sempat mengikuti perkembangan konsep arsitektur dengan memanfaatkan barang-barang bekas, tentu sudah tidak asing lagi dengan inovasi kolam renang kontainer. Penemuan ini memang masih tergolong baru namun telah banyak orang mengaplikasikannya.

Tren Desain Kolam Renang Kontainer

Tren arsitektur menggunakan kontainer kini semakin berkembang pesat setelah penggunaannya untuk dijadikan cafe, rumah, hotel bahkan kantor. Kini selama beberapa tahun sudah dipopulerkan sebagai kolam renang kekinian yang tidak memerlukan banyak tempat sehingga sangat solutif bagi orang-orang

Bahan kontainer ini dipercaya lebih cepat dan murah dalam proses pembuatannya sehingga banyak orang memesannya untuk dijadikan berbagai macam peralatan atau bahkan ruangan. Kolam renang dengan konsep ini tentu menjadi ide baru dan menarik lantaran membuat warga kian penasaran.

Konsep penggunaan kontainer ini dikenal dengan sebutan Modpool. Menariknya hanya memerlukan sekitar 50% dari pembuatan kolam renang pada umumnya. Tentu hal ini sangat membuat orang tertarik untuk segera memasangnya meskipun tidak memiliki banyak lahan kosong.

Kelebihan dari Kolam Renang Kontainer

Anda bisa berkreasi apa saja untuk membuat kolam renang kontainer ini semakin menarik dan nyaman dinikmati meski cukup di rumah saja. Banyak orang mulai menambahkan sisi jendela kaca di bagian sampingnya sehingga tampak transparan dan artistik. Lantas apa saja kelebihannya?

1. Pemasangan Lebih Murah

Penggunaan material berupa kontainer tentu akan menghemat biaya. Anda tidak perlu melakukan pengerukan tanah sebagai langkah awal. Dimana tahapan ini pun memerlukan banyak waktu dan penuh pertimbangan mulai dari tekstur dan kualitas reratanya sehingga memang cukup merepotkan.

Lain halnya dengan penggunaan kontainer sebagai konstruksi utamanya. Anda bisa mendapatkan kualitas lebih bagus dan tentunya relatif awet tanpa harus melakukan pengerukan tanah terlebih dahulu. Tidak itu saja, pemilik pun dapat memiliki kolam renang meski lahan kosongnya cukup sempit.

2. Kolam Renang Inovasi Baru

Tentu penggunaan kontainer sebagai bahan utama proses pembuatan kolam renang tergolong masih baru. Ide ini dianggap sebagai penemuan menarik bagi orang-orang yang ingin memilikinya tanpa harus membutuhkan lahan kosong luas. Anda bisa memasangnya cukup di belakang pekarangan rumah.

Kolam renang kontainer ini dianggap menjadi suatu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh setiap bangunan. Tentu saja hal ini bisa membuat pemiliknya merasa lebih bangga dan nyaman akan keunikan tersebut karena masih sedikit masyarakat memiliki konsep arsitektur seperti ini.

3. Ramah Lingkungan

Menariknya lagi pemasangan kolam renang kontainer ini bisa dianggap ramah lingkungan. Alasan pertama karena selama proses pembuatan tidak memerlukan pengerukan tanah sehingga teksturnya tetap terjaga tanpa harus mengganggu ekosistem setempat.

Tidak hanya itu saja, pemasangan kolam renang kontainer ini tidak akan memerlukan banyak komponen seperti dek kayu. Upaya ini dianggap bisa mengamankan populasi hutan yang kian hari semakin menipis.

4. Bersifat Portable

Tentu hal ini belum Anda bayangkan sebelumnya. Kolam renang kontainer ini bisa dengan mudah dipindahkan ke lokasi lain ketika pemiliknya sedang berpindah rumah. Pastinya kelebihan ini sangat memudahkan mereka tanpa harus meninggalkan fasilitas pribadi di hunian yang lama.

Kolam renang kontainer ini dapat dipindahkan menggunakan truk besar untuk mengangkutnya. Langkah ini memang cukup merepotkan namun Anda tidak akan meninggalkannya di hunian lama dan berakhir harus membangunnya dalam keadaan baru.

Kisaran Harga Kolam Renang Kontainer

Beberapa kontraktor yang melayani pemasangan kolam renang kontainer akan membanderol harga mulai dari 75 juta sampai 95 juta sekaligus dengan proses instalasinya. Kisaran tarif ini dianggap lebih murah jika dibandingkan dengan konvensional dimana umumnya mencapai ratusan juta.

Harga pun akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya jika memiliki panjang 12 m dan lebar 2,5 m serta kedalaman 2,5 m cukup memerlukan 1 unit container. Sementara dimensi yang lebih dari 2,5 m maka bisa membutuhkan 2 bak untuk digabung menjadi satu.

Tahapan finishing dinding dan lantai biasanya akan menggunakan material berupa fiberglass yang diaplikasikan dengan ketebalan tertentu  minimal 3 mm. Tujuan dari pembuatan secara bergerigi adalah agar konstruksi lebih kokoh dan mampu menahan beban air.

Itulah tadi ulasan mengenai gaya arsitektur terbaru yakni kolam renang kontainer. Anda bisa mencobanya untuk menciptakan hunian yang unik dan kekinian tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!