fbpx

6 Heater Pemanas Kolam Renang

Jenis – jenis Heater Pemanas Kolam Renang – Kolam renang merupakan salah satu tempat paling nyaman yang ada di sekitar area rumah, kolam renang juga semakin mengikuti perkembangan zaman. Kolam renang dengan penggunaan air hangat kini semakin banyak disukai dan digemari oleh anak anak maupun orang dewasa.

6 Heater Pemanas Kolam Renang
6 Heater Pemanas Kolam Renang

Sebagian dari kolam jenis ini menggunakan air hangat alami yang berasal dari alam. Sementara sebagian lainnya menggunakan penghangat buatan atau sebuah alat yang biasa disebut dengan heater.

Heater merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memanaskan atau menghangatkan air kolam hingga mencapai suhu tertentu sesuai dengan yang inginkan. Berbicara mengenai alat pemanas kolam, saat ini ada beberapa jenis heater kolam renang yang sangat digemari dan sudah tersedia di pasaran.

Selain itu, heater kolam renang juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, ukuran yang dipakai harus disesuaikan dengan ukuran kolam renang yang anda miliki. Semakin besar ukuran kolam renang, maka semakin besar kapasitas heater yang harus digunakan. Untuk lebih jelasnya, Berikut penjelasan mengenai jenis heater / pemanas kolam renang yang bisa anda pilih untuk melengkapi kolam renang anda.

Ada beberepa jenis alat pemanas air kolam renang yang bisa anda pilih. Semuanya tentu menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis-jenis heater tersebut, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Jenis-jenis Heater Pemanas Kolam Renang

Electric Heater

Jenis heater kolam renang yang pertama ini adalah heater elektrik. pemanas kolam renang jenis ini menggunakan energi listrik untuk memanaskan air kolam renang anda. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan elemen-elemen pemanas yang berada dalam mesinnya. Alat ini memiliki 2 tipe, yaitu instan electric water heater dan juga electric water heater yang biasanya dilengkapi dengan alat penampungan.

Cara kerja instan electrik water heater sangatlah sederhana. Air yang sudah dipanaskan heater akan langsung dialirkan ke dalam kolam renang. Sedangkan untuk water heater listrik dengan penampungan, cara kerjanya sedikit lebih kompleks karena air yang sudah dipanaskan, akan ditampung pada tempat penampungan. Untuk kemudian dialirkan ke kolam jika akan digunakan saja.

Air Conditioning Water Heater

Jenis heater atau pemanas untuk air pada kolam renang yang kedua yaitu air conditioning water heater. Alat pemanas ini bekerja menggunakan freon yang dibuang dari AC. Freon yang panas dialirkan ke heart exchanger sehingga akan memanaskan air dalam tanki penampungan. Kemudian, air akan keluar dari penampungan dalam keadaan yang hangat.

Heat Pump Water Heater

Yang ketiga adalah heat pump water heater. Pemanas air kolam jenis ini memiliki cara kerja yang mirip dengan air conditioning water. Keduanya sama-sama menggunakan Freon, tetapi untuk heat pump, heater sudah dirancang khusus untuk penghangat air. Sementara pada air conditioning water, heater memanfaatkan AC yang sudah ada sehingga ditampung pada penampungan.

Heater Kolam Renang dengan Gas

Jenis heater kolam renang selanjutnya adalah gas water heater. Penghangat ini menggunakan gas sebagai sumber energi untuk menghangatkan air untuk kolam renang. Gas yang digunakan bisanya berasal dari gas elpiji atau gas alam. Cara kerja mesin pemanas ini sama seperti kompor gas, yaitu dengan cara memanasi pipa tempat jalannya air. Sehingga, saat air keluar sudah dalam keadaan hangat.

Heater Kolam Renang, Pemanas dengan Tenaga Matahari

Selanjutnya, ada solar water heater. Seperti namanya, heater jenis ini memanfaatkan tenaga matahari sebagai pemanas alami. Cara kerjanya adalah dengan memanaskan air yang mengalir di pipa dengan bantuan energi dari matahari. Kemudian, air tersebut ditampung pada tempang penampungan sebelum akhirnya dipergunakan.

Solar Rubber Pool Heater

Jenis heater kolam renang yang terkhir, solar rubber pool heating. Heater kolam renang jenis ini bekerja dengan cara memanfaatkan tenaga matahari untuk memanaskan air. Cara kerjanya mirip dengan solar water heater. Hanya saja, pada heater ini, bagian kolektor panas matahari menggunakan panel karet. Alasan penggunaan panel karet itu sendiri karena panel tersebut relatif kuat dan juga tahan terhadap chlor atau zat kimia.

Demikian penjelasan jenis heater kolam renang yang bias dijadikan pilihan untuk anda yang ingin memiliki kolam renang dengan air hangat. Heater ini sangat cocok digunakan didaerah beriklim dingin, Konsultasikan dengan kontraktor kolam renang di jakarta jika anda menginginkan kolam renang yang terbaik.

 

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !