Dampak Dan Bahaya Berenang Di Kolam Renang Umum

Olahraga memanglah baik bagi kesehatan serta juga bagus untuk tubuh seseorang. Apalagi jika dilakukan dengan benar. Tapi, siapa sangka ternyata dibalik itu semua ada resiko yang mengintai setiap orang, seperti bahaya berenang di kolam renang umum.

Beberapa Dampak dan Bahaya Berenang di Kolam Renang Umum

Aktivitas di pemandian memanglah seru dan mengasyikkan. Namun perlu diperhatikan juga setiap potensi resiko bagi kesehatan seseorang, entah secara langsung ataupun di  waktu akan datang. Berikut beberapa dampak dan bahaya berenang di kolam umum.

1. Kolam Renang Bersih Tapi Bahaya

Ketika berada di kolam renang, kemudian Anda merasakan ada bau klorin, sebaiknya urungkan niat untuk berenang. Jika zat tersebut sudah bercampur menjadi satu pada air, kotoran dan lainnya, nantinya berbahaya bagi tubuh. Secara ilmiah disebut Kloramin.

Kandungan klorin tersebut bisa mengakibatkan mata perenang memerah dan merasa seperti tersengat. Meskipun secara tampilan luar air kolam tersebut terlihat bersih dan jernih, sebenarnya kotor dan tidak sehat. Banyak kuman dan bakteri yang terdapat di dalamnya.

2. Hindari Kencing di Dalam Kolam Renang

Hal selanjutnya yang perlu jadi perhatian masyarakat umum adalah jangan buang air kecil di kolam renang. Terkadang seseorang ketika sudah menceburkan diri, sudah merasa tanggung naik lagi untuk kencing sebentar. Sebenarnya kurangi kebiasaan buruk seperti itu.

Sebuah studi menerangkan bahwa, kencing jika bercampur dengan keringat dan klorin dalam satu tempat akan menimbulkan racun berbahaya. Efek yang didapat yaitu seseorang akan mengalami infeksi kulit, dermatitis dan bintil-bintil merah pada tubuh. Selain itu, kandungan zat kimia lainnya juga tidak baik bagi kesehatan.

3. Banyak Terdapat Kuman

Banyaknya orang yang melakukan aktifitas di kolam, entah berenang atau hanya sekedar duduk-duduk dengan kaki masuk ke air. Semuanya menyebabkan adanya komponen bahan tercampur di dalamnya. Paling sering ditemui yaitu adanya kuman dan bakteri.

Tak bisa dipungkiri lagi, ketika berenang di kolam Anda akan bersandingan dengan banyak orang yang mempunyai riwayat kesehatan berbeda-beda. Sehingga resiko akan terpapar penyakit begitu besar. Seperti gatal-gatal pada kulit, hingga cacingan.

4. Infeksi Pernafasan

Dampak negatif dari berenang di kolam renang umum selanjutnya yaitu terkena infeksi pernafasan. Faktor utamanya karena ada bakteri legionella yang berkembang biak pada perairan kurang terjaga kebersihannya. Akibatnya seseorang akan merasakan demam, sakit kepala.

Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu kondisi air kolam ketika hendak berenang, pastikan terjamin kesehatan, higienis serta kebersihannya. Hati-hati dalam menentukan tempat yang akan digunakan beraktifitas. Usahakan tidak bercampur banyak orang.

5. Muntaber

Terlalu sering mengunjungi kolam renang umum, mengakibatkan seseorang mudah untuk terpapar beberapa kuman atau bakteri, dan menimbulkan adanya penyakit. Salah satunya yaitu terkena Muntaber. Hal demikian banyak ditemukan pada orang selepas dari pemandian.

Dampak yang didapatkan ketika terkena Muntaber, yaitu menyebabkan adanya pembengkakan pada usus. Setelah itu, timbul serangkain penyakit lainnya seperti gejala pencernaan, sebut saja diare, muntah dan sakit perut. Bahkan demam yang berlangsung selama 5-10 hari.

Tips Ketika Akan Berenang

Untuk menghindari segala resiko buruk yang ada dari aktivitas berenang di kolam renang umum, dimana bisa berimbas pada kesehatan seseorang. Alangkah baiknya mengetahui beberapa tips agar menjadi pelajaran bersama. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Survey Lokasi Kolam Renang

Pada zaman sekarang, kolam renang sudah banyak tersebar dimana-mana. Alangkah baiknya sebelum berenang Anda memastikan lokasi dahulu. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui keadaan sebenarnya.

Pastikan air kolam renang terjamin kebersihan serta kejernihannya, agar Anda bisa leluasa bermain tanpa perlu khawatir akan resiko. Kemudian, ketika di lokasi pemandian, terapkan perilaku hidup sehat. Untuk mencegah segala penyakit.

2. Gunakan Pelindung Mata Dan Telinga

Saat menceburkan diri ke kolam renang, jangan sampai lupa untuk memakai kacamata renang. Selain menjernihkan penglihatan di dalam air, juga bisa menghindari iritasi pada mata karena kandungan kaporit. Gunakan yang sesuai.

Tak hanya itu, selain kacamata renang, penggunaan pelindung telinga juga sangat diperlukan. Bertujuan meminimalisir masuknya air kolam ke tubuh melalui indera pendengar. Sebab bila terjadi, dapat mengganggu organ di  dalamnya.

Sebenarnya masih banyak sekali dampak dan bahaya berenang di kolam umum lainnya. Oleh karena itu, bagi pengelola pemandian, usahakan adanya kontroling berkala, mulai dari membersihkan kolam hingga penambahan anti bakteri.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!