Panduan dan Konsep Bisnis Water Park / Waterboom, Contoh Proposal, Analisa Bisnis dan RAB

Bukan hal mudah untuk menyulap lahan kosong menjadi sebuah kolam renang dengan banyak permainan air. Untuk Anda yang terjun di bidang usaha ini, perlu memperhatikan beberapa hal dalam memulai bisnis waterpark.

Panduan dan Konsep Bisnis Waterpark

Simak berikut ini beberapa panduan dan konsep waterpark/waterboom:

1. Belajar Kepada Orang yang Berpengalaman

Untuk memulai bisnis waterpark, pertama Anda harus mencari referensi dari orang yang mempunyai banyak pengalaman di bidang usaha ini. Mereka yang lebih dulu terjun otomatis sudah memahami up and down serta tips yang bisa dijadikan pedoman.

Selain lebih banyak wawasan, jiwa bisnis Anda juga akan lebih termotivasi. Jangan ragu untuk meminta pendapat orang yang lebih ahli. Tanyakan mengenai apapun seperti cara memilih kontraktor, pembuatan, sampai pemakaian budget yang efisien.

Wajib Baca:

2. Identifikasi Desain Waterpark

Selanjutnya Anda harus mengetahui model dan desain permainan air yang banyak diminati. Mulai dari seluncuran, air mancur, dan wahana lainnya. Hal ini akan memberikan pandangan tentang prospek bisnis kedepannya, apakah jangka panjang atau hanya musiman.

Jangan mudah tergoda dengan tren waterpark yang sedang booming. Karena banyak peminat bukan berarti prospek bisnis bisa berjangka panjang. Sebaiknya memunculkan ide kreatif dan inovatif dengan ciri khas unik serta berbeda dari yang lain.

Sedang mencari jasa pembuatan desain waterpark? Silakan hubungi Nomor Whatsaap di bawah!!

3. Standarisasi Waterpark

Ketika telah memutuskan untuk terjun di bisnis waterpark, pastikan Anda yakin tentang kelayakan pakai wahana air untuk penggunanya. Untuk mengetahuinya, hal ini bisa dikonsultasikan pada penyedia jasa kontraktor, ataupun rekan bisnis.

Anggaplah tanggapan tersebut sebagai sarana untuk berinovasi lebih baik lagi. Jika memiliki banyak masukan, maka Anda akan memiliki banyak ide-ide segar yang menunggu untuk direalisasikan dan dikembangkan. Ini tentu akan menjadi hal baik untuk usaha Anda kedepannya.

RAB Bisnis Waterpark / Waterboom

Bagi Anda yang berencana membuka bisnis wahana air ini, maka perlu mengetahui dan memahami RAB dan berapa dana yang dibutuhkan. Berikut ini Rincian Anggaran Biaya usaha waterpark dari awal sampai beroperasi:

1. Pembebasan Lahan

Modal utama untuk membuka usaha waterpark adalah ketersediaan lahan yang luas. Anda bisa mendapatkan dari membeli lahan atau sudah hak milik sendiri. Biasanya harga di perkotaan diukur per meter dan lebih mahal dari daerah pedesaan. Biaya pembebasan di desa sekitar Rp 200 juta.

Sementara jika memiliki lahan kosong dengan ukuran tak terlalu luas, Anda bisa memanfaatkannya untuk usaha waterpark mini khusus anak-anak. Bisa dimulai dengan 1 kolam renang ukuran 6 x 11 cm dan kedalaman sekitar 50 sampai 70 cm.

2. Pembangunan

Dalam membuat waterpark/waterboom, Anda harus mempertimbangkan seluruh pembangunan. Mulai dari berbagai wahana permainan air sampai fasilitas pendukung lainnya seperti kantin, toilet, tempat penitipan barang, kamar ganti, dan sebagainya.

Selain itu untuk pembuatan waterpark tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Anda membutuhkan tenaga ahli di bidang ini agar bangunan kolam renang mudah dirawat, tahan lama, dan selalu dalam kondisi baik. Biaya pembangunan  dengan fasilitas lengkap biasanya ditaksir mencapai Rp 600 juta.

4. Pembuatan Surat Perizinan Usaha

Setelah tersedia lahan dan persiapan pembangunan, berikutnya adalah mengurus surat ijin usaha waterpark di Dinas Pariwisata Kota atau Kabupaten setempat. Hal ini menjadi penting karena untuk menjamin legalitas usaha dan agar tidak ada yang menggugat bisnis Anda.

Selain membuat surat izin, Anda juga harus melengkapi persyaratan pendirian usaha surat pembuangan dan pengolahan limbah, pemanfaatan air tanah, surat izin keramaian, dan lain sebagainya. Biaya pembuatan perizinan sekitar Rp 500 ribu.

5. Biaya Operasional

Setelah usaha berdiri, untuk menjalankan operasional bisnis waterpark, pasti membutuhkan para karyawan. Mulai dari bagian penjaga tiket, parkir, keamanan, penjaga counter makanan minuman, dan lain-lain. Anda bisa menganggarkan gaji pegawai perbulan senilai Rp 15 juta sesuai UMR.

Selain gaji karyawan, biaya operasional ini juga meliputi biaya perawatan waterpark, listrik, air, dan pajak perusahaan. Total biaya operasional per bulan Anda setidaknya menyediakan budget Rp 18 sampai 19 juta.

Contoh Proposal

PENDAHULUAN

Pesatnya pembangunan di Kabupaten dan Kota berdampak pada kemajuan sistem perekonomian masyarakat. Pemukiman penduduk, lokasi industri perdagangan, usaha hunian, dan pendidikan sudah cukup banyak. Dalam hal ini maka dirasa perlu memberikan sarana prasarana hiburan atau rekreasi.

Ironisnya, pemerintahan daerah seakan-akan tidak ada niat untuk melakukan penyedian kebutuhan hiburan bagi warganya. Padahal, jika dilihat dari strata sosial, masyarakat didominasi oleh golongan menengah ke bawah. Seperti umumnya orang perkotaan yang sibuk dengan padatnya aktivitas.

LATAR BELAKANG

Salah satu wahana hiburan dan tempat refreshing yang paling digemari sejak dulu hingga sekarang adalah kolam renang (Waterpark). Berenang adalah olahraga yang baik khususnya bagi kesehatan dan kebugaran jasmani. Apalagi aktivitas sehat ini diimbangi dengan banyak permainan yang bisa dilakukan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga di air dengan tinggi sejajar dengan pinggang akan mengurangi ketegangan per sendiri sampai 50%. Jika dilakukan sebatas dada bisa melebihi 70%. Dengan demikian, beragam manfaat bisa diperoleh dari aktivitas menyehatkan tubuh ini.

TUJUAN

Merujuk kepada uraian di atas, maka menyediakan lokasi hiburan semacam kolam renang dengan banyak wahana permainan air adalah pilihan yang tepat. Tempat ini bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang dewasa. Usaha ini memiliki prospek ke depan yang bagus.

Dengan modal usaha yang besar ataupun terjangkau, tentu tidak akan mengurangi kualitas dan fungsi sarana penunjangnya. Sehingga masyarakat tidak hanya berkecimpung dengan dunia pekerjaan sata, namun juga memiliki lokasi refreshing dari penatnya aktivitas sehari-hari yang dijalani.

SARANA DAN PRASARANA

1. Lokasi

– Wilayah yang tidak terlalu jauh dengan tempat perumahan, hotel, villa, atau resort.

– Dekat dengan lokasi lembaga pendidikan seperti sekolah.

– Membutuhkan luas tanah minimal 4.000 m2 sampai 6.000 m2.

– Lokasi yang dekat dengan jalan utama besar atau lintasan kendaraan umum.

2. Perancangan Fasilitas Waterpark

РKolam renang utama seluas 27,0 x 13,5 x (0,9 Р2,0 Р1,3) =  1 Unit

– Kolam renang anak-anak 13,5 x 14,6 x (0,5) = 1 Unit

– Kolam renang balita = 1 Unit

– Wahana permainan air = Sesuai kebutuhan konsep dan desain

3. Sarana Penunjang (Fasilitas Pendukung)

– Parkir

– Kamar ganti (toilet)

– Kafetaria, Food and drink court

– Tempat ibadah

– Tempat penitipan barang

SASARAN PASAR DAN HARGA TIKET MASUK

Sasaran pasar terbuka untuk umum mencakup masyarakat yang berada di wilayah sekitar lokasi Waterpark. Pasar kolektif bisa dari siswa/i sekolah dari TK hingga SMA, dengan cara mengajak kerja sama yang dikoordinasikan dengan Kepala Sekolah untuk kegiatan ekstra kurikuler atau lainnya.

Harga tiket masuk terdiri antara umum dan khusus. Tiket umum antara Rp 25.000 sampai 35.000. Sedangkan untuk khusus, dengan kriteria anak sekolah hari senin sampai jumat Rp 15.000. Kemudian untuk hari libur (weekend) Rp 20.000.

PELAKSANAAN KONTRAKTOR

Pelaksanaan kontraktor sebagai pengelola bangunan Waterpark akan dilakukan oleh jasa spesialis kolam renang CV. Kolambali. Segala bentuk pembangunan akan menggunakan teknologi baru yang canggih, dengan sistem yang tahan lama dan biaya terjangkau.

Pengelolaan dan cara memanajemen juga akan dibantu oleh jasa kontraktor, mulai dari mengelola air, pengelolaan secara rutin, dan lain sebagainya. CV. Kolambali. juga akan memberikan garansi pembangunan selama 5 tahun masa berlaku.

Demikian tentang panduan dan konsep bisnis waterpark dan Rincian Anggaran Biaya (RAB) waterpark yang diperlukan. Perencanaan yang matang akan berdampak pada kelangsungan usaha Anda. Pastikan selalu mempertimbangkan segala sesuatu.

 

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!