fbpx

Panduan Memilih Batu Alam untuk Lantai dan Dinding Kolam Renang, cara pasang, merawat dan harga

Berenang dengan suasana alami tentunya sangat menyenangkan bukan? Itulah mengapa desain pool sekarang banyak berkonsep natural. Untuk membantu Anda mendapatkan material yang pas, Admin akan memberi panduan memilih batu alam untuk lantai dan dinding kolam renang.

Jenis Batu Alam yang Biasa di Gunakan untuk Lantai Kolam Renang

Batu alam dipilih menjadi bahan utama pembuatan kolam renang karena sisi estetikanya. Selain itu, material ini secara alami memang terbentuk dari proses natural sehingga lebih ramah lingkungan. Batuan tersebut biasa terbuat dari pengkristalan pasir, pembekuan lava, atau pemadatan debu.

batu alam untuk lantai dan dinding kolam renang

Namun, selain beberapa alasan diatas material ini banyak dipilih karena memimiliki daya tahan lama, tidak gampang terkikis air, serta anti retak jika dibandingkan bahan lantai dan dinding buatan seperti keramik. Tekstur batu alam yang tidak terlalu licin juga menjadi salah satu alasannya.

Berikut merupakan beberapa contoh jenis pilihan batu alam yang biasa digunakan untuk lantai kolam renang. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuha dan selera:

  1. Batu Hijau Sukabumi ( Salah satu jenis batu alam yg paling sering di gunakan di kolam renang

Batuan jenis ini paling banyak ditemui di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Material tersebut sering dipilih banyak orang karena keindahan warna hijaunya yang natural. Selain itu, bahan ini sangat cocok untuk lantai kolam renang sebab tidak memiliki tekstur licin.

Batuan hijau sukabumi dapat beradaptasi dengan suhu dan cuaca. Bahkan material tersebut juga tahan terhadap tekanan tinggi. Senyawa zeolit yang terkandung didalamnya pun memiliki manfaat dapat menjernihkan air kolam.

  1. Batu Alam Andesit

Batu andesit merupakan jenis batuan yang memiliki permukaan kasar berpasir. Jenis ini cocok dijadikan sebagai material pembuatan kolam renang Jakarta. Banyak pool di berbagai vila atau perumahan memakai bahan itu pada lantai atau dindingnya karena tidak licin.

Selain itu, material tersebut juga cukup kokoh, tahan lama, serta anti jamur ataupun lumut. Andesit bahkan memiliki tekstur dan pola cukup indah. Batuan alam berwarna abu-abu ini cukup mudah Anda dapatkan di toko bangunan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

  1. Batu Candi Merah

Batu candi merah terbentuk dari lava gunung berapi. Batuan satu ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan andesit, hanya saja berpori-pori lebih besar. Cocok digunakan untuk lantai kolam renang karena kuat serta tidak licin.

Karena memiliki pori-pori yang besar dan menyerap air lebih cepat, batuan ini cukup mudah ditumbuhi lumut serta jamur. Oleh karena itu perlu dilakukan coating tiap 6 bulan sekali untuk mencegahnya.

  1. Batu Alam Palimanan

Batu palimanan seringkali menjadi rekomendasi material dari kontraktor kolam renang Jakarta. Hal tersebut dikarenakan batuan ini memiliki banyak keunggulan. bahannya memiliki desain yang sangat cantik dan elegan. Terlebih dengan perpaduan warna krem serta batik coklat cantik.

Batuan ini cocok dijadikan sebagai lantai atau dinding kolam renang. Bentuknya fleksibel dan mudah dibentuk sesuai keinginan. Sayangnya palimanan dijual dengan harga cukup mahal, sehingga kurang cocok bagi Anda yang memiliki budget sedikit.

  1. Batu Cupang Merah

Batuan jenis sandstone satu ini memiliki kharakteristik yang cukup unik. Ketika dilakukan coating, permukaan batu berwarna pink tersebut akan berubah menjadi merah. Selain itu material berikut juga tergolong cukup langka karena proses pembuatannya rumit dan mahal.

Walaupun cukup langka, tetapi banyak jasa kolam renang Jakarta murah yang dapat menyediakannya untuk mempercantik kolam renang Anda. Terdapat pula berbagai macam motif dan finishing untuk dipilih.

  1. Batu Koral

Apabila Anda menginginkan desain kolam renang seperti sungai, batuan satu ini sangat cocok untuk dipilih sebagai lantainya. Koral merupakan batu-batu kecil berwarna coklat yang terbuat dari campuran fosil kerang, pasir, serta gamping.

Bahan tersebut memiliki keunggulan seperti tahan terhadap tekanan berat, cuaca ekstrem, serta suhu panas dan dingin. Selain itu, tekstur koral yang tidak rata juga membuat lantai kolam renang anti licin.

  1. Batu Sabak

Batu ini merupakan jenis yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Karena bukan bahan langka, sabak banyak dijual dengan harga tidak mahal. Material ini memiliki berbagai pilihan warna. Mulai dari hitam, biru donker, ungu, hijau lumut, hingga coklat tua.

Keunggulan lain yang dimiliki batuan ini ialah kokoh, tidak mudah bocor, gampang dirawat, serta tahan terhadap suhu panas. Oleh karena itu sabak sangat cocok dijadikan sebagai lantai atau dinding kolam renang Anda.

  1. Batu Granit

Granit merupakan salah satu jenis batu terkuat. Itulah mengapa material ini banyak dipilih oleh arsitektur sebagai dasar lantai atu dinding kolam renang. Karena daya tahannya, bahan tersebut tidak mudah retak serta tahan terhadap panas maupun cuaca esktrem.

Keunggulan lain yang dimiliki granit ialah anti gores dan licin. Karena pori-porinya kecil, membuat batuan jenis satu ini juga tidak mudah meresap air. Sehingga permukaannya menjadi tak berlumut ataupun berjamur. Sehingga Anda bisa menghemat biaya coating.

  1. Batu Paras Putih Jogja

Batuan satu ini sekilas terlihat seperti marmer. Namun, paras putih memiliki tekstur yang lebih kesat dan berpasir. Batuan berikut sangat cocok digunakan sebagai dasar kolam renang karena tahan air, anti licin, jamur, maupun lumut.

Walaupun memiliki tekstur berpasir, batuan satu ini tetap memiliki permukaan yang halus. Keunggulan lain yang dimilikinya yakni tidak mudah pecah dan awet.

Panduan memilih Batu Alam untuk Dinding dan Lantai Kolam Renang

Setelah mengetahui berbagai macam kharakteristik pilihan batuan, selanjutnya Anda dapat memilih serta mendesain material untuk dinding serta lantai pool idaman. Berikut merupakan langkah-langkah panduan memilih batu alam untuk lantai dan dinding kolam renang:

  1. Sesuaikan Design Kolam Renang dengan Rumah

Langkah pertama yang dilakukan yakni menyesuaikan desain kolam renang yang dipilih dengan gaya rumah. Penyesuaian tersebut diawali dari segi ukuran. Apabila hunian Anda kecil tentunya lebih cocok memiliki pool yang tidak terlalu besar.

Setelah itu pikirkan juga bentuk kolam renang yang cocok. Rumah-rumah besar lebih sesuai memiliki pool model persegi panjang dibandingkan oval. Kemudian sesuaikan pula dengan nuansa huniannya. Contohnya, bangunan minimalis lebih pas menggunakan material seperti andesit.

  1. Amati Kualitas Batu

Kualitas batu yang Anda pilih sangatlah penting. Hal tersebut menyangkut keawetan material untuk dipakai dalam jangka waktu lama. Pilihlah batuan dengan kriteria anti retak, tahan tekanan, mampu bertahan dalam segala cuaca, serta tidak mudah berjamur atau berlumut.

Perhatikan juga kebutuhan coating dari batu tersebut. Batuan yang memiliki kualitas daya tahan baik tidak perlu membutuhkan lapisan cat tambahan untuk membuatnya lebih awet.

  1. Pilih Ukuran batu Alam

Batu alam ini memilki berbagai macam ukuran. Jadi pastikan sebelum membeli batu alam pilih sesuai ukuran dan fungsi pemasangannya. Sebagai contoh jika batu alam di gunakan untuk lantai dan dinding kolam renang umumnya memakai ketebalan 1,5 cm ( ukuran panjang lebar sesuai ukuran pasaran ). Sedangkan jika di pasang di border, umumnya yang di gunakan adalah ketebalan 3 atau 5 cm. Berikut adalah ukuran batu alam yg ada di pasaran:

 

  1. Ukuran 5 x ( 30-50 cm ) x 1,4 – 1,5 cm ( Tebal )
  2. Ukuran 10 x 10 x 1,4 – 1,5 cm
  3. Ukuran 20 x 20 x 1,4 – 1,5 cm
  4. Ukuran 15 x 30 x 1,4 -1,5 cm
  5. Ukuran20 x 40 x 1,4 – 1,5 cm
  6. Ukuran 30 x 30 x 1,4 – 1,5 cm
  7. Ukuran 30 x 60 x 1,4 – 1,5 cm
  8. Ukuran 40 x 40 x 1,4 – 1,5 cm
  9. Ukuran 40 x 60 x 1,5 – 1,7 cm
  10. Ukuran 60 x 60 x 1,6 – 1,8 cm
  11. Ukuran 60 x 90 x 2 cm
  12. Ukuran 60 x 120 x 2 cm
  13. Pesanan khusus untuk ketebalan 3-5 cm
  1. Sesuaikan dengan Budget Anda

Pastikan semua desain dan pilihan material sesuai dengan anggaran Anda. Mintalah jasa pembuatan kolam renang Jakarta untuk memberikan rincian biaya lengkap sebelum proses pengerjaan kolam renang dimulai.

Apabila rincian budget milik mereka terlalu mahal, sampaikanlah beberapa penyesuaian yang dianggap lebih cocok dengan anggaran. Terdapat banyak pilihan kombinasi bahan serta desain kolam murah untuk mendapatkan hasil cantik.

Cara memasang, coating dan merawat Batu Alam, 

Pemasangan batu alam harus dilakukan dengan benar. Fungsinya untuk menjamin kekuatan lantai dan dinding kolam renang. Selain itu, material ini juga musti direkatkan sempurna. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga air kolam merembes keluar.

cara merawat batu alam
cara merawat batu alam

Sebelum memasang batu alam, permukaan lantai atau dinding terlebih dahulu dibobok. Batuan yang akan dipasang sebelumnya juga telah direndam dengan air untuk menjaga kelembapannya. Hal ini berfungsi untuk menghindari lumut atau jamur timbul karena penyerapan air terlalu cepat.

Proses pemasangan dilakukan mulai dari bagian bawah lantai atau dinding hingga ke atas. Rekatkan tiap bagiannya dengan semen dan berikan ganjalan agar susunannya tidak merosot.

  • Cara Coating Batu Alam untuk Lantai dan Dinding Kolam Renang

Sebelum melaukan coating, pastikan bahwa batu alam tersebut sudah dalam keadaan bersih dari berbagai macam kotoran, debu, atau sisa semen. Anda dapat membersihkannya menggunakan sikat kawat dan sabun. Hal ini bertujuan agar lapisan cat meresa dengan sempurna.

Setelah itu, baru bisa dilaksanakan pengecatan permukaan batu alam oleh kontraktor kolam renang Jakarta. Proses pelapisan tersebut dapat dilakukan dengan bantuan cat atu kompresor. Untuk hasil yang maksimal, ulangi sebanyak dua kali.

Kemudian tunggu cat kering kira-kira 15 hingga 20 menit. Pastikan semua lapisan telah menempel secara rata. Lakukan proses ini tiap 6 bulan sekali agar lantai dan dinding kolam renang tidak mudah ditumbuhi lumut atau jamur.

  • Cara merawat batu alam kolam renang

Cara merawat batu alam yang paling dasar adalah dengan rutin membersihkannya. Sebaiknya gunakan material lembut seperti spons atau sikat agar permukaan batuan tidak tergores. Pakai juga cairan air dan sabun ber ph netral untuk hasil lebih bersih.

Jika kotoran yang menempel membandel, gunakan sikat kawat untuk membersihkannya. Atau bisa juga memakai air semprotan berkekuatan cukup tinggi. Setelah itu bilas dengan air bersih dan tunggu hingga kering.

Setelah kering, tambahkan lapisan coating untuk membuatnya lebih tahan lama. Pilihan cat yang digunakan ada 2. Tipe doff bening atau mengkilap. Semua dapat disesuaikan dengan jenis batu alam serta selera Anda

Harga batu alam untuk kolam renang

Selain dijual langsung di tempat produsen atau toko bangunan, jasa kolam renang Jakarta murah juga menawarkan batu alam dengan harga yang cukup terjangkau. Setiap jenis material memiliki nominal bervariatif. Semuanya tergantung pada kualitas, motif, atau kelangkaannya.

Andesit merupakan jenis batuan yang memiliki harga paling murah. Untuk model susun sirih dipatok pada nominal Rp. 65.000. Sedangkan batu termahal yakni cupang merah. Hal tersebut disebabkan karena kelangkaan dan rumitnya proses. Untuk ukuran 30 x 30 saja dibanderol senilai Rp. 130.000.

Apabila Anda melakukan pembelian material dengan sistem borongan, tentunya harga yang ditetapkan menjadi lebih murah. Diskusikan potongan diskon tersebut bersama dengan penjual batu alam. Pembelian langsung ke produsen asli juga akan jauh berbiaya rendah.

Para pembaca sekalian, itulah beberapa panduan memilih jenis batu alam untuk lantai dan dinding kolam renang. Semoga informasi diatas membantu Anda dalam menentukan material serta desain yang pas bagi pool pribadi di rumah.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !