Berapa Sih Biaya Bikin Kolam Renang di Bali? Simak Perkiraannya di Sini!

Berapa Sih Biaya Bikin Kolam Renang di Bali? Siapa yang tidak ingin memiliki kolam renang pribadi di rumah, terutama di Bali yang panasnya bisa bikin kamu pengen terjun langsung ke kolam? Bayangkan betapa asyiknya bisa berendam sambil menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman. Keren, kan?

Tapi, tunggu dulu! Sebelum kamu memutuskan untuk membuat kolam renang, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah biaya pembuatan kolam renang.

Biaya ini bisa berbeda-beda, lho. Bisa dipengaruhi oleh ukuran kolam, jenis kolam, desain kolam, lokasi pembuatan, kondisi tanah, bahan yang digunakan, peralatan, dan jasa kontraktor yang kamu pilih.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang di Bali. Kita juga akan memberikan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan kolam renang impianmu.

Tidak hanya itu, kita juga akan berbagi beberapa tips hemat untuk pembuatan kolam renang di Bali. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Harga pembuatan kolam renang di bali
harga pembuatan kolam renang di bali

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang di Bali

Ukuran Kolam Renang

Yup, ukuran kolam renang memang jadi faktor utama yang mempengaruhi biaya pembuatannya. Logikanya gampang, semakin besar kolam renang yang kamu inginkan, semakin banyak juga Waktu, material, peralatan, dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Jadi, semakin besar kolam renang, semakin besar pula biayanya.

ukuran kolam renang kolambali (1)
ukuran kolam renang kolambali (1)

Ukuran kolam renang yang ideal untuk rumahmu tergantung pada beberapa hal, seperti luas lahan yang kamu miliki, berapa banyak orang yang akan menggunakan kolam renang, dan apa fungsi utama kolam renang tersebut.

Apakah untuk berenang, bermain air, atau sekadar berendam? Semua kebutuhan dan preferensimu ini bisa menentukan ukuran kolam renang yang paling pas. ?

jenis kolam renang
jenis kolam renang

Jenis Kolam Renang

Faktor kedua yang mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang di Bali adalah jenis kolam renang yang kamu pilih. Ada beberapa jenis kolam renang yang bisa kamu pilih, seperti kolam renang Overflow dan Skimmer.

Masing-masing jenis kolam renang punya kelebihan dan kekurangan sendiri, serta biaya yang berbeda-beda.

Skimmer

Kolam renang skimmer menggunakan sistem sirkulasi konvensional dengan bantuan bank skimmer untuk mengalirkan air.

Jika di kolam renang overflow ada balancing tank untuk menyeimbangkan kolam, di kolam renang skimmer ada boks/Kotak skimmer yang mengambil alih fungsi tersebut. Plus, kolam renang skimmer biasanya lebih murah dibandingkan jenis kolam renang lainnya.

Overflow

Kolam renang overflow menerapkan sistem sirkulasi dengan cara melimpahkan air keluar badan kolam. Air tersebut kemudian diolah dengan sistem filtrasi dan dikembalikan lagi ke kolam oleh mesin pompa.

Tujuannya adalah agar air yang keluar kolam bisa kembali jernih. Kelebihannya, kebersihan kolam lebih terjaga, kamu tidak perlu khawatir jika hujan datang dan volume air berlebih, dan sistem filtrasi lebih optimal.

Tapi, kolam renang overflow juga memiliki beberapa kekurangan, seperti membutuhkan area lebih luas untuk penempatan balancing tank dan gutter, biayanya lebih mahal, dan instalasi pipanya lebih rumit.
Jadi, pilihlah jenis kolam renang yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu, ya! ?

biaya membuat kolam renang kolambali.com
biaya membuat kolam renang kolambali.com

Biaya pembuatan kolam renang di Bali

Biaya pembuatan kolam renang di Bali memang bisa bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran, jenis, desain, lokasi, kondisi tanah, material, peralatan, dan jasa kontraktor yang kamu gunakan.

Nah Supaya lebih mudah di mengerti, kami berikan Contoh Biaya pembuatan Kolam renang Overflow dan Skimmer

Contoh: Biaya Pembuatan Kolam Renang di Bali Sistem Over Flow  Ukuran 3 x 6 kedalaman 1,5 mtr

Biaya Persiapan: Biaya ini meliputi pengukuran lahan, Pembersihan lahan, Bowplank, pembuatan Bedeng dan Tempat Material. Biaya ini berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

NO ITEM PEKERJAAN VOL SAT HARGA SAT HARGA TOTAL
BIAYA PEKERJAAN PERSIAPAN
A Setting & Bowplank
1 Setting out 6,00 Titik 25.000 150.000
2 Bowplank 25,00 M1 25.750 643.750
3 Bedeng 1,00 Ls 1.500.000
4 Tempat Material 1,00 Ls 2.200.000 2.200.001
B Listrik & Air kerja
1 Listrik kerja (By Owner) 1,00 set By Owner By Owner
2 Air kerja + Air Isian Kolam Renang 1,00 set By Owner By Owner
Sub Total Pekerjaan Persiapan: Rp 4.493.751
Dibulatkan: Rp 4.400.000

Biaya Pekerjaan Galian Tanah: Biaya ini meliputi, galian tanah, Urugan kembali, dan Pembuangan Tanah keluar Proyek. Kisarannya biaya adalah:

NO ITEM PEKERJAAN VOL SAT HARGA SAT HARGA TOTAL
BIAYA GALIAN TANAH
A Pekerjaan Galian dan Urugan
1 Galian Kolam Renang 55,00 M3 165,000 9,075,000
2 Galian Balancing Tank & R. Pompa 9,5 M3 165,000 1,567,500
3 Urugan Kembali 11,00 Ls 1.500.000
B Buangan Tanah
1 Pembuangan Tanah ke Luar Site 12,00 Dam Truck 450,000 5,400.000
Sub Total Pekerjaan Galian Tanah Kolam Renang: Rp 16.042.7500
Dibulatkan: Rp 16.042.000

Biaya Pembuatan Struktur Kolam: Biaya ini mencakup pembuatan struktur kolam renang, seperti Pemasangan dinding bekesting, Pembesian Sloof, pembesian Kolom, pengecoran. Berikut adalah Hitungan kira kiranya:

NO ITEM PEKERJAAN VOL SAT HARGA SAT HARGA TOTAL
BIAYA PEKERJAAN STRUKTUR
1 Lantai Kerja 1,50 M3 1,050,000 1,575,000
2 Pasangan Dinding Patako 42,00 M2 156,600 6,552,000
3 Pekerjaan Sloof 1,01 M3 5.500.000 5,557,000
4 Pekerjaan Kolom 0,41 M3 5.500.000 2.227.500
5 Pekerjaan Beton Lantai 1,00 M3 5.500.000 32,923,000
6 Pek. Beton Dinding 1,00 M3 6.200.000 39,227,400
7 Pek. Struktur Overflow 0,80 M3 5,500,000 4,400,000
Sub Total Biaya Pekerjaan Struktur Kolam Renang: Rp 88,061,900
Dibulatkan: Rp 88,061,000

Biaya Finishing Kolam Renang: Biaya ini mencakup pemasangan keramik, pemasangan lampu, dan finishing lainnya. Biaya ini berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta per meter persegi.

Biaya Peralatan Kolam Renang: Biaya ini mencakup pembelian pompa, filter, tangga, dan aksesoris lainnya. Biaya ini berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 30 juta.

persentase biaya pembuatan kolam renang kolambali
persentase biaya pembuatan kolam renang kolambali

Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam merencanakan pembuatan kolam renang impianmu, ya! ?

Beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghemat biaya pembuatan kolam renang di Bali

Nah, setelah kita bahas perkiraan biaya pembuatan kolam renang di Bali, kamu mungkin merasa biayanya cukup besar dan melebihi anggaran yang kamu miliki. Tapi, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghemat biaya pembuatan kolam renang di Bali. Yuk, simak tips-tips berikut ini:

Jangan terlalu banyak Fitur tambahan

Salah satu cara hemat adalah dengan memilih desain kolam renang yang minimalis. Desain minimalis biasanya memiliki bentuk sederhana, warna netral, pola yang tidak terlalu ramai, dan aksesori serta fitur tambahan yang tidak terlalu banyak. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu, biaya material, peralatan, dan jasa tukang.

Gunakan Material Lokal

Cara lain untuk hemat biaya adalah dengan menggunakan material lokal. Material lokal biasanya lebih murah, kualitasnya bagus, dan mudah didapatkan dibandingkan material impor. Kamu bisa menggunakan material lokal seperti batu alam lokal, kayu lokal, bambu, atau lainnya untuk membuat kolam renangmu.

ilustrasi tips hemat membuat kolam renang kolambali.com
ilustrasi tips hemat membuat kolam renang kolambali.com

Bandingkan Harga dari Beberapa Kontraktor

Membandingkan harga dari beberapa kontraktor bisa jadi cara hemat yang jitu. Dengan membandingkan, kamu bisa mendapatkan penawaran yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kredibilitas, kualitas, dan layanan yang ditawarkan oleh masing-masing kontraktor. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu coba:

1. Cari Informasi – Kamu bisa mencari informasi tentang kontraktor-kontraktor di Bali melalui internet, media sosial, atau rekomendasi dari orang lain.

2. Hubungi Kontraktor – Hubungi kontraktor-kontraktor yang kamu minati dan minta penawaran harga, spesifikasi, dan garansi untuk pembuatan kolam renangmu.

3. Bandingkan Penawaran – Bandingkan penawaran harga, spesifikasi, dan garansi dari kontraktor-kontraktor yang kamu dapatkan. Jangan lupa pertimbangkan faktor-faktor lain seperti reputasi, lisensi, portofolio, testimoni, dan lain-lain.

4. Pilih Kontraktor Lokal – Membangun kolam renang di Bali dengan menggunakan kontraktor Lokal memang memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah kamu bisa memilih kontraktor lokal yang berpengalaman dan profesional.

Biasanya, kontraktor lokal menawarkan harga yang lebih bersaing dan sesuai dengan anggaranmu dibandingkan dengan kontraktor dari luar Bali yang mungkin memiliki biaya operasional yang lebih tinggi.

Jika kamu memilih kontraktor dari luar Bali, mungkin akan ada tantangan tersendiri. Misalnya, jika ada masalah dengan kolam renangmu, mungkin akan lebih sulit untuk menghubungi kontraktor tersebut dibandingkan dengan kontraktor lokal.

Selain itu, biaya tambahan seperti transportasi dan akomodasi juga bisa menjadi pertimbangan. Jadi, memilih kontraktor lokal bisa jadi pilihan yang lebih praktis dan ekonomis. Tapi tentu saja, pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensimu, ya! ?

Selain itu, kontraktor lokal juga lebih mudah dihubungi dan dikonsultasikan jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah seputar kolam renangmu.

Dengan memilih kontraktor lokal, kamu tidak hanya mendapatkan kolam renang yang berkualitas, tetapi juga membantu perekonomian lokal dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Bali.

Jadi, selain mendapatkan kolam renang impian, kamu juga berkontribusi pada perekonomian lokal. Keren, kan? ?

Ingat, pilihanmu harus berdasarkan pertimbangan matang. Jangan sampai tergiur harga murah, tapi kualitasnya kurang bagus. ?

 

× Whatsaap Kami!