Biaya Jasa Pembuatan Kolam Renang M2 [2024]

Jika anda orang yang akan berencana membuat kolam renang, sangat tepat jika anda membaca artikel dari saya, postingan saya kali ini tentang rincian biaya pembuatan kolam renang, postingan atau artikel ini saya buat untuk anda yang akan membuat kolam renang. Saya akan mencoba membagi informasi anggaran biaya untuk membuat kolam renang ukuran 4 x 8 ( 4 m x 8 m). semoga bermanfaat untuk anda ya,..

biaya pembuatan kolam renang, kolambali

Faktor yg Mempengaruhi Biaya  Pembuatan Kolam Renang per M2 ( Sistem skimer ), Update 2023

saya akan share kisaran harga sehingga, anda yang akan berencana membuat kolam renang mendapatkan acuan kisaran harga, saya tidak akan mengulas dalam bentuk rencana anggaran biaya, jadi material besi, beton, batako, keramik, mozaik dll tidak akan saya beberkan secara detail.

Kalo anda yang sedang berencana membangun kolam renang, anda bisa membaca artikel saya sampai habis dalam membuat kolam renang diperlukan biaya yang tidak sedikit, jadi sebelum memutuskan dalam membuat kolam renang ada baiknnya anda mengetahui beberapa hal:

  • Lokasi kolam renang yang akan anda bangun sangat mempengaruhi harga jasa pembuatan kolam renang

Lokasi sangat mempengaruhi harga dalam proses pembuatan kolam renang, lokasi berkaitan terhadap harga yang di tawarkan dari kontraktor.

lokasi kolam renang dapat mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang berdasarkan lokasi antara lain:

  1. Aksesibilitas: Jika lokasi kolam renang sulit diakses atau terletak di area yang sulit dijangkau, biaya pembuatan kolam renang kemungkinan akan lebih mahal karena perlu menggunakan peralatan khusus untuk mengakses lokasi tersebut.
  2. Topografi tanah: Jika tanah di lokasi kolam renang memiliki topografi yang tidak rata atau memerlukan penggalian tambahan, biaya pembuatan kolam renang kemungkinan akan lebih mahal karena memerlukan lebih banyak tenaga kerja dan peralatan tambahan.
  3. Kondisi tanah: Jika tanah di lokasi kolam renang labil atau tidak stabil, biaya pembuatan kolam renang kemungkinan akan lebih mahal karena perlu dilakukan persiapan tanah khusus dan perkuatan tambahan agar kolam renang dapat berdiri dengan stabil.
  4. Akses air dan listrik: Jika lokasi kolam renang tidak memiliki akses yang mudah ke air dan listrik, biaya pembuatan kolam renang kemungkinan akan lebih mahal karena perlu menggunakan peralatan khusus untuk membawa air dan listrik ke lokasi tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk kolam renang Anda dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas agar biaya pembuatan kolam renang tidak melampaui anggaran yang telah ditetapkan. Pastikan juga untuk menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang berpengalaman untuk memastikan pembuatan kolam renang berjalan lancar dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

  • Tipe kolam renang yang akan anda buat

Ada dua jenis utama kolam renang berdasarkan sistem peredaran airnya, yaitu kolam renang sistem skimmer dan kolam renang sistem overflow. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kedua jenis kolam renang tersebut:

  1. Kolam Renang Sistem Skimmer

Kolam renang sistem skimmer adalah jenis kolam renang yang paling umum digunakan. Sistem skimmer bekerja dengan cara menarik air melalui permukaan kolam menggunakan perangkat skimmer. Air yang terhisap akan masuk ke dalam sistem peredaran air dan melewati filter untuk diolah sebelum kembali ke kolam renang. Keuntungan dari sistem skimmer adalah kemampuannya untuk menghilangkan kotoran dan debris yang terapung di permukaan air kolam, membuat air lebih bersih dan jernih. Selain itu, biaya pembuatan kolam renang sistem skimmer juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan sistem overflow.

  1. Kolam Renang Sistem Overflow

Kolam renang sistem overflow bekerja dengan cara mengalirkan air ke dalam kolam renang melalui saluran overflow yang terletak di sekitar tepi kolam. Air yang mengalir melewati saluran overflow akan masuk ke dalam sistem peredaran air dan melewati filter sebelum kembali ke kolam renang. Keuntungan dari sistem overflow adalah kemampuannya untuk menjaga ketinggian air kolam tetap stabil dan membuat air lebih bersih karena kotoran dan debris akan terbawa keluar melalui saluran overflow. Namun, biaya pembuatan kolam renang sistem overflow cenderung lebih mahal karena memerlukan instalasi saluran overflow khusus dan sistem peredaran air yang lebih rumit.

Cari tau secara detail: Perbedaan kolam renang sistem overflow dan Skimmer

Kedua jenis kolam renang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pemilihan jenis kolam renang yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi.

Kadang kala setiap klien yang hendak membuat kolam renang memiliki ide yg berbeda Maka anda bias tentukan dahulu type kolam renang yang anda buat. Ada kolam renang dengan model skimmer, ada juga yg tipe overflow ( artikel ini akan saya bahas terpisah, sementara untuk tipe ini anda bisa googling). Ada juga klien yang membuat kolam yang persegi, kadang kala ada design yang oval atau lingkaran. Berikut adalah contoh desain kolam renang milik klien dengan ukuran 4m x 8m.

  • Material Finishing yang akan anda pilih

Finishing yang akan anda gunakan sangat mempengaruhi harga. Jika anda sudah paham dengan 3 point diatas, kita kembali pada tahap pembuatan rincian anggaran biaya pembangunan kolam renang.

Material finishing untuk kolam renang dapat bervariasi tergantung pada preferensi estetika dan budget yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa material finishing yang umum digunakan untuk kolam renang:

  1. Keramik: Keramik adalah pilihan yang populer untuk finishing kolam renang karena memiliki berbagai warna dan desain yang tersedia. Selain itu, keramik juga mudah dipasang dan tahan terhadap bahan kimia yang digunakan dalam kolam renang.
  2. Batu alam: Batu alam seperti batu hijau sukabumi, batuu candi, atau Paras palimanan dapat memberikan tampilan alami dan organik untuk kolam renang. Namun, batu alam juga memerlukan perawatan khusus dan memerlukan biaya lebih mahal.
  3. Mozaic: Mozaik adalah material finishing yang populer digunakan untuk kolam renang karena memberikan tampilan yang indah dan bervariasi. Mozaik dapat dibuat dari berbagai jenis bahan seperti kaca, batu alam, keramik, atau bahkan campuran bahan-bahan tersebut. Beberapa jenis mozaik yang umum digunakan untuk kolam renang antara lain:
  • Mozaik kaca: Mozaik kaca adalah pilihan yang populer karena memberikan efek kilau dan refleksi cahaya yang indah di dalam air. Mozaik kaca tersedia dalam berbagai warna dan bentuk.
  • Mozaik keramik: Mozaik keramik adalah pilihan yang tahan lama dan mudah dipasang. Mozaik keramik juga tersedia dalam berbagai warna dan desain.
  • Mozaik campuran: Mozaik campuran adalah pilihan yang unik dan kreatif karena terbuat dari campuran berbagai jenis bahan seperti kaca, keramik, dan

Pemilihan jenis mozaik terbaik untuk kolam renang Anda tergantung pada preferensi estetika dan budget yang dimiliki. Pastikan untuk memilih mozaik yang tahan terhadap bahan kimia dan air sehingga tampilannya tetap cantik dan awet dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang berpengalaman dalam memasang mozaik untuk hasil yang terbaik.

Rincian Harga Jasa Anggaran biaya Pembangunan kolam renang m2

biaya pembuatan kolam renang

Sampel yang akan saya ambil kali ini adalah kolam renang dengan ukuran 4 m x 8 m, karena pada saat artikel ini di tulis saya sedang membuat perencanaan kolam renang di sumba timur milik salah satu klien saya.

#Sistim Kolam Sirkulasi mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang

System ini sangan mempengaruhi biaya borong kolam renang itu sendiri, Saya akan jelaskan secara garis besar system sirkulasi ini:

Sistim Sirkulasi Skimmer:

Sistem Sirkulasi skimmer pada umumnya menyebut kolam skimer. Pengertian Skimmer ini adalah asesoris yang di pakai dalam kolam skimimer.  sirkulasi dari kolam skimmer adalah air masuk atau di sedot oleh pompa melalui main drain dan skimmer box kemudian menuju pompa dan filter. Dari filter air kemudian di salurkan kembali ke outlet.  Biasayanya kolam skimmer di buat dengan alasan lokasi yang sempit dan tentu saja biaya paling murah di antara system kolam yang lain.

desain kolam renang ukuran 4 x 8

Sistem Sirkulasi Semi Overflow

Perbedaan besar antara kolam renang system skimmer dengan Kolam renang sitem sirkulasi semi overflow terletak pada sirkulasi air. Pada system semi overflow air akan tumpah melalui gutter menuju balancing tank, dari balancing tank air di sedot oleh pompa menuju ke filter dari sini akan di alirkan kembali menuju outlet.

Pada system sirkulasi semi overflow, gutter di buat hanya sebagian sisi saja. Dan ada penambahan ground tank. Ground tank sendiri berfungsi untuk menampung air yang tumpah menuju gutter.

Sistem Sirkulasi Full Overflow

Sedangkan pada system Full Overflow, tidak ada yang mencolok dari system semi overflow. Perbedaannya hanya terletak pada gutter. Pada system Full Overflow guttur di buat mengelilingi sisi kolam. System ini tergolong paling mahal di antara ketiga system yang saya bahas.

#Mesin Pompa dan Filter dan Asesoris Pada kolam renang .

Mesin Pompa kolam renang sangat berpengaruh terhadap Biaya Pembangunan Kolam Renang. Semakin besar kolam renang maka semakin besar kubikasi air tentunya membutuhkan mesin yang besar pula. Untuk sampel kolam yang saya gunakan memakai Pompa Hayward 1 Hp

Harga mesin Hayward Beserta Asesoris baik lampu outlet, skimmer box, maintenance kit bisa anda cek di toko peralatan kolam renang( pada kesempatan lain saya akan buat ulasan mengenai harga Mesin Pompa dan Filter dan Asesoris Pada kolam).

Biaya Pembuatan Konstruksi Kolam Renang

Kali ini saya tidak akan hitung secara detail biaya konstruksi dari pembuatan kolam renang. untuk rab kolam rennag dalam file xls akan saya buatkan detil pada artikel selanjutnya.  Secara Garis besar, saya menggunakan Beton Site mix ( baton yang di buat di tempat dengan menggunakan molen ), finishing kolam dengan mozaik, dengan Top Border Batu Andesit 30 x 30, mari kita hitung garis besarnya saja.

Diketahui Jika:

Kolam renang dengan Luas ukuran 4m x 8m dengan mengunakan sistem skimmer kedalaman 1,5 m, jadi total kubikasi air adalah 48M3. Berapa biaya yang di butuhkan? ( Terima jadi )

  1. Berapa Biaya Konstruksi kolam renang?
  2. Berapa Harga pompa dan Sandfilter kolam renang ( Merk Hayward )
  3. Berapa Biaya Perlengkapan Kolam renang ( Inlet, Pipa, skimmer, lampu dll )
  4. Berapa Biaya Treatment air, sesudah kolam renang jadi
  5. Kesimpulan Total Biaya borongan Pembuatan kolam renang ( Terima jadi)

Jawab:

  1. Biaya pembuatan konstruksi kolam renang skimmer & Ruang Pompa : Luas 32 m2 x Harga per meter Rp. 4.200.000 = Rp. 134.400.000,-
  2. Pompa yang di gunakan Merk hayward Uk. 1 Hp : Pompa Rp. 11.000.000 + Rp. 10.600.000 = Rp. 21.600.000,-
  3. Untuk Biaya Perlengkapan kolam renang seperti Inlet, Pipa, skimmer, lampu dll : Rp. 15.000.000,-
  4. Biaya Treatment awal air kolam renang selama 1 bulan : Rp. 1.300.000,-
  5. Total Biaya pembuatan kolam renang Skimmer sampai jadi adalah : Rp. 134.400.000 + Rp. 21.600.00 + 15.000.000 + Rp. 1.300.000 = Rp. 172.300.000,- 

*Sekali Lagi harga di atas hanya perkiraan, harga di atas juga merupakan harga jika anda pribadi mengelola pembuatan kolam renang ( Tanpa menggunakan kontraktor)

 

Berapa Harga pembuatan kolam renang per m2?

Jika anda bertanya berapa harga pembuatan kolam renang per M2? umumnya Rp. 5 jt /M2 – Rp. 6 jt/M2. Kisaran harga berdasarkan satuan /M2 sangat tergantung dari material Finising, jenis pompa, jenis sandfilter dan sistem kolam renang yang di gunakan. sebaiknya diskusikan terlebih dahulu desain kolam renang yang di buat dan di sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Tips Menghemat Biaya Membuat Kolam Renang

Membangun kolam renang bisa menjadi proyek yang mahal, tetapi ada beberapa cara untuk menghemat biaya:

  • Pilih ukuran yang tepat: Semakin besar kolam renang, semakin banyak bahan yang dibutuhkan dan semakin mahal biayanya. Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
  • Pilih jenis kolam renang yang sesuai: Setiap jenis kolam renang memiliki biaya yang berbeda. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
  • Pilih fitur yang diperlukan: Fitur tambahan pada kolam renang dapat meningkatkan biaya proyek. Pilih fitur yang benar-benar diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Cari tahu harga dari beberapa kontraktor: Membandingkan harga dari beberapa kontraktor dapat membantu Anda mendapatkan harga yang lebih baik.
  • Pilih kontraktor yang terpercaya: Memilih kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman dapat membantu Anda menghindari biaya tambahan karena kesalahan atau penyelesaian yang buruk.

Ketika Membuat Kolam Renang, Membuat Sendiri atau Menggunakan Kontraktor, Mana Lebih Baik?

Ketika memutuskan untuk membangun kolam renang, Anda harus mempertimbangkan apakah akan membuat sendiri atau menggunakan kontraktor. Artikel ini akan membahas keuntungan dan kerugian dari kedua pilihan.

Membuat Sendiri Kolam Renang

Jika Anda memiliki keterampilan dan pengalaman dalam konstruksi, mungkin Anda mempertimbangkan untuk membuat sendiri kolam renang. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukannya, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Biaya

Ketika Anda membuat sendiri kolam renang, Anda dapat menghemat biaya dari penggunaan jasa kontraktor. Namun, Anda harus mempertimbangkan biaya bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membangun kolam renang yang aman dan tahan lama.

  • Waktu

Membangun kolam renang sendiri dapat memakan waktu lebih lama daripada menggunakan jasa kontraktor. Anda harus mempersiapkan diri untuk bekerja pada proyek ini selama berbulan-bulan.

  • Kesulitan

Membangun kolam renang membutuhkan keterampilan teknis dan pengalaman dalam konstruksi. Jika Anda tidak yakin apakah Anda memiliki keterampilan yang diperlukan, lebih baik menggunakan jasa kontraktor.

Menggunakan Jasa Kontraktor

Jika Anda tidak memiliki keterampilan dan pengalaman dalam konstruksi, menggunakan jasa kontraktor mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun, sebelum memilih kontraktor, pastikan Anda mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Biaya

Menggunakan jasa kontraktor dapat lebih mahal daripada membuat sendiri kolam renang. Namun, kontraktor biasanya memiliki keterampilan dan pengalaman dalam membangun kolam renang yang aman dan tahan lama, sehingga biaya yang dikeluarkan dapat sebanding dengan hasil yang diperoleh.

  • Waktu

Menggunakan jasa kontraktor dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membangun kolam renang. Kontraktor memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek dengan cepat dan efisien.

  • Kualitas

Menggunakan jasa kontraktor dapat memastikan kualitas kolam renang yang dibangun. Kontraktor biasanya memiliki akses ke bahan-bahan berkualitas tinggi dan memiliki pengalaman dalam membangun kolam renang yang aman dan tahan lama. Selain itu, kontraktor juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang desain dan ukuran kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Informasi: 
Jika anda memerlukan jasa kontraktor kolam renang di bali, 
anda bisa menghubungi CV.Kolambali 

Whatsapp: 6281999108725 
Website : www.kolambali.com
Email : halo@kolambali.com

 

Rekomendasi : Pembuatan Kolam Renang kepada Ahlinya

Jika anda yang tidak mau pusing dalam membuat kolam renang impian anda, anda bisa menggunakan jasa kontraktor.
KONTRAKTOR KOLAM RENANG DI BALI, terpercaya dan berpengalaman dalam bidang kolam renang. Produk kami meliputi jasa konsultasi desain kolam renang, kontraktor kolam renang, design kolam renang, supplier peralatan kolam renang dan perawatan kolam renang.

APA SKUP PEKERJAAN KAMI ?

Skup pekerjaan kami meliputi :

  • Design kolam renang dengan gambar Auto cad dan gambar 3 dimensi
  • Kontruksi Beton Kolam renang
  • Instalasi Pipa sirkulasi kolam renang
  • Istalasi Electrical Kolam renang
  • Pemasangan Unit Pompa dan Sand Filter
  • Pemasangan Finishing lantai dan dinding Kolam renang
  • Pemasangan Toping Border Kolam renang
  • Kolam renang system waterflow
  • Jasa Kolam renang system semi water flow
  • Kolam renang system skimmer
  • Pembuatan Jakuzzi

JASA APA YANG BISA KAMI BANTU UNTUK ANDA?

Kami bisa mengerjakan kolam renang Umum ( kolam keluarga ), kolam renang pribadi, kolam renang hotel, kolam renang villa, kolam renang guest house, waterboom, dan kolam renang sesuai dengan tipe yang anda inginkan

AREA LOKASI KERJA KAMI DIMANA ?

Kami biasa mengerjakan kolam di seluruh Indonesia, team kami akan melakukan survey awal sehingga harga yang di tujukan ke kien lebih reasonable

Jasa kami mencakupi

Lokasi kolam renang, pompa yang di gunakan serta sistim kolam renang mempengaruhi harga RAB.

Tag:

biaya pembuatan kolam renang, biaya membuat kolam renang, harga pembuatan kolam renang per meter 2020, biaya kolam renang, biaya buat kolam renang, harga pembuatan kolam renang, biaya bikin kolam renang, jasa pembuatan kolam renang, rab kolam renang, harga pembuatan kolam renang per m2, harga buat kolam renang, harga borongan kolam renang, biaya bangun kolam renang, biaya pembuatan kolam renang per meter, biaya pembuatan kolam renang pribadi, biaya pembuatan kolam renang minimalis, rab kolam renang minimalis, biaya kolam renang per meter, harga kolam renang per m2, harga borong kolam renang, upah pembuatan kolam renang, harga membuat kolam renang, harga instalasi kolam renang, estimasi biaya pembuatan kolam renang, harga per meter kolam renang.

4 pemikiran pada “Biaya Jasa Pembuatan Kolam Renang M2 [2024]”

Tinggalkan komentar

× Whatsaap Kami!