fbpx

3 Tips Memasang Keramik Kolam Renang

 

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memasang Keramik Kolam Renang – Banyak orang mengira bahwa perhitungan detail mengenai komponen-komponen kolam renang tidak perlu terlalu diambil pusing. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa meskipun finishingnya dengan keramik, jumlahnya tidak akan terlalu banyak ataupun tidak perlu dihitung. Padahal setiap inch areanya pasti akan berpengaruh terhadap jumlah pembeliannya, yang pastinya otomatis akan berdampak pada biaya pengadaan.

Cara Memasang Keramik Kolam Renang yang Benar

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasang keramik kolam renang :

  • Perhitungan yang tepat akan dapat mencegah pembengkakan biaya

Tahukah Anda bahwa sebagian besar pembelian kebutuhan material seringkali perlu dilakukan pembulatan ke atas atau harus dilakukan sistem penambahan? Sebagai contoh ketika Anda membangun rumah type 36 maka apakah Anda membeli genteng dengan untuk kebutuhan seluas 6×6 meter saja? Tentu tidak, karena dengan demikian Anda akan merasakan pembengkakan biaya  jika ternyata perhitungannya salah.

Pembelian material semestinya dilebihkan, dengan tujuan untuk mengantisipasi kerusakan material baik saat pengangkutan maupun saat proses pengaplikasiannya. Hal yang sama juga berlaku untuk kebutuhan pada keramik kolam renang, yang jika tidak dilakukan perhitungan dengan tepat pastinya bisa menyebabkan overbudget yang membuat rugi pemiliknya.

  • Perhitungan yang tepat menjadikan waktu pengerjaan tidak terhambat

Inilah salah satu alasan pentingnya perhitungan kebutuhan material kolam renang dalam hal ini adalah keramik kolam renang yang menjadi bahan wajib yang perlu diperhitungkan jumlahnya. Biasanya stok material di suatu toko seringkali terbatas, ketika Anda membeli keramik dengan merek/jenis dan ukuran tertentu.

Jika suatu saat anda salah memperhitungkan dan di tengah pengerjaan Anda membutuhkan tambahannya lagi, mungkin sudah tidak sedia barang dengan varian yang sama seperti yang anda butuhkan. Oleh sebab itu, Anda harus menunggu untuk mendapatkan stok yang sama kembali.

Walaupun Anda bisa dan bersedia mencari keramik kolam renang yang sama di toko material lain, tetapi hal tersebut akan tetap memakan waktu dan juga tenaga Anda. Hal-hal tersebut yang perlu diantisipasi agar tidak sampai terjadi pada projek kolam renang Anda dan keluarga.

  • Perhitungan yang meleset dapat menjadikan keterpaksaan membuat warna lantai yang tidak seragam

Mengenai design tentunya Anda sudah pasti memikirkan warna ataupun corak dari keramik kolam renang yang akan Anda bangun. Tetapi perhitungan yang meleset tetap menjadi kendala, padahal hal tersebut adalah masalah teknis langsung di lapangan. Akibat dari kehabisan stok keramik dengan varian yang sama dengan sebelumnya, bisa menjadikan Anda terpaksa memasang keramik kolam renang berbeda corak dan juga warnanya.

Jika hal ini sudah menjadi bagian dari rencana Anda, mungkin tidak akan menjadi sebuah masalah bagi Anda, tetapi jika di luar hal tersebut terjadi diluar rencana anda tentu hal ini akan sangat memusingkan. Atas dasar itulah penting untuk memperhatikan perhitungan keramik secara tepat.

Selain perhitungannya, kita juga harus mengetahui jenis jenis keramik yang cocok untuk dipasang di kolam renang. Berikut ini jenis-jenis keramik dan juga tips menghitung kebutuhan keramik dengan tepat untuk kolam renang yang sesuai dengan keinginan. Kedua jenis keramik  kolam renang yang sedang tren di pasaran saat ini, adalah keramik roman dan juga kuda laut mas.

Keramik Roman memiliki kualitas yang bagus untuk dibuat sebagai bahan finishing kolam renang. Harganya juga cukup terjangkau, dengan nominal harga sekitar 140-150 ribu /m2. Sementara keramik kuda laut mas merupakan keramik kolam renang mozaik yang sedang populer saat ini. Kualitasnya juga sudah diakui secara nasional bahkan telah masuk ke pasar ekspor. Harganya sekitar 350-400 ribu/ m2.

Tips Menjaga Keramik Kolam Renang

Berikut ini tips memperhitungkan kebutuhan keramik dengan tepat :

  • Perhitungkan potensi keramik yang pecah, kemudian tambahkan toleransi penambahannya.
  • Perhitungkan keramik potongan yang pastinya dibutuhkan untuk tiap bagian sudut yang menyiku.
  • Perhitungkan juga ukuran nat keramik yang direkomendasikan

Nah, berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan keramik untuk finishing kolam renang :

Untuk menghitung kebutuhan keramik kolam renang, Anda bisa mulai menghitung luas area yang akan dipasangi keramik terlebih dahulu. Setelah itu, tentukan ukuran luas keramiknya.  Dari kedua data tersebut akan diketahui jumlah minimum keramik yang akan dipasang sekaligus diketahui total biaya pembeliannya.

Luas kolam renang = 4m x 10m = 40 m2

Misalnya Anda menggunakan keramik ukuran 20 cm x 20 cm

Untuk keramik ukuran 20 cm × 20 cm setiap 1 dus-nya berisi 25 pcs. Sementara itu total luas area yang tertutupi oleh setiap satu dus keramik adalah 1 m2.

Dengan demikian perhitungannya menjadi 40 : 1. Harga keramik ukuran 20×20 cm per dusnya sekitar Rp.145.000,- – 150.000,-, sehingga biaya yang dibutuhkan cukup sekitar Rp.6.000.000,-

Dalam menentukan kebutuhan keramik kolam renang, Anda juga bisa berpatokan pada panjang dan juga lebar aktual material. Anda bisa menemukan ukuran realnya dengan cara pengukuran manual atau dengan bantuan mesin sortir keramik. Karena terkadang luas aktual keramik tidak selalu tepat, bisa jadi kurang atau lebih beberapa mili-meter.

Di sisi lain, pemasangan nat nantinya juga perlu diperhatikan dengan detail. Pertimbangkan ukuran nat yang direkomendasikan oleh pabrik untuk jenis dan juga ukuran keramik kolam renang Anda. Dengan begitu, Anda akan menemukan perhitungan kebutuhan keramik yang lebih tepat sehingga mampu menghemat biaya, tenaga dan waktu.

Demikianlah penjelasan kami mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasang keramik pada kolam renang, jenis serta harganya. Klik kolambali untuk mendapatkan inspirasi kolam renang yang unik dan menarik.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !