fbpx

Desain Kolam Renang Terlengkap Versi KolamBali

Desain Kolam Renang Versi Kolambali

Belakangan ini kesadaran untuk memiliki kolam renang pribadi semakin menguat.  Banyak yang sudah memahami bahwa berenang merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan. Namun tantangan yang sering ada adalah kurangnya lahan yang tersedia untuk dijadikan kolam. Maka disini saya akan berbagi tentang desain kolam renang terlengkap dari kolambali yang dapat Anda terapkan di rumah atau lingkungan Anda.

Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Lahan sempit merupakan sebuah tantangan nyata bagi hampir semua developer dan kontraktor kolam renang. Logis sih, karena mahal dan sulitnya mendapatkan lahan, apalagi yang ada di lingkungan kota. Maka desain kolam renang di lahan sempit menjadi sebuah keniscayaan yang harus diterapkan. Bagi yang belum terbiasa mungkin agak berat. Tapi bagi yang sering mengerjakan kolam renang terlengkap  ini, relatif lebih mudah.

desain kolam renang di lahan sempit
contoh desain kolam renang

desain kolam renang di lahan sempit

Pertama sebelum membuat gambar kolam renang di lahan sempit, biasanya kita harus melihat lokasinya. Baru  dari situ diputuskan akan seperti apa bentuknya. Jika di lahan sempit dengan luasan yang tidak terlalu besar, kita sarankan untuk menggunakan sistem skimmer. Jadi luasan yang tidak seberapa itu tidak perlu dikurangi lagi untuk pembangunan balancing tank.

Yang kedua mengenai bentuk konsep kolam renang di lahan sempit. Jika kolam renang yang normal biasanya berbentuk persegi panjang, maka bentuk kolam renang pada lahan yang terbatas dapat divariasikan. Yang sering digunakan adalah bentuk dan bentuk seperempat lingkaran. Bentuk tersebut ideal agar luasan lahan yang sedikit itu mampu dimanfaatkan secara optimal.

Desain Kolam Renang Mini

Kolam renang mini bukanlah kolam yang didesain untuk berenang, melainkan hanya untuk berendam alias jacuzzi saja. Karena itu, desain kolam renang mini lebih variatif dan fleksibel  dari desain kolam di lahan sempit. Meskipun begitu, pada prinsipnya, pembangunan kedua tipe kolam renang tersebut sama.

desain kolam renang mini

Sebuah model kolam renang mini juga lebih baik menggunakan sistem skimmer, karena akan lebih hemat lahan dan hemat biaya. Lagipula proses perawatan kolam renang mini menjadi  juga lebih mudah. Disamping bentuknya dapat divariasikan dengan lebih bebas, walaupun tetap membutuhkan imajinasi  yang kuat.

Desain kolam renang mini dapat dibuat bermacam-macam. Misalnya jika letaknya di sudut dapat dibuat bentuk L, seperempat lingkaran, atau koma. Jika bentuknya di tengah atau di ujung, dapat dibuat lingkaran. Malah, jika letaknya di dataran tinggi atau pada area yang miring, dapat dibangun menggunakan sistem semi over flow. Tipenya bisa dibuat infinity pool dengan balancing tank berada di sisi yang lebih rendah. Sangat futuristik dan eksotik.

Desain Kolam Renang Anak

Biasanya kolam renang mini sengaja dibangun di area private bukan untuk keperluan sendiri, melainkan untuk tempat bermain anak-anak. Karena itu bentuk kolam renang anak serupa saja dengan desain kolam renang mini. Yang perlu diperhatikan, biasanya kedalaman untuk kolam renank anak hanya sekitar 50 cm di bagian dangkal dan menurun sampai 1 m di bagian dalam.

desain kolam renang anak

Itu  kalau kolam renang mininya berbentuk persegi panjang. Jika kolam renang mininya berbentuk yang lain, kedalaman biasanya hanya berkisar antara 50 – 60 cm. Desain kolam renang anak juga perlu diberikan aksesoris-aksesori yang kaya akan warna dan menyenangkan. Karena sebenarnya ini bukan area renang, tapi area permainan saja.

Aksesoris-aksesoris yang dapat digunakan dalam desain kolam renang anak antara lain berupa air mancur dan tenda payung cerah. Bisa juga  dilengkapi alat permainan seperti ban karet berkarakter hewan, bola-bola kecil atau bola besar yang juga cerah, dan semacamnya. Tentu saja termasuk juga alat safety diperlukan dan selama anak bermain di  kolam, orang tua wajib ikut mengontrolnya.

Kolam Renang di Belakang Rumah

Kolam mini ataupun kolam renang anak bisa juga dibangun di samping atau di belakang rumah. Untuk membuat sebuah desain kolam renang di belakang rumah, tidak terlalu jauh berbeda dengan kolam renang mini. Karena ukuran halamn belakang rumah yang biasanya relatif kecil, maka kolam di belakang rumah umumnya hanya digunakan untuk berendam saja.

desain kolam renang di belakang rumah

Agar tidak terlalu merubah banyak kontur lahan, biasanya desain kolam renang di belakang rumah menggunakan dinding kolam yang dinaikkan. Jadi tidak seperti kolam renang umumya yang rata dengan  tanah, kolam renang mini tersebut memiliki dinding setinggi kira-kira selutut orang dewasa.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat desain kolam renang di belakang rumah salah satunya tentu saja privasi dan keamanan pengguna. Karena letaknya yang mudah untuk diintip  oleh orang yang tidak bertanggungjawab, maka privasi dan keamanan harus diutamakan. Dapat dengan membangun dinding yang tinggi di sisi kolam. Atau memberikan pagar kawat berduri dan tanaman merambat di puncak pagar

Kolam Renang Umum

Berbeda dengan kolam renang pribadi, desain kolam renang umum biasanya relatif sama semua, berupa persegi panjang klasik dengan lebar dan panjang bervariasi. Sistem yang digunakan oleh kolam renang umum juga kebanyakan berupa over flow dengan balancing tank mengelilingi kolam. Balancing tank  ini biasa ditutup dengan ubin berlubang, sehingga mirip seperti saluran air di bawah trotoar.

desain kolam renang umum

Kolam renang umum yang berupa infinity pool biasanya berupa semi over flow dengan balancing terletak di sisi yang jauh. Ini memberikan efek bebas tak terbatas yang menyenangkan  untuk dirasakan. Karena itu malahan, hampir semua infinity pool menggunakan sistem semi over flow ini. Walapun ada juga infinity pool model jacuzzi yang menggunakan sistem skimmer atau over Flow.

Meskipun begitu, model kolam renang umum yang memang diperuntukkan dan digunakan oleh anak-anak, biasanya fleksibel. Bentuknya tidak selalu  kotak, melainkan kadang tepiannya melengkung. Tentu saja kedalamannya juga terbatas, berkisar antara 10 cm di tempat dangkal sampai 100 cm di  bagian terdalam. Sebenarnya ini kurang cocok untuk dikatakan  kolam renang, lebih cocok dinamakan kolam main atau kolam permainan.

Rekreasi dan Bersenang-senang

Desain kolam renang umum, karena diperuntukkan untuk rekreasi  dan bersenang-senang, memiliki aksesoris yang jauh lebih kaya. Paling jelas dan selalu ada di setiap tempat adalah seluncuran. Dari yang lurus, berkelok-kelok, hingga yang ekstrim, hampir semua ada. Atau fasilitas ombak dan arus untuk selancar, itupun harus juga didesain dengan teliti.

Tantangan  untuk membuat kolam renang umum sebenarnya berkaitan dengan 2 hal penting: kenyamanan dan keamanan. Karena pengelola perlu menjual manfaat dari kolam  ini, maka 2 hal ini harus dipenuhi. Jika tidak, maka kolam renang akan sepi, dan pengelola terancam gulung tikar.

Untuk mencari inspirasi, desain kolam renang terlengkap dari kolambali telah menyediakan semuanya. Berbagai macam jenis kolam dengan sistem lengkap dan peralatannya dapat langsung dinegosiasikan. Memang butuh kontraktor dan konsultan yang tepat untuk segala sesuatu. Dan mengenai masalah kolam renang, kolambali adalah ahlinya.

 

 

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !