Cara Melakukan Coating Kolam Renang

Sebelum memastikan ingin membuat sebuah pemandian, prediksikan juga kemungkinan terjadinya kebocoran. Banyak orang masih belum mengetahui tentang waterproofing, sehingga rembesan ditemukan dimana-mana. Sebaiknya Anda perlu melakukan coating kolam renang.

Apa Itu Coating?

Secara bahasa coat memiliki arti melapisi atau menutupi. Jadi coating adalah sebuah teknik pelapisan pada bibir kolam renang agar kokoh dan terlihat menarik. Saat ini, sudah mulai banyak masyarakat yang menggunakan batu alam dengan menerapkan cara tersebut.

Alasan mengapa memilih batu alam, sebab termasuk bahan yang mudah diatur serta membersihkannya, selain itu juga kuat. Item tersebut mulai dicari setiap orang karena memiliki banyak pilihan yang menarik. Tetapi Anda harus benar-benar jeli dalam menentukan jenisnya.

Setiap batu alam yang digunakan, memiliki jenis, corak serta karakter berbeda-beda. Biasanya bahan yang cocok dijadikan plasa (bibir kolam) adalah Batu Palimanan, Andesit, Paras Putih Jogja dan lainnya. Mengapa demikian, sebab material tersebut memiliki kekokohan yang baik.

Proses Coating Batu Alam

Sebelum melakukan proses coating, pastikan batu alam dalam keadaan bersih dari debu, kotoran atau sisa kotoran menempel. Sebaiknya Anda menyikatnya terlebih dahulu menggunakan penggosok. Bila sulit dihilangkan, bisa memakai sikat berbahan kawat ditambah sabun.

Jika batu alam sudah benar-benar bersih, proses coating bisa segera dilakukan. Langkah awal yaitu dengan melapisi batuan tersebut. Caranya hampir sama seperti mengecat dinding. Anda dapat menggunakan alat bantu berupa kuas, untuk memudahkan kerjanya.

Bila menginginkan hasil maksimal, ketika proses pelapisannya Anda dapat menyemprotkan bahan coating pada batu alam menggunakan mesin kompresor. Supaya cairan tersebut bisa merata ke seluruh bagian. Pastikan tidak ada area yang terlupakan.

Manfaat Coating Batu Alam

Sebenarnya ketika akan memutuskan untuk melakukan coating, Anda harus mengetahui manfaatnya. Agar nantinya bisa lebih yakin dan merasa puas. Tujuannya adalah sebagai pelindung serta pelapis batu alam di lokasi kolam renang.

Sehingga dengan proses tersebut, air tidak akan mudah masuk ke pori-pori dan menjadikan batu tidak cepat terkikis. Tak hanya itu, menghindari akan tumbuhnya tanaman lumut yang bersifat merusak keadaan material sekitar. Sinar matahari juga dapat terhalang secara langsung.

Manfaat akan adanya teknik coating selanjutnya yaitu untuk lebih menonjolkan serta mempertegas corak batu alam tersebut. Maka dari itu, saat menentukan jenis serta warnanya pilihlah yang benar-benar bagus. Agar tampilan tetap terjaga secara alami.

Berapa Lama Batu Alam Di Coating Kembali?

Proses coating sebaiknya dilakukan ketika musim panas tiba, dengan begitu cairan yang telah dilapiskan bisa segera cepat kering. Besoknya Anda sudah bisa melihat hasil. Untuk memastikan lapisan sudah rata atau belum, perlu pengecekan ulang agar tidak ada yang tertinggal.

Untuk proses menggunakan coating kembali, alangkah baiknya jika Anda melakukan secara berulang-ulang. Paling sering yaitu 6 bulan satu kali atau bahkan setahun sekali. Hal tersebut bertujuan supaya batu alam tetap terjaga dari tumbuhan lumut.

Selain itu, setiap batu dengan jenis beda-beda, proses coating juga tidak sama. Anda dapat menyesuaikan ukuran kerasnya serta pori-pori yang dimiliki material tersebut. Maka dari itu, gunakan bahan yang berkualitas dan terjamin keamanannya.

Cara Waterproofing Kolam Renang Beton Sistem Coating

Ketika membangun kolam renang, jangan sampai lupa untuk melakukan proses waterproofing. Langkah tersebut bertujuan untuk menghindari kolam renang dari kebocoran yang sering terjadi.Agar nantinya kerusakan bisa diminimalisir.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membasahi beton kemudian membersihkannya menggunakan spons atau kain lap. Bila menginginkan hasil maksimal, bisa juga dengan alat kompresor. Supaya segala kotoran dan debu hilang seluruhnya.

Setelah dipastikan bersih, segera olesi beton yang hendak ditutupi dengan bahan pelapis. Cara mengolesi cairan waterproofing bisa memakai alat bantu kuas, agar merata menyeluruh. Lakukan secara berulang-ulang pastikan tidak ada yang tertinggal.

Ketika belum kering, Anda dapat melapisinya kembali sebanyak 2 lapis. Jika terdapat sudut atau bagian lain yang memerlukan penambalan, bisa melakukannya hingga 3 kali. Supaya cairan waterproofing semakin kokoh, kuat sehingga tidak mudah terjadi kebocoran.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara melakukan coating kolam renang menggunakan batu alam dan beton. Anda dapat menerapkannya di rumah atau tempat lainnya, dengan tujuan untuk menghindari potensi kebocoran dan rembesan air.

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!