fbpx

Desain Kolam Renang Terlengkap Versi KolamBali

Belakangan ini kesadaran untuk memiliki kolam renang pribadi semakin menguat.  Banyak yang sudah memahami bahwa berenang merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan. Namun tantangan yang sering ada adalah kurangnya lahan yang tersedia untuk dijadikan kolam. Tak heran jika banyak arsitek yang merancangnya sesuai keinginan kliennya. Nah, di bawah ini ada beberapa model tempat berenang paling stylish di 2020. Maka disini saya akan berbagi tentang desain kolam renang terbaik dari kolambali yang dapat Anda terapkan di rumah atau lingkungan Anda.

Kriteria Desain Kolam Renang Terbaik Versi Kolambali

Ada berapa kriteria mengapa sebuah kolam renang dikatakan baik atau tidak. Salah satu aspek penilaiannya ialah berdesain indah. Tempat berenang tidak harus luas dan outdoor. Kolam minimalis pun bisa terlihat keren asalkan didesain elegan. Selain itu, ia harus aman serta nyaman saat digunakan.

Sebagai contoh, khusus kolam anak sebaiknya lebih diperhatikan faktor keamanannya. Tempat renang model bulat akan sangat sesuai karena relatif aman dibandingkan desain lainnya. Anda pun bisa menggabungkan antara space berenang si kecil dengan orang dewasa agar mudah mengawasinya.

Bicara tentang desain kolam renang, ada beberapa model desain yang bisa dijadikan referensi seperti roman style, 8 kolam, natural kolam serta rectangular kolam. Anda dapat memilih sesuka hati sambil memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti lahan dan biaya.

Pemilihan desain ini jadi faktor penting demi mendapatkan kolam renang terbaik. Jika memiliki lahan sempit, jangan memaksakan memilih model tempat renang yang membutuhkan lahan luas. Alih-alih, Anda bisa memilih model lainnya seperti gaya minimalis untuk ditempatkan di hunian kesayangan.

Berbagai Desain Kolam Renang Paling Dicari

Ada banyak sekali model kolam renang. Mulai dari desain minimalis hingga mewah yang menghabiskan lahan sangat besar. Tentu makin luas proyeknya, semakin menghabiskan biaya. Berikut ini adalah beberapa desain terbaik di tahun 2020:

  1. Rectangular Kolam

Ini adalah salah satu tipe kolam yang paling sering digunakan oleh orang. Bentuknya persegi panjang dan biasa diletakkan di sekitar rumah dengan tipe outdoor. Tempat renang model seperti itu sangat layak dijadikan pilihan bagi pemilik lahan luas. Ia memiliki keunggulan yakni mudah diletakkan di mana saja.

Desain kolam renang rectangular pool

Rectangular kolam itu cocok bagi segala usia. Jika membuat kolam untuk si kecil, Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran kolam sesuai umurnya. Apabila tertarik menggunakan desain kolam tersebut, siapkan lahan dan biaya berlebih. Tempat renang ini sesuai dengan pemilik rumah dengan halaman luas.

  1. Kolam dengan Taman Kecil

Ada lagi pilihan kolam terbaik di rumah yakni kolam with mini garden. Ini sangatlah cocok bagi para pecinta tanaman yang ingin memadukan kebun dengan tempat renang. Berenang akan terasa semakin menyenangkan karena pengguna bisa sembari melihat pemandangan taman sekitarnya.

desain kolam renang with mini garden

Anda bisa membuat desain menggunakan keramik biru agar saat siang hari warna kolam nampak indah diantara taman nan indah. Dijamin, pengguna dapat betah berlama-lama berenang di tipe tempat renang model ini. Adanya unsur alam di sekitarnya juga memberikan efek terapi bagi otak.

  1. Plunge Kolam

Ingin memiliki lahan terbatas namun tetap ingin mempunyai kolan renang? Tenang, Anda masih bisa mewujudkannya. Khusus untuk pemilik rumah minimalis, sebaiknya memilih plunge kolam. Tipe ini sangat cocok karena tidak terlalu memakan banyak tempat.

desain kolam rennag Plunge-Pools

Kolam ini memiliki ukuran cukup kecil. Meskipun demikian, banyak orang menggunakannya karena sifatnya fleksibel dan tidak mensyaratkan lahan luas. Mayoritas pengguna menempatkan tempat renang ini di lantai dua. Ia pun dapat dijadikan tempat bersantai yang menenangkan serta nyaman.

  1. Kidney Kolam

Selain plunge kolam, ada lagi kolam yang khusus ditunjukan untuk lahan tidak terlalu luas yaitu kidney kolam. Tempat renang ini memiliki bentuk menyerupai ginjal. Banyak orang menempatkannya di luar daripada dalam rumah. Keunggulan tipe tersebut ialah ia tidak memakan banyak lahan jadi dinilai praktis.

Desain kolam renang kidney pool

Model kolam kidney ini paling pas untuk anak-anak karena dinilai lebih aman. Ini terlihat dari desainnya yang tidak ada sudut lancip sama sekali Anda dapat menempatkannya di halaman rumah belakang. Selain itu, tambahkan beberapa kursi taman di sekitar area. Di sana orang tua bisa bersantai sambil mengawasi buah hati.

  1. Roman Kolam

Ada beberapa kolam yang indah dan unik, salah satunya yakni roman kolam. Tempat renang ini sekilas mirip dengan rectangular kolam. Namun, jika diamati dengan baik terdapat sedikit perbedaan yaitu pada bagian salah satu sisinya tersedia space tambahan untuk bersantai bersama.

Desain kolam renang roman pool

Gaya ini terinspirasi oleh Roman style sehingga nampak sangat unik. Desain tempat renang itu sangat pas digunakan orang yang memiliki rumah tipe klasik. Tipe kolam mini sebaiknya diletakkan outdoor agar pemandangan makin indah. Agar lebih stylish, tambahkan rerumputan di sekitar area agar lebih manis.

  1. Lazy T Kolam

Salah satu pilihan terbaik desain kolam renang ialah lazy T kolam. Model ini disukai karena ia bersifat multifungsi. Terlebih lagi, ia bisa didesain sesuai ukuran yang diinginkan baik minimalis atau super luas. Sama seperti namanya, tempat berenang ini dapat digunakan keluarga baik orang tua maupun anak.

desain kolam renang lazy t pool

Hal ini dikarenakan terdapat beberapa tingkatan kolam mulai dari yang dangkal hingga dalam. Adanya perbedaan tinggi air kola mini sangat parktis. Jadi, orang tua bisa ikut berenang sambil mengawasi anak-anak dari jauh. Dengan begitu, semua orang dapat melaksanakan aktivitasnya masing-masing.

  1. Kolam with Lazy River

Salah satu kolam terbaik di tahun 2020 yaitu kolam with lazy river. Untuk merealisasikan kolam tipe ini, Anda perlu merogoh kocek dalam sebab ia membutuhkan lahan sangat luas. Bentuknya seperti waterboom dengan bungalow dan tanaman yang sengaja ditanam di dekatnya.

desain kolam renang arus - lazy river pool

Tipe kolam ini sangat cocok untuk keluarga. Tempat renang dibuat menyerupai sungai-sungai kecil atau danau berukuran kecil. Desain tersebut hanya bisa direalisasikan jika Anda membuatkan lahan cukup besar. Agar kolam makin nyaman, tambahkan rerumputan hijau di area yang ditumbuhi pohon.

  1. Natural Kolam

Pilihan terbaik yang bisa digunakan untuk rumah idaman natural kolam. Kolam ini membuat tempat renang dengan memadukan unsur alam sehingga nampak lebih sejuk. Desainnya tidak terlalu rumit. Hanya saja, pembuat harus memasukkan bahan alami seperti bebatuan dan sedikit tambahan tanaman.

desain kolam renang alami - natural pool

Natural kolam ini sifatnya fleksibel. Anda dapat menempatkannya di sudut rumah atau di tempat lainnya sesuai selera. Bebatuan dapat digunakan untuk menghiasi pinggiran kolam. Selain itu, jalan sekitar pun bisa dihias menggunakan batu-batu kecil agar unsur alamnya lebih terasa.

  1. Circular Kolam

Ada lagi kolam desain desain terbaik di 2020 yaitu circular kolam. Tempat renang ini bisa dijadikan pilihan oleh para pemilik lahan terbatas. Bentuknya yang bulat menyebabkan ia cukup fleksibel saat dilletakkan di mana saja. Namun, umumnya sebagaian besar menempatkannya di tengah-tengah lahan.

desain kolam renang bulat - cyrcular pool

Kolam ini bisa diletakkan indoor maupun outdoor. Tempat renang itu dapat disesuaikan menurut ukuran yang dibutuhkan. Biayanya tidak terlalu mahal sebab desainnya cukup simpel dan tidak terlalu membutuhkan banyak tempat. Ia pun cocok digunakan untuk anak-anak.

  1. Oval Kolam

Jika Anda sedang bingung mencari model kolam aman dan tidak terlalu memakan biaya, mungkin oval kolam bisa menjadi pilihannya. Tempat renang model ini disukai banyak orang karena desainnya sangat simpel namun elegan. Modelnya yang sederhana itu cocok ditempatkan di rumah model minimalis.

desain kolam renang oval

Oval kolam ini bisa digunakan untuk kolam dewasa maupun anak-anak. Bentuknya yang simpel dan tanpa sudut ini membuatnya dinilai sebagai tempat renang dengan sistem pengaman baik. Anda dapat menyesuaikannya sesuai ukuran. Jika membuat mini size, sebaiknya gunakan skimmer agar kolam lebih terjangkau.

  1. Lap Kolam

Lap kolam ialah kolam yang memiliki bentuk persegi panjang. Ia berbeda dengan rectangular kolam sebab tempat renang ini relatif mini dan biasanya ditemui di berbagai tempat pusat kebugaran atau fitness. Bentuknya minimalis sehingga cocok diletakkan indoor maupun outdoor.

desain kolam renang memanjang - lap pool

Jika diletakkan outdoor, sebaiknya letakkan dengan arah sejajar dengan rumah dalam keadaan menempel dinding. Ini akan memberikan sedikit efek luas. Selain itu, apabila ditempatkan indoor, pastikan mendapatkan banyak cahaya agar kolam terasa nyaman dan menyehatkan pengguna.

  1. 8 Kolam

Kolam jenis itu sekilas mirip dengan kidney kolam, namun sebenarnya berbeda. Bentuk tempat tersebut menyerupai angka 8. Sebagian besar pengguna sering menempatkannya outdoor di sekitar rumah. Apabila menginginkan desain yang unik, ini bisa jadi salah satu pilihan.

desain kolam rennag delapan - 8 pool
luxury pool & spa

Kolam unik ini sangat cocok diletakkan di halaman luas. Agar sedikit rindang, Anda bisa menambahkan ornamen alami seperti bebatuan atau tanaman-tanaman yang hijau. Dengan demikian, kolam tersebut dapat membuat betah saat berenang bersama keluarga.

  1. Kolam with Jacuzzi

Ada lagi kolam elegan yang dapat dijadikan referensi yaitu kolam with jacuzzi. Kini Anda bisa membuat tempat berenang seperti di hotel-hotel bintang 5. Apabila tertarik dengan desain ini, siapkan saja sedikit dana berlebih sebab ia membutuhkan biaya tidak sedikit.

desain kolam renang dengan jaccuzi

Meskipun di awal pembangunan kolam sedikit mahal, tapi manfaatnya yang didapatkan sekelas dengan hotel standar internasional. Dijamin, kolam ini akan membuat Anda merasakan kemewahan kelas dunia. Tempat berenang dengan jacuzzi ini bisa ditempatkan di segala area baik indoor maupun indoor.

Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Lahan sempit merupakan sebuah tantangan nyata bagi hampir semua developer dan kontraktor kolam renang. Logis sih, karena mahal dan sulitnya mendapatkan lahan, apalagi yang ada di lingkungan kota. Maka desain kolam renang di lahan sempit menjadi sebuah keniscayaan yang harus diterapkan. Bagi yang belum terbiasa mungkin agak berat. Tapi bagi yang sering mengerjakan kolam renang terlengkap  ini, relatif lebih mudah.

desain kolam renang di lahan sempit
contoh desain kolam renang

desain kolam renang di lahan sempit

Pertama sebelum membuat gambar kolam renang di lahan sempit, biasanya kita harus melihat lokasinya. Baru  dari situ diputuskan akan seperti apa bentuknya. Jika di lahan sempit dengan luasan yang tidak terlalu besar, kita sarankan untuk menggunakan sistem skimmer. Jadi luasan yang tidak seberapa itu tidak perlu dikurangi lagi untuk pembangunan balancing tank.

Yang kedua mengenai bentuk konsep kolam renang di lahan sempit. Jika kolam renang yang normal biasanya berbentuk persegi panjang, maka bentuk kolam renang pada lahan yang terbatas dapat divariasikan. Yang sering digunakan adalah bentuk dan bentuk seperempat lingkaran. Bentuk tersebut ideal agar luasan lahan yang sedikit itu mampu dimanfaatkan secara optimal.

Desain Kolam Renang Mini

Kolam renang mini bukanlah kolam yang didesain untuk berenang, melainkan hanya untuk berendam alias jacuzzi saja. Karena itu, desain kolam renang mini lebih variatif dan fleksibel  dari desain kolam di lahan sempit. Meskipun begitu, pada prinsipnya, pembangunan kedua tipe kolam renang tersebut sama.

desain kolam renang mini

Sebuah model kolam renang mini juga lebih baik menggunakan sistem skimmer, karena akan lebih hemat lahan dan hemat biaya. Lagipula proses perawatan kolam renang mini menjadi  juga lebih mudah. Disamping bentuknya dapat divariasikan dengan lebih bebas, walaupun tetap membutuhkan imajinasi  yang kuat.

Desain kolam mini ini dapat dibuat bermacam-macam. Misalnya jika letaknya di sudut dapat dibuat bentuk L, seperempat lingkaran, atau koma. Jika bentuknya di tengah atau di ujung, dapat dibuat lingkaran. Malah, jika letaknya di dataran tinggi atau pada area yang miring, dapat dibangun menggunakan sistem semi over flow. Tipenya bisa dibuat infinity pool dengan balancing tank berada di sisi yang lebih rendah. Sangat futuristik dan eksotik.

Desain Kolam Renang Anak

Biasanya kolam renang mini sengaja dibangun di area private bukan untuk keperluan sendiri, melainkan untuk tempat bermain anak-anak. Karena itu bentuk kolam renang anak serupa saja dengan desain kolam renang mini. Yang perlu diperhatikan, biasanya kedalaman untuk kolam renank anak hanya sekitar 50 cm di bagian dangkal dan menurun sampai 1 m di bagian dalam.

desain kolam renang anak

Itu  kalau kolam renang mininya berbentuk persegi panjang. Jika kolam renang mininya berbentuk yang lain, kedalaman biasanya hanya berkisar antara 50 – 60 cm. Desain kolam anak juga perlu diberikan aksesoris-aksesori yang kaya akan warna dan menyenangkan. Karena sebenarnya ini bukan area renang, tapi area permainan saja.

Aksesoris-aksesoris yang dapat digunakan dalam desain kolam renang anak antara lain berupa air mancur dan tenda payung cerah. Bisa juga  dilengkapi alat permainan seperti ban karet berkarakter hewan, bola-bola kecil atau bola besar yang juga cerah, dan semacamnya. Tentu saja termasuk juga alat safety diperlukan dan selama anak bermain di  kolam, orang tua wajib ikut mengontrolnya.

Kolam Renang di Belakang Rumah

Kolam mini ataupun kolam renang anak bisa juga dibangun di samping atau di belakang rumah. Untuk membuat sebuah desain kolam renang di belakang rumah, tidak terlalu jauh berbeda dengan kolam renang mini. Karena ukuran halamn belakang rumah yang biasanya relatif kecil, maka kolam di belakang rumah umumnya hanya digunakan untuk berendam saja.

desain kolam renang di belakang rumah

Agar tidak terlalu merubah banyak kontur lahan, biasanya desain kolam renang di belakang rumah menggunakan dinding kolam yang dinaikkan. Jadi tidak seperti kolam renang umumya yang rata dengan  tanah, kolam renang mini tersebut memiliki dinding setinggi kira-kira selutut orang dewasa.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat desain kolam belakang rumah salah satunya tentu saja privasi dan keamanan pengguna. Karena letaknya yang mudah untuk diintip  oleh orang yang tidak bertanggungjawab, maka privasi dan keamanan harus diutamakan. Dapat dengan membangun dinding yang tinggi di sisi kolam. Atau memberikan pagar kawat berduri dan tanaman merambat di puncak pagar

Kolam Renang Umum

Berbeda dengan kolam renang pribadi, desain kolam renang umum biasanya relatif sama semua, berupa persegi panjang klasik dengan lebar dan panjang bervariasi. Sistem yang digunakan oleh kolam renang umum juga kebanyakan berupa over flow dengan balancing tank mengelilingi kolam. Balancing tank  ini biasa ditutup dengan ubin berlubang, sehingga mirip seperti saluran air di bawah trotoar.

desain kolam renang umum

Kolam renang umum yang berupa infinity pool biasanya berupa semi over flow dengan balancing terletak di sisi yang jauh. Ini memberikan efek bebas tak terbatas yang menyenangkan  untuk dirasakan. Karena itu malahan, hampir semua infinity pool menggunakan sistem semi over flow ini. Walapun ada juga infinity pool model jacuzzi yang menggunakan sistem skimmer atau over Flow.

Meskipun begitu, model kolam renang umum yang memang diperuntukkan dan digunakan oleh anak-anak, biasanya fleksibel. Bentuknya tidak selalu  kotak, melainkan kadang tepiannya melengkung. Tentu saja kedalamannya juga terbatas, berkisar antara 10 cm di tempat dangkal sampai 100 cm di  bagian terdalam. Sebenarnya ini kurang cocok untuk dikatakan  kolam renang, lebih cocok dinamakan kolam main atau kolam permainan.

Rekreasi dan Bersenang-senang

Desain kolam renang umum, karena diperuntukkan untuk rekreasi  dan bersenang-senang, memiliki aksesoris yang jauh lebih kaya. Paling jelas dan selalu ada di setiap tempat adalah seluncuran. Dari yang lurus, berkelok-kelok, hingga yang ekstrim, hampir semua ada. Atau fasilitas ombak dan arus untuk selancar, itupun harus juga didesain dengan teliti.

Tantangan  untuk membuat kolam renang umum sebenarnya berkaitan dengan 2 hal penting: kenyamanan dan keamanan. Karena pengelola perlu menjual manfaat dari kolam  ini, maka 2 hal ini harus dipenuhi. Jika tidak, maka kolam renang akan sepi, dan pengelola terancam gulung tikar.

Kriteria Memilih Desain Kolam Terbaik

Ada beberapa tips jitu untuk memperoleh kolam renang berkualitas di rumah. Pertama, pastikan Anda mengetahui luas lahan. Dengan mengetahui seberapa luas tempat, diharapkan pemilik dapat memperkirakan desain kolam apa yang bisa dijadikan pilihan terbaik.

Selain melihat lahan area sekitar rumah, pastikan Anda memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan. Kolam rectangular memang terkenal karena banyak orang memakainya. Namun, ia relatif kurang aman bagi si kecil. Selain memperhatikan hal itu, lihat pula aspek keindahannya.

Kolam tidak harus memiliki desain ribet, model minimalis yang rapi pun bisa terlihat elegan jika dilengkapi ornamen-ornamen tambahan seperti bebatuan dan tanaman hijau. Hal-hal sederhana dapat terlihat indah jika pemilik rumah pintar dalam menatanya.

Ada lagi kriteria penting memilih desain kolam yakni penyesuaian antara tempat berenang dengan model rumah. Jika kediaman Anda memiliki gaya modern, akan lebih baik jika menggunakan kolam berkonsep senada. Hal ini dilakukan demi menciptakan keselarasan antara hunian dan kolam renang

Untuk mencari inspirasi, desain pool terlengkap dari kolambali telah menyediakan semuanya. Berbagai macam jenis kolam dengan sistem lengkap dan peralatannya dapat langsung dinegosiasikan. Memang butuh kontraktor dan konsultan yang tepat untuk segala sesuatu. Dan mengenai masalah kolam renang, kolambali adalah ahlinya.

Nah, itulah beberapa desain kolam renang terbaik di tahun 2020. Memilih model tempat berenang memang tidak sulit. Namun, pastikan pilihan Anda tak hanya berdesain indah, namun memiliki sistem pengaman yang baik.

 

 

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !